Ide Bisnis Modal 5 Juta: Membaca Peluang, Ide Bisnis, Analisa, dan Strategi Terbaik

Ide Bisnis Modal 5 Juta

Sebelum membicarakan modal, tatkala ingin berbisnis seseorang pastilah memikirkan sebuah ide bisnis terlebih dulu. Benar, setelah ide itu ketemu, barulah seseorang akan memikirkan modal; dari mana, berapa, dan lain sebagainya.

Pada artikel kali ini, Inspiratips akan memberikan pandangan tentang ide bisnis modal 5 juta. Mengapa kok nanggung banget 5 juta? Hayo, tidak semua orang memiliki dan mampu menyediakan modal bisnis berlimpah, bukan?

Namun jangan salah, meski kecil, ide bisnis modal 5 juta ini ketika diterapkan dengan maksimal, disertai strategi dan analisa, maka keuntungannya akan sangat menjanjikan. Pastikan, anda mengikuti terus artikel ini hingga titik terakhir yak!

Membaca Peluang Ide Bisnis Modal 5 Juta

Man teman, jika anda ingin sukses berbisnis, hal yang penting diantara semua strategi bisnis adalah benar dalam membaca peluang. Jika sebelumnya anda sudah terpikirkan ingin bisnis apa, lalu sudah dapat modalnya, eh jangan buru-buru eksekusi. Pastikan, bahwa anda sudah benar-benar membaca peluangnya, sehingga ide bisnis modal 5 juta anda tidak mubadzir.

Konsepnya sejatinya sangat sederhana, yaitu “ketahui apa yang dibutuhkan pasar (konsumen)” lalu “buat produknya”. Serius! Jangan dibalik. Banyak kasus di lapangan orang gagal dalam berbisnis karena konsepnya dibalik, hal mana produk sudah ditentukan, baru kebingungan mencari pasar (konsumen).

Baik agar lebih mudah dipahami, saya akan berikan studi kasusnya. Ayo, bagi yang benar-benar ingin mencari ide bisnis modal 5 juta, analisa ini sangat mendasar!

Di Lamongan mayoritas orangnya suka makan ikan, namun tidak terlalu suka sayur. Nah, selama seminggu penuh sebelum menentukan bisnis, anda berkeliling, tanya-tanya ke warga, kenapa sih orang Lamongan suka makan ikan? Dari hasil tanya-tanya itu, anda menemukan fakta bahwa kenapa orang Lamongan suka makan ikan, ialah karena ikan bisa menambah kecerdasan, harganya murah, rasanya mantap, bisa diolah menjadi ragam masakan.

Dengan fakta itu, sudah bisa disimpulkan bahwa bisnis jualan ikan di Lamongan mempunyai pasar yang besar. Dan setelah melanjutkan tanya-tanya, anda pun menjumpai beberapa fakta seputar ikan, yaitu sulit didapatkan, gampang basi, varian ikan yang dijual di pasar sedikit.

Dari fakta itu pula, bukankah anda sudah bisa menemukan gambaran, seandainya ide bisnis modal 5 juta anda berupa jualan ikan, maka PR besar anda adalah menyajikan lebih banyak jenis ikan, buat ikan mudah didapatkan di penjuru tempat, dan bagaimana caranya anda menjual ikan selalu dalam kondisi segar. Jika ini berjalan dengan baik, maka anda sudah bisa membaca peluang dan segmentasi pasar anda.

Contoh Ide Bisnis Modal 5 Juta

Sobat, perlu saya tekankan ya! Hingga saat ini, saya memiliki satu bisnis induk dan tiga anak cabang yang saya rintis sejak tahun 2017. Hal yang saya ingin tekankan, nikmati prosesnya, belanjar dari setiap masalahnya, jangan buru-buru ingin sukses dan untung besar. Ilmu inilah yang saya temukan dari konsep bisnis ala Utsman bin Affan.

Catering
Sejak dulu, hingga saat ini, dan sampai kapanpun, bisnis catering akan selalu ramai dan dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan demikian, bisnis ini tergolong menjanjikan. Jika berbicara membaca peluang bisnis, ide bisnis modal 5 juta satu ini kamu cukup membaca jenis masakan dan tepat dalam memberi harga, artinya pasar (konsumen) anda tak perlu dicari lagi, jelas banyak!

Analisa Modal

Untuk menjalankan bisnis catering, maka uang 5 juta di tangan anda sudah sangat cukup dengan analisa pengalokasian modal berikut ini.

  1. Kompor gas 2 tungku | Rp. 400.000,- X 2 = Rp. 800.000,-
  2. Peralatan masak | Rp. 1.500.000,-
  3. Buku resep masakan | Rp. 200.000,-
  4. Promosi Media + Banner | Rp. 1.000.000,-
  5. Modal bergerak | Rp. 1.500.000,-
    Total = Rp. 5.000.000,-


Strategi

  • Pastikan rasa masakan anda paling mantap dibandingkan kompetitor atau pesaing bisnis
  • Ambil semua segmentasi pasar, mulai dari low class hingga high class
  • Berikan layanan gratis antar hingga ke tempat tujuan dengan garansi 100% aman
  • Perbanyak variasi menu dengan memperhatikan lidah masyarakat (soal rasa)
  • IG Bisnis, Whtasapp Bisnis, dan Website adalah 3 amunisi yang wajib anda miliki
  • Setelah memiliki 3 amuisi di atas, rutinlah untuk update pemesanan ke publik sebagai bukti bahwa Catering anda sangat ramai (strategi memikat kepercayaan konsumen)
  • Sebisa mungkin, anda memiliki kardus ‘nasi kotak’ khas Catering anda, atau minimal ada stiker logo Catering anda di kardus tersebut (jangan lupa cantumkan kontak)
  • Jangan ragu untuk memberikan bonus air mineral kepada konsumen
  • Dalam menentukan harga, pastikan anda sudah melirik pesaing bisnis anda, tapi kalau anda percaya diri, genjot saja harganya tidak apa
  • Terakhir ini penting sekali: Jangan lupa sedekah!

Nah sobat, demikianlah informasi lengkap mengenai ide bisnis modal 5 juta dari kami. Sudah pasti informasi di atas kurang lengkap dari segi contoh bisnisnya, tapi anda bisa baca di artikel yang sudah saya tulis sebelumnya berjudul 5 Peluang bisnis untuk mahasiswa yang substansinya sama terkait ide bisnis.

Post a Comment for "Ide Bisnis Modal 5 Juta: Membaca Peluang, Ide Bisnis, Analisa, dan Strategi Terbaik"