3 Faktor Penghambat Mobilitas Sosial

faktor penghambat mobilitas sosial

Sebagai makluk sosial yang selalu bergerak dan berubah, pastinya setiap dari kita (manusia) akan selalu menemukan suatu perubahan dalam hidup ini. Dengan unsur dinamisitas ini, maka menjadi wajar apabila dalam kehidupan bermasyarakat terdapat fenomena mobilitas sosial. Apa itu? Mobilitas sosial bisa diartikan sebagai perpindahan (masyarakat/kelompok) dari satu kelas sosial menuju kelas sosial lainnya, bisa turun bisa pula naik.

Sebagai makluk yang memiliki kecerdasan dan impian, setiap orang tentu ingin berpindah kelas sosial yang lebih tinggi, memperbaiki taraf hidup. Akan tetapi dibalik impian itu, kasus di lapangan tidak seindah yang diharapkan, bukan? Ada kasus yang justru membuat orang menjadi semakin terpuruk pada kehidupan sosialnya karena adanya hambatan-hambatan.

3 faktor penghambat mobilitas sosial

Lalu, apa saja sih faktor penghambat mobilitas sosial di masyarakat sekitar kita? Nah berikut ini, kami akan menyajikan uraian terkait 3 faktor utama yang menyebabkan mobilitas sosial masyarakat menjadi terhambat.

Faktor Ekonomi
Mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial ? Bagaikan pisau yang memiliki dua mata, ekonomi seseorang dapat berperan sebagai penunjang adanya mobilitas sosial yang baik, akan tetapi dapat menjadi pembambat pula. Alasannya, seingkali akses publik yang ada akan lebih mudah didapatkan dan diakses oleh mereka yang memiliki keadaan atau taraf ekonomi yang baik. Sebut saja seperti pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Ide Bisnis Menjanjikan sebagai Agen PPOB + Analisa Bisnis

Sebaliknya, seseorang yang memiliki taraf ekonomi yang rendah, membuatnya kehilangan kesempatan dan akses pendidikan, pelatiha, kesehatan, dan lain sebagainya. Padahal kesempatan itu lebih dibutuhkan sebagai upaya merubah keadaan hidup yang lebih baik lagi. Itulah pengapa faktor ekonomi disebut sebagai penghambat mobilitas sosial di masyarakat.

Meski demikian, secara teori terkadang tidak bisa disamakan dengan fenomena di lapangan. Banyak kasus, seseorang dengan ekonomi rendah justru mendapatkan kesempatan pendidikan yang lebih baik. Misalnya, ada anak tukang becak yang bisa kuliah hingga S3 karena kecerdasannya, ada pula anak petani yang berhasil mendapatkan gelar Ph.D di luar negeri.

Itu artinya, benar apabila ekonomi dikatakan sebagai faktor penghambat mobilitas sosial, namun salah apabila dikatakan sebagai penentu kehidupan bersosial di masyarakat.

Faktor Diskriminasi
Faktor penghambat mobilitas sosial yang kedua ialah perihal diskriminasi. Hal mana istilah ini bisa dirujuk terhadap fenomena adanya ketidakadilan atau perbedaan perlakukan terhadap satu orang dengan orang lainnya yang disebabkan oleh beberapa aspek. Umumnya, faktor yang melatarbelakangi adanya diskriminasi ialah ras, agama, sosial ekonomi, kekuatan hukum, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana Agar Bisnis Sukses

Tentu saja, diskriminasi yang timbul di dalam masyarakat atau sebuah negara akan menjadi penghambat mobilitas sosial. Sebagai upaya menekan adanya diskriminasi yang berdampak buruk terhadap kehidupan dan mobilitas sosial, setiap warga negara yang baik harus senantiasa menjunjung tinggi nilai persatuan, persaudaraan, semangat gotong royong, tanpa melihat aku siapa dan mereka siapa. 

Faktor Politik
Faktor penghambat mobilitas sosial yang berikutnya tidak lain ialah faktor politik. Hal mana, kebijakan politik secara langsung maupun tidak langsung, turut mempengaruhi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Misalnya adanya kebijakan impor beras, padahal disaat bersamaan masyarakat pun sedang musim panen beras. Akhirnya mobilitas masyarakat akan terhambat akibat dari kebijakan politik yang tidak pro terhadap rakyat.

Bukankah itu kebijakan pemerintah? Benar! Tapi siapa yang duduk di pemerintahan, ialah manifestasi dari sebuah kebijakan politik. Ketika kebijakan politik memikah rakyat, maka mobilitas sosial akan semakin kondusif, begitu pula sebaliknya.

Baca juga: Ide Bisnis Modal 5 Juta Terbaik + Analisa dan Strateginya

Sebenarnya, masih banyak lagi faktor penghambat mobilitas sosial, sebut saja seperti reproduksi, migrasi, dan lain sebagainya. Namun secara umum, faktor yang menjadi penyebab adanya hambatan mobilitas sosial sebagaimana yang kami jelaskan dari tiga poin di atas.

Post a Comment for "3 Faktor Penghambat Mobilitas Sosial"

List Blog Keren Rajabacklink