Cara Mengambil Uang di ATM dengan Tepat dan Aman

Cara Mengambil Uang di ATM

Menyimpan uang di bank merupakan pilihan terbaik dan aman sebagai upaya mengamankan uang, baik dari hal-hal buruk ataupun hasrat menghamburkan uang. Meski dengan prinsip menabung, setiap nasabah bank akan diberikan kartu ATM sebagai alat untuk mengambil uang di rekening mereka kapanpun yang diinginkan.

Cara mengambil yang di ATM merupakan salah satu transaksi yang paling banyak dilakukan oleh nasabah. Namun, banyak orang kerapkali mengabaikan beberapa hal penting terkait aktivitas ini, terkait ketepatan dan keamanan. Nah di bawah ini, kami akan menyajikan sebuah tips dan cara mengambil uang di ATM dengan tepat dan aman.

Cara Mengambil Uang di ATM

Meski terbilang sederhana, faktanya banyak orang yang belum tahu cara ambil uang di mesin ATM dengan tepat dan aman. Hal ini ditandai dengan banyaknya kejadian uang amblas, ATM ketinggalan, salah transfer, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini terdapat 5 cara yang bisa anda lakukan saat akan mengambil uang di ATM.

Temukan Mesin ATM Terdekat Sesuai dengan ID Bank Anda
Hal penting yang pertama adalah anda perlu menemukan mesin ATM yang terdekat dari lokasi anda dan sebisa mungkin sesuai dengan ID bank anda. Misalnya rekening bank anda BRI, maka carilah ATM BRI terdekat, BCA, BNI, dan sebagainya.

Baca juga : Ide Bisnis Modal 5 Juta Omzet Melimpah + Analisa dan Strateginya

Alasan sederhananya, dengan mesin ATM ID bank yang sama, maka transaksi penarikan uang anda tidak akan dikenai biaya. Berbeda halnya ketika anda mengambil uang di mesin ATM yang berbeda dengan ID bank anda, maka akan ada biaya tarik tunai sekitar 6.500 setiap transaksinya. Selain itu, dengan ATM ID bank sama, menu yang ditampilkan lebih muda dan komplit.

Lihat Nominal Info pada Mesin ATM
Cara mengambil uang di ATM berikutnya ialah anda perlu melihat nominal info yang tertera pada mesin ATM. Umumnya, mesin ATM hanya menyediakan dua nominal pecahan, yakni Rp. 50.000,- dan Rp. 100.000,-, sedangkan pecahan Rp. 20.000,- sangat jarang sekali. Sebaiknya, jika anda mengambil uang dalam jumlah banyak bisa memilih pecahan 100 ribuan dan sebaliknya untuk nominal kecil. Tentu, anda tak ingin dompet menjadi sesak karena pecahan 50 ribuan dengan jumlah yang besar, bukan?

Cermati Panduan Bertransaksi secara Detail
Sahabat Inspiratips yang baik hati, begitu anda memasukkan kartu ATM ke mesin, jangan lupa memilih Bahasa Indonesia dan login PIN yang benar ya! Dengan memilih menu Bahasa Indonesia, tentu anda akan lebih paham alur transaksi yang diinginkan. Oh ya satu lagi, saat memasukkan kode PIN, jangan lupa menutipinya dengan tangan ya!

Lebih penting lagi, anda tidak perlu terburu-buru ketika bertransaksi meskipun antrean di luar memanjang. Pastikan, setiap transaksi anda pahami betul, terutama saat transfer ke rekening orang lain. Jangan sampai anda salah nominal, apalagi salah nomor rekening tujuan. Banyak kasus nasabah yang salah transfer karena tidak memperhatikan dengan cermat nama pemilik rekening tujuan.

Baca juga: Ide Bisnis Unik dan Praktis Menjadi Agen PPOB (Gratis)

Sedangkan ketika anda ingin mengambil uang dalam jumlah besar namun di layar tidak ada nominalnya, maka anda bisa memilih menu ‘Transaksi Lainnya’ > ‘Penarikan Tunai’ > Lalu masukan nominal yang ingin anda ambil. Tujuan transaksi ini agar kartu ATM anda tidak lekas keluar begitu konfirmasi penarikan dilakukan.

Jangan Memberikan Informasi Apapun kepada Orang Tak Dikenal
Cara mengambil uang di ATM yang aman, pastinya jangan berikan informasi apapun kepada orang tak dikenal, pun ketika ada orang yang berniat membantu. Lalu, bagaimana solusinya ketika anda kesulitan saat bertransaksi? Simpel, jangan dilanjutkan! Kecuali anda berada di mesin ATM area bank, hal mana anda bisa meminta bantuan satpam yang terpercaya di sana.

Pastikan ATM dan Uang Tidak Tertinggal di Mesin ATM
Ahaa, selain salah transfer, banyak kejadian fatal di mesin ATM, yaitu kartu ketinggalan. Maka, sobat Inspiratips, pastikan kartu ATM anda sudah dimasukkan ke dalam dompet beserta uang yang baru diambil sebelum membuka dan meninggalkan ruangan. Ketika kartu tertinggal di mesin ATM, maka akan ada dua kemungkinan; kartu akan tertelan mesin atau kartu akan diambil orang. Manakah yang anda pilih? Kalau saya sih gak pilih dua-duanya. Hehe

Baca juga: Panduan Membuat Bisnis Plan Agar Bisnismu Sukses

Nah sobat, demikianlah cara mengambil uang di ATM dengan tepat dan aman. Dengan menerapkan 5 cara di atas, semoga kita semua terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Post a Comment for "Cara Mengambil Uang di ATM dengan Tepat dan Aman"

List Blog Keren Rajabacklink