BLT UMKM 2021 Dibuka, Buruan Daftar dan Cek Status Penerimaan Anda

BLT 2021

Inspiratips - Kabar baik bagi kita semua, pasalnya penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk para pelaku usaha UMKM tahu 2021 ini resmi dibuka kembali. Pelaku UMKM bisa mendaftarkan diri atau mengajukan dirinya ke pengusul yang sudah ditentukan.

Pengusul yang dimaksud adalah dinas yang membidangi koperasi dan UKM, koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum, kementerian/lembaga, perbankan, dan perusahaan pembiayaan lain yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bacaan Penting: 5 Peluang Bisnis Tanpa Modal Beserta Strategi Bisnisnya

Jadi, anda hanya perlu datang ke Dinas Koperasi dan UMKM atau lembaga terkait untuk memproses pendaftaran. Beberapa dokumen yang disiapkan, yakni:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Alamat tempat tinggal
  • Bidang usaha
  • Nomor telepon

Masyarakat yang belum memiliki rekening bank juga masih bisa mendaftar BLT UMKM. Nantinya, mereka akan dibuatkan oleh bank penyalur jika sudah dinyatakan berhak menerima bantuan.

Informasi Penting: Cari Pinjaman Online Mudah dan Terpercaya? Dengan Tunaiku Dapatkan hingga 20 Juta

Dilansir dari laman Kompas.com, besaran BLT yang akan disalurkan pemerintah melalui Dinas Koperasi sebesar 1.2 juta. Besaran ini turun 50% dari tahun sebelumnya, di mana tahun 2020 sebesar 2.4 juta.

Usai mendaftar, anda bisa memantau status pencairan di laman https://eform.bri.co.id/bpum | Lalu dengan uang senilai 1.2 juta, enaknya untuk tambahan modal atau memulai bisnis apa ya?

Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Anda Coba

Bosan dengan kegiatan aktivitas rumahan yang itu-itu saja? Lalu berkeinginan untuk menambah pemasukan dana untuk sehari-hari atau mungkin hanya mengisi waktu luang Anda? Mungkin dengan melakukan kegiatan berusaha di rumah Anda bisa melakukan kegiatan positif yang menguntungkan bagi diri Anda.

Referensi Penting: Strategi Bisnis ala Utsman bin Affan 100% Sukses

Usaha rumahan ini bisa dilakukan oleh Anda yang merupakan Ibu Rumah Tangga. Sudah hal rumlah bila kita bisa mengetahui bahwa rata-rata Ibu Rumah Tangga memiliki kerajinan, ketelatenan dan ketelitian dalam hal mengurus rumah, mulai dari memasak, mengurus pakaian yang dipakai oleh anggota keluarga, mengatur tata tanaman rumah dan sebagainya.

Dengan adanya keahlian tersebut, mungkin Anda bisamembuka usaha rumahan untuk Ibu Rumah Tangga, 4 usaha ini mungkin cocok bagi Anda yang ingin menambah pemasukan dan mengisi waktu luang tersebut :

Membuat Kue Basah / Kering
Bagi Anda yang merupakan Ibu Rumah Tangga yang memiliki keahlian dalam membuat masakan yang lezat terutama dalam hal membuat kue-kue, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membuat usaha kue di rumah. 

Bacaan Penting: Kredit HP Tanpa Kartu Kredit Dengan KTA Tunaiku

Dengan bermodalkan alat masak berserta pengetahuan yang lengkap dalam pembuatan kue yang lezat, Anda dapat menjualkan kue ini didepan rumah pada saat pagi hari atau sore hari, dan bisa juga Anda tawarkan ke pedagang-pedagang kue di sekitar pasar yang dekat dengan rumah Anda. 

Jualan Pulsa Handphone / Listrik
Berjualan pulsa handphone / listrik di rumah mungkin hanya membutuhkan sebuah meja/etalase bahkan hanya selembar kertas yang ditempelkan pada bagian depan rumah juga bisa lho untuk menawarkan jasa Anda ini.

Referensi penting: Bisnis Model Canvas, Jurus Jitu Memenangkan Persaingan

Dalam hal ini, Anda hanya perlu memahami penggunaan gadget yang baik bila Anda ingin berjualan pulsa ya.

Jualan Bunga Bucket
Jika Anda memiliki keterampilan dan kreatif dalam membuat sebuah kerangkai bunga yang indah, mungkin Anda bisa membuka usaha seperti toko bunga di rumah Anda, atau mungkin Anda membuat kerangkaian bunga ini ketika hanya menerima pesanan pembuatan.

Lalu bagaimana melakukan promosinya bila Anda tidak ingin membangun sebuah toko? Cukup bermodalkan sosial media serta niatan Anda untuk memulai pembicaraan memperkenalkan usaha Anda ini ke tetangga, kerabat ataupun sodara.

Toko Kelontong
Membuka usaha ini mungkin memerlukan modal yang cukup banyak, namun bila Anda merasakan rumah Anda bisa membangun sebuah toko dan memiliki lokasi yang strategis untuk berjualan, apa salahnya? Apalagi bila rumah Anda memiliki anak-anak kecil ataupun remaja yang memang biasa mampir ke warung hanya untuk membeli sebuah cemilan ataupun minuman.

Referensi Penting: Yukk Coba Bisnis Modal Kecil dengan Untuk besar

Bagaimana? Ke 4 usaha diatas mungkin bisa Anda lakukan bila Anda ingin membuka usaha yang tidak perlu harus jauh-jauh pergi keluar dari rumah. Anda juga bisa melakukan kegiatan diatas bersama sang anak bila sang anak memang ingin membantu Anda meningkatkan dan mengembangkan usaha Anda tersebut.

Post a Comment for "BLT UMKM 2021 Dibuka, Buruan Daftar dan Cek Status Penerimaan Anda"

List Blog Keren Rajabacklink