Tips Menabung Untuk Pelajar: Mengenal Manfaat dan Cara Efektif Menabung

Tips Menabung untuk Pelajar

Ada pepatah yang mengatakan, bahwa dengan hemat, seseorang bisa menjadi kaya. Em, masuk akal sih apabila konsep berhemat itu disandingkan dengan konsep menabung. Nah bagi kalian yang masih berstatus sebagai pelajar, tidak perlu menunggu tua ya untuk mencari tahu tips menabung untuk pelajar. Karena dengan menabung, meski masih pelajar kamu akan bisa memahami dasar membuat bisnis plan sederhana.

Pada artikel kali ini, Inspiratips akan memberikan sebuah konsep dan tips menabung untuk pelajar, meliputi manfaat dan cara paling efektif yang bisa kamu lakukan!

Manfaat Menabung Untuk Pelajar

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan para pelajar dari menabung ini, hal mana manfaat ini lebih bersifat jangka panjang untuk usia dewasa nantinya. Berikut uraiannya!

  1. Delaying Gratification
    Bagi pelajar, hal yang akan pertama didapatkan dari menabung ialah kemampuan menunda kenikmatan sementara untuk kenikmatan yang besar nantinya, sebut saja dengan istilah delaying gratification. Konsep ini pernah diperkenalkan oleh Professor Walter dari Stanford University. Tips menabung untuk pelajar apabila dijalankan dengan baik, tentu akan membentuk sikap ini, misal emosinya lebih stabil, tidak hidup berlebihan, tidak materialistik, dan lain-lain.

  2. Merencanakan Keuangan
    Bagi orang tua dan guru di sekolah, tatkala pelajar sudah diarahkan untuk menabung, maka manfaat yang bersandingan dengan itu ialah kemampuan merencanakan keuangan. Akan tetapi, hal ini agaknya perlu pendampingan oleh orang tua dan guru. Setelah ia berkenan mengikuti tips menabung untuk pelajar, berikutnya jangan lupa ajak ia tuk diskusi merencanakan uang tabungannya untuk apa sih nantinya, misalnya untuk membuat ide bisnis modal 5 juta.

  3. Lebih menghargai uang
    Banyak kasus pelajar tidak terlalu menghargai uang, alhasil ia dirundu kehidupan yang boros, membeli barang-barang tidak penting, akibat tidak menghargai uang. Dengan mengetahui tips menabung untuk pelajar, pola hemat yang sudah dilakukan secara rutin akan mengajarkan bahwa uang itu penting. Apalagi ia bisa langsung merasakan, awalnya bebas, akhirnya terbatasi, lalu muncul kesadaran bahwa tidak punya uang itu rasanya tidak enak.

5 Tips Menabung Untuk Pelajar

Banyak pelajar yang berhasil menyisihkan uangnya sebagai tabungan, tapi lebih banyak lagi kasusnya mereka yang gagal dalam menabung. Mengapa? Karena tidak tahu tips dan cara efektif untuk menabung. Nah, berikut ini tips menabung untuk pelajar paling efektif yang bisa kamu terapkan ya!

  1. Tentukan tujuan menabung, untuk apa sih?
    Sebelum proses menabung dimulai, pastikan kamu sudah menetapkan tujuanmu menabung untuk apa ya sobat! Tentu saja poin ini sangat penting sebagai pemupuk semangat kamu selama proses hemat itu dimulai. Simpel saja, misalnya kamu ingin membelikan kado ultah pacar kamu dengan cara menabung. Hayo jujur, pasti semangat sekali pastinya.

    Eh tetapi, jangan pacaran dulu lah selama masih berstatus pelajar, karena bisa mengganggu fokus belajar kamu di sekolah. Nah sebaiknya, kamu tetapkan tujuanmu menabung untuk kebutuhan jangka panjang ya. Contoh, untuk membeli laptop saat kuliah nanti, untuk biaya kuliah, menjalankan peluang bisnis saat kuliah atau untuk membeli rumah bila perlu.

  2. Jangan pernah absen menyisihkan uang saku
    Tips menabung untuk pelajar yang berikutnya ialah jangan pernah absesn menyisihkan uang saku harian kamu. Meski berat, lakukan. Meski tak banyak, rutinkanlah. Misalnya uang saku kamu 10 ribu nih, cobalah untuk menyisihkan 3 ribu saja secara rutin. Oh ya, jangan punya pemikiran untuk rapel tabungan ya, misalnya hari ini absen dulu lah, besok dobel. Biasanya kalau kebiasaan ini mulai muncul, kamu tak akan berhasil. Ingat sekali lagi, RUTIN tanpa ABSEN!

  3. Simpan uang saku yang terkumpul di Bank SimPel
    Nah setelah uang sakumu terkumpul selama tiga bulan, tips menabung untuk pelajar berikutnya ialah tabung uang yang terkumpul di bank simpanan pelajar. Saat ini banyak kok bank-bank yang menawarkan layanan tabungan untuk pelajar. Nah setelah menabung di bank simpel, jangan lupa serahkan kartu ATM ke orang tua ya biar kamu tidak usil mengambil uangnya.

  4. Buat prioritas kebutuhan kamu
    Ingat ya sobat, tabungan itu harus memiliki goal yang jelas, berdasarkan prioritas kebutuhan. Konsepnya, lakukanlah pendataan apa saja sih kebutuhan yang paling kamu butuhkan. Dengan membuat listing semacam ini, kamu akan lebih pandai dalam mengatur keuangan, tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

  5. Jangan lupa bawa bekal makanan dari rumah
    Nah, tips menabung untuk pelajar paling ampuh ialah membawa bekal dari rumah ya, sobat! Sebelum berangkat sekolah, sarapan dulu, masukan uang ke celengan, sisanya bawa deh ke sekolah untuk berjaga-jaga. Kalau di sekolah lapar, makan bekal saja. Kalau ingin jajan bagaimana? Boleh tapi tidak perlu berlebihan.

Nah itulah informasi mengenai tips menabung untuk pelajar yang bisa kamu aplikasikan sehari-hari. Dengan menabung, kamu memiliki satu bekal khusus untuk berinvestasi di masa depan.

Post a Comment for "Tips Menabung Untuk Pelajar: Mengenal Manfaat dan Cara Efektif Menabung"

List Blog Keren Rajabacklink