Membasmi Nyamuk Mulai Jentik-Jentik Hingga Indukan


Rozak's Blog - Sebagai seorang ayah yang punya naluri ‘melindungi’ buah hatinya, aku tak bisa tidur nyenyak ketika masih ada nyamuk berdengung terbang di dalam kamar. Selain mengganggu, jika makhluk kecil itu hinggap di tubuh si kecil, pasti jarum di mulutnya itu akan menyakiti dan menyisakan bekas. Ujungnya, si kecil pun tidurnya rewel terganggu.

Beberapa hari terakhir nyamuk di rumahku semakin banyak. Salah satu penyebabnya, mungkin karena sudah tiba musim hujan. Dan beberapa hari lalu istriku memberitahuku bahwa di kamar mandi, para nyamuk itu sudah beranak pinak, banyak sekali jentik-jentik. Wahh jika dibiarkan, nyamuk-nyamuk penghisap darah itu akan semakin menggila.

Aku bertekad untuk membasmi nyamuk-nyamuk itu sampai ke akarnya, maksudnya sampai ke larva terkecilnya. Setidaknya, butuh 3 cara secara bertahap untuk memusnahkan koloni penghisap darah itu.

>> Gunakan Vape Elektrik
Cara sederhana yang pertama adalah memasang Vape elektrik. Jangan sebut obat nyamuk, karena itu justru akan membuat nyamuk semakin kuat karena diberi obat. Nah, Vape elektrik merupakan racun nyamuk modern yang cukup efektif. Kita hanya perlu mencolokkannya ke listrik, sudah selesai. Tapi pastikan stock cairannya terisi ya, jika tidak akan sia-sia.

Cara kerjanya, Vape elektrik menyemprotkan wewangian dalam debit yang kecil, sehingga tidak membahayakan kesehatan manusia. Jika kita tidak siap mental, maka kita akan merasa iba dengan pasukan penghisap darah itu. Mengapa? Karena para nyamuk akan lemas perlahan, pingsan, kemudian tidak bangun lagi. Aku pernah menyaksikan itu, dan jujur aku sedikit kasihan, tapi banyak bahagianya karena si kecil akhirnya aman.

Eiddttthh.. Yang aku maksud di sini Vape yang pembasmi nyamuk ya, bukan Vape elektrik pengganti rokok tembakau itu. Kalau tidak punya, bisa beli di lapak online.

>> Gunakan Raket Nyamuk
Nah, kalau raket nyamuk merupakan cara kedua, bagi anda yang memiliki kekuatan mental yang dahsyat. Bayangkan saja, nyamuk terbang asyik macam itu lalu kita tega menamparnya dengan sengatan raket. Apa yang terjadi? Mereka kejang-kejang dan terbakar hangus. Itu sungguh mengerikan.

Tapi kelemahan cara kedua ini ialah kita tidak bisa menjangkau pasukan penghisap darah itu jika mereka bersembunyi di balik lemari atau benda-benda yang lainnya. Belum lagi kalau raket nyamuk itu mengenai tangan kita sendiri, bisa malu diketawain nyamuk kita nih.

Tapi mungkin saja, nyamuk itu bisa mati saat bersembunyi tanpa disengat karena jantungan tak bisa menahan rasa takut akan terbakar sengatan listrik.

>> Gunakan Jasa Ikan Cupang
Nah, cara ketiga ini merupakan langkah pencegahan. Modalnya murah, cukup 5 ribu rupiah saja. Kemarin saya putuskan untuk membeli ikan cupang ini. Tentu saja selain karena manfaatnya bisa membasmi jentik-jentik nyamuk yang menggeliat di bak mandi, warnanya juga menarik nan indah.

Baru beberama menit kulepas di bak mandi, ikan kecil itu liar menyantap jentik-jentik nyamuk yang semakin menggila. Mulai dari yang masih kecil hingga yang hampir menjelma menjadi nyamuk bersayap. Pemandangan itu lumayan asyik. Seasyik memukul nyamuk ketika hinggap di kulit, ceples. Beberapa hari kemudian, kuamati bak mandi sudah bersih dari jentik-jentik.

Nah itulah cara membasmi nyamuk dari larvanya hingga 'Nyala' (nyamuk lanjut usia). Aku sarankan, anda menerapkan ketiga langkah di atas agar lebih efektif. Selamat mencoba dan berburu. ^^

8 comments for "Membasmi Nyamuk Mulai Jentik-Jentik Hingga Indukan"

  1. Wah kebetulan mas bisa dicoba nih, biasanya di bak mandi saya kalo setelah dikuras paling bentar ntar banyak jentik-jentiknya..

    ReplyDelete
  2. Salah satu manfaat ikan cupang ternyata bisa membasmi jentik-jentik yaa.
    Lebih baik dari pada di adu...

    ReplyDelete
  3. Nais info gan, patut dipraketikin nih dirumah saya pas banget banyak nyamuk bandel 😅

    ReplyDelete
  4. @Nirwan: Benar Mas, daripada airnya dibuang sayang, mending siasati dengan ikan cupang. Hehehe

    ReplyDelete
  5. @Anjar: Alhamdulillah jika artikelnya bermanfaat :)

    ReplyDelete
  6. :Syarif: Kasihan kalau diadu gan, mending dikasih makan tuh dengan jentik-jentik nyamuk. Manfaat ganda hehe

    ReplyDelete

Komentar yang anda kirim akan dimoderasi guna menghindari Spam. Terima kasih telah berkunjung.

List Blog Keren Rajabacklink