Panduan Lengkap Membuat Bisnis Plan Sederhana | Amunisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Bisnis Plan Sederhana
Source: Pixabay

Panduan lengkap membat bisnis plan sederhana - Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan penghasilan (uang) yang besar, tentunya setiap orang menginginkannya. Hanya saja masalahnya, apakah semua orang bisa memperoleh pekerjaan yang bergaji tinggi? Menjabat direktur perusahaan atau komisaris BUMN, misalnya. Tentunya tidak semua orang bisa meraih posisi ini.

Sahabat, jika demikian, maka hal yang bisa kita upayakan tuk mendapatkan gaji yang bersar, tidak lain ialah menciptakan peluang usaha sendiri. Ya, dengan mendirikan sendiri sebuah bisnis, hal mana anda sendiri yang menjadi bosnya. Namun, sebelum anda mulai memutar modal, alangkah baiknya anda mempersiapkan beberapa rancangan bisnis plan sederhana tetapi matang dan aplikatif.

Banyak orang gagal dalam berbisnis, bukan karena modal yang minim. Karena banyak kasus, orang yang memiliki modal besar tapi tersendat di tengah jalan, tetapi ada pula yang minim modal tapi bisnisnya berkembang pesat. Dan salah satu faktor terbesar, antara kegagalan dan keberhasilan dalam bisnis, ialah terletak pada bisnis plan sederhana yang sudah dibuat seseorang sebelum memulai bisnisnya.

Bisnis Plan Sederhana yang Bisa Anda Rancang Sebelum Memulai Usaha
Sahabat, perhatikan baik-baik, seseorang yang tidak matang dalam membuat contoh bisnis plan sederhana bisa saja gagal dalam berbisnis, apalagi mereka yang tidak membuatnya sama sekali, bukan? Pastikan, anda benar-benar mampu menganalisa, merinci, kemudian menentukan arah bisnis anda melalui plan bisnis itu.

Membuat Ringkasan Bisnis Anda

Langkah pertama dalam membuat bisnis plan sederhana ialah cobalah tuk membuat ringkasan ide bisnis anda. Ringkasan ini bisa anda coba dengan menuliskan nama, tujuan, sasaran, modal, dan beberapa poin penting lainnya. Dengan membuat ringkasan ini, kelak hal inilah yang akan menjadi acuan tatkala anda membuat bisnis plan yang lebih rinci lagi.

Menguraikan Profil Perusahaan

Langkah berikutnya yang mesti ada dalam bisnis plan sederhana, yakni profil lengkap perusahaan yang akan anda dirikan. Hal ini meliputi struktur kepemimpinan, visi dan misi, serta siapa saja yang akan terlibat menggerakkan perusahaan tersebut.

Baca juga : Heboh, Pengusaha Ini Beberkan Tips Dapatkan 1 Miliar Pertama

Menentukan Target Pasar Anda

Ada rumus penting yang perlu diperhatikan pada tahap ini, karena faktanya banyak orang gagal meningkatkan laju bisnis karena tidak matang dalam menentukan target pasar. Rumusnya, “Lihatlah pasar, lalu tentukan produk yang dibutuhkan”, bukan “Menentukan produk, kemudian baru memilih target pasar”. Jika masih bingung, coba deh baca sekali lagi lalu merenunglah!

Dengan menentukan pasar, maka kita bisa menganalisa, kira-kira produk apa saja sih yang dibutuhkan mereka. Ketika analisa produk itu ditemukan, maka penjualan akan sangat maksimal. Kenapa? Ya karena memang produk itu sangat dibutuhkan oleh pasar, bukan? Beda halnya ketika anda sudah punya produk, lalu baru menentukan pasarnya, eh itu sangat sulit karena belum tentu pasar anda cocok dengan produk itu. Maka, pastikan poin ini matang dalam bisnis plan sederhana yang anda buat.

Melakukan Pendataan Kompetitor Bisnis Anda

Jangan ketinggalan! Pastikan anda pun memasukkan list nama-nama pesaing anda dalam menjalankan bisnis. Ini penting, karena dengan data ini, anda bisa memantau setiap perkembangan dari pesaing anda, kemudian lakukan analisa balik tuk memperbaiki dan mengoptimalkan bisnis yang anda punya.

Membuat Rancangan Keuangan dan Pengelolaan Anggaran Bisnis

Selain salah dalam perencanaan target pasar, banyak orang gagal berbisnis karena tidak mampu mengelola keuangan secara optimal tuk pengembangan bisnis. Tatkala anda baru saja mendapatkan laba dari penjualan misalnya, jangan buru-buru tuk dimanfaatkan keperluan pribadi. Karena jika perilaku itu diterapkan, maka tunggulah kehancuran bisnis anda.

Dalam bisnis plan sederhana, anda mesti cermat dalam memetakan keuntungan bisnis, nantinya akan dipakai untuk apa saja? Misalnya, apabila binis itu murni 100% saham milik anda, maka contoh pengalokasian anggaran keuangan, ialah: 30% untuk perputaran modal, 30% untuk infaq sosial, 10% untuk dana cadangan, dan 30% sisanya baru bisa anda manfaatkan untuk kebutuhan pribadi.

Matangkan Bisnis Plan Sederhana dengan Menambahkan Rencana Jangka Panjang

Yaakk, tiba pada tahap pengembangan, pastikan anda membuat rencana jangka panjang ya di dalam bisnis plan sederhana. Jika unsur ini dipenuhi, maka bisnis plan anda akan berubah matang, tak lagi sederhana. Pada poin ini, anda bisa membuat rencana-rencana pengembangan bisnis, bisa tempo bulanan atau tahunan. 

Baca juga: Ikuti Kelas Menulis Gratis! Dapatkan Penghasilan 5 Juta Per Bulan

Misalnya, anda memiliki target atau rencana, dalam satu tahun ke depan bisnis ini harus mencapai ini itu ini itu, dan sebagainya. Lalu, rencana berikutnya, pada tahun kedua, tahun ketiga, keempat, dan kelima, bisnis anda sudah harus mencapai ini itu ini itu dan sebagainya. Karena bentuknya rencana, plan jangka panjang seperti ini bisa dievaluasi dan berubah seiring dengan ide-ide dan kondisi yang dinamis di tengah perjalanan.

Nah sahabat, demikianlah panduan dalam membuat bisnis plan sederhana sebelum menjalankan sebuah bisnis. Ingat! Jangan buru-buru, matangkan bisnis plan anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal pula. Semoga bermanfaat ^_^

Post a Comment for "Panduan Lengkap Membuat Bisnis Plan Sederhana | Amunisi Penting Sebelum Memulai Bisnis"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi