100% Profit, Inilah 5 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa | Bisnis Tanpa Modal

Bisnis Tanpa Modal
Source: Pixabay

“Jika kalian benar-benar mencari ide bisnis, pastikan kalian membaca artikel ini hingga akhir dengan urut tanpa melompat-lompat! Karena setiap penjelasan saling berhubungan.”

*********

Peluang bisnis untuk mahasiswa selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas dari waktu ke waktu. Tentu saja, banyak sekali alasan logis yang menyertainya, sebut saja seperti ingin dapat uang jajan tambahan, untuk bayar kuliah, ataupun melatih kemandirian dan kecakapan dalam berbisnis.

Sebenarnya, banyak sekali ide atau konsep bisnis yang bisa dipilih oleh mahasiswa, hanya saja banyak dari mereka yang menginginkan ide bisnis tanpa modal. Eh, tapi, bukan hanya mahasiswa sih, bisa dibilang mayoritas orang lebih melirik bisnis yang tidak memerlukan modal, seandainya ada yaahh tidak banyak.

Sebagai orang yang pernah kuliah, saya pun termasuk dari mereka yang mencari peluang bisnis untuk mahasiswa.  Alasan saya sebagaimana penjelasan di atas, yakni untuk tambahan uang jajan dan juga melatih kecakapan saya dalam berbisnis. Dan jujur saja, memang usaha yang saya pilih sewaktu kuliah dulu ialah bisnis tanpa modal.

Berbicara bisnis, jika kalian mencari informasi atau ide itu di Google, maka kalian akan mendapati banyak sekali ide bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Namun sayangnya, ide-ide yang ditawarkan cenderung berkutat pada teori saja. Pun banyak dari ide itu yang tidak disertai dengan analisa dan strategi. Mengapa? Karena yang menulis mungkin tidak pernah praktik. Padahal Strategi bisnis Utsman bin Affan yang paling utama ialah banyak praktik, teorinya belajar sambil jalan.

Peluang bisnis untuk mahasiswa yang saya tulis kali ini, saya berani katakan berbeda dengan sumber lainnya. Alasannya, dari 5 ide bisnis yang akan saya tulis nanti, saya pernah menjalankan semua. Dengan demikian, saya tahu liku, konsep, strategi, dan lain sebagainya. Dan yang paling penting, yang saya tulis ini merupakan ide bisnis tanpa modal.

Bisnis Tanpa Modal: 5 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa

Baiklah kawan, jika kalian benar-benar mencari ide peluang, saya berharap kalian mengikuti artikel ini hingga akhir. Karena, kalau kalian hanya membaca pada sub-poin saja, mungkin ide ini terkesan umum dan tidak profit. Namun, jangan salah, dengan ide ini saya menyelesaikan kuliah, pun masih dapat cashback profit yang spektakuler.

Kabar baiknya, ide yang akan saya sajikan ini, tidak hanya bisa digiatkan oleh mahasiswa, melainkan siapapun yang ingin mencari ide bisnis tanpa modal.

Agen PPOB

Saat ini, menjadi agen PPOB merupakan hal yang sangat mudah dilakukan oleh siapapun, termasuk mahasiswa dengan ragam kesibukannya. Agen PPOB sendiri merupakan perkembangan dari ‘jualan pulsa’ sih menurut saya, hanya saja varian yang dijual lebih banyak. Bisnis satu ini bahkan bisa disebut bisnis tanpa modal, toh seandainya butuh modal, itupun untuk membeli deposit yang nantinya akan diputar kembali menjadi keuntungan.

Peluang bisnis untuk mahasiswa satu ini sangat simpel, namun keuntungan besar menanti begitu kalian tahu strategi bisnis yang diperlukan. Baiklah, berikut ini saya akan sajikan analisa dan strategi bisnis menjadi agen PPOB secara detail.

Apa itu agen PPOB?
Secara sederhana, menjadi agen PPOB ialah kalian menjual jasa pembayaran ataupun pembelian elektronik. Dengan menjadi agen PPOB yang merupakan bisnis tanpa modal, kalian berperan sebagai jasa pembayaran, sebut saja seperti listrik, PDAM, indihome, cicilan motor, dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga bisa pelayani pembelian elektroni, seperti pulsa, paket internet, topup saldo E-Money, listrik prabayar, dan lain sebagainya. 

Analisa Bisnis

  • Modal: Minimal 50 ribu, kalau bisa 500 ribu, jika memungkinkan 1 juta. Sesuaikan budget kalian.

  • Profit: Kalian bisa memperoleh laba atau keuntungan dari setiap transaksi yang dilakukan, misalnya jual pulsa, listrik, bayar PDAM, dan sebagainya. Umumnya, kalian bisa mendapatkan profit bersih berkisar Rp. 1.000 – 3.000 setiap kali transaksi.

  • Sasaran: Jika kalian berstatus sebagai mahasiswa, maka sasaran utamanya tentu teman kalian sendiri sesama mahasiswa.

  • Memulai usaha: Pilihlah vendor PPOB yang menurut kalian terbaik, hal mana itu bisa diukur dari layanan, besaran keuntungan, dan lainnya. Kalau saya sendiri, dari sekian banyak vendor PPOB, Tagihan Pulsa adalah vendor yang paling rekomended. Kalian bisa daftar sebagai agen PPOB di vendor Tagihan Pulsa dengan cara download aplikasinya di Playstore, lalu lakukan registrasi awal. Jika kalian ingin ada cashback dari pendaftaran, silahkan masukkan kode referensi 53A258C5.

Strategi Bisnis

  • Jangan pernah kehabisan saldo, itu bisa mengecewakan pembeli

  • Gunakan layanan Whatsapp Bisnis untuk mempermudah kalian promosi ke teman-teman

  • Hutang atau bayar belakangan? Boleh, asalkan kalian melakukan mencatatnya dengan baik

  • Tulis pamflet kecil di pintu kos atau kamar kalian, beritahu dunia bahwa kalian agen PPOB

  • Jangan malu untuk melakukan promosi setiap hari di story Whatsapp Bisnis ataupun sosial media kalian yang lainnya

Jasa Tulis Artikel

Bisnis tanpa modal berikutnya yang bisa menjadi pilihan mahasiswa ialah membuka layanan jasa tulis artikel. Peluang bisnis satu ini terbilang sangat cocok diterapkan dikalangan mahasiswa, karena segmentasinya 90% tepat sasaran. Karena faktanya, banyak sekali yang memerlukan jasa tulis artikel untuk memenuhi tugas kuliah mereka.

Apa itu jasa tulis artikel?
Secara sederhana, membuka jasa tulis artikel maka kalian mencari rupiah dengan cara menulis artikel ataupun tugas mata kuliah yang dibutuhkan banyak mahasiswa di sekitar kalian. Selain itu, apabila kalian memiliki ketrampilan Bahasa Inggris, Arab, Mandari, mungkin kalian bisa memadukan menjadi jasa tulis dan translate. Dengan demikian, peluang kalian menjalankan bisnis tanpa modal ini menjadi maksimal.

Analisa Bisnis

  • Modal: Laptop atau PC, koneksi internet, dan kemampuan menulis (khusus ini bisa diasah dengan belajar)
  • Profit: Pengalaman saya pribadi, saya bisa mendapatkan profit Rp. 15.000 per artikel 500 kata. Untuk translate, bisa kalian patok sedikit lebih mahal. Silahkan tentukan harga yang menurut kalian tepat.
  • Sasaran: Mahasiswa dan siswa sekolahan
  • Memulai usaha: Langkah awal, kalian bisa belajar bagaimana cara menulis dengan baik dan benar, sesuai EYD dan KBBI, serta enak dibaca. Jika sudah, lakukan promo atau pemberitahuan publik bahwa kalian membuka jasa tulis artikel dan translator.

Strategi Bisnis

  • Buat pamplet cetak berupa informasi jasa tulis yang anda jalankan, lalu tempelkan di tempat-tempat strategis agar mudah dilihat publik.

  • Sebisa mungkin, di pamflet terdapat unsur; mengapa mahasiswa harus menggunakan jasa kalian, harga jasa, dan kontak person.

  • Selain menggunakan pamflet cetak, dengan kemajuan teknologi informasi ini, kalian bisa dengan maksimal menggunakan sosial media sebagai ajang promosi terbaik jasa tulis kalian. Coba deh!

Printing Tugas

Peluang bisnis untuk mahasiswa yang bisa menjadi pilihan terbaik ialah jasa printing tugas. Coba amati sekitar kampus kalian, sudah bisa ditebak kalau banyak sekali layanan printing dan foto copy kan? Namun, dari banyak layanan itu, kekurangan mereka ialah tidak adanya layanan order online dan pesan antar. Selain itu, kekurangan mutlak dari layanan printing yang ada ialah jam buka yang terlalu siang dan antrean yang padat.

Apa itu Jasa Printing?
Bisnis tanpa modal yang tak menguras kantong satu ini tergolong usaha yang sederhana, namun menyimpan profit yang melimpah. Kalian cukup ngeprint, antar, terima deh upah layanan printing anda. Nah, bagi kalian yang sebelumnya membuka jasa tulis artikel, emm bisa juga sih ditambahi layanan ini, 3 in one gitu.

Analisa Bisnis

  • Modal: Laptop atau PC, seperangkat printer, koneksi internet, dan kertas tentunya.
  • Profit: Kalian bisa ambil profit dari jumlah kertas dan jasa antarnya.
  • Sasaran: Ya, lagi-lagi sasaran utamanya mahasiswa.
  • Memulai usaha: Sesudah kalian memiliki seperangkat amunisi (modal) yang dibutuhkan, maka kalianpun hanya perlu menyediakan waktu khusus untuk mengakomodir layanan ini tanpa mengganggu jam kuliah. Begitu ada pesanan, lakukan interaksi, atur jawal bertemu, dan lain sebagainya.

Strategi Binsis

  • Ceritakan keunggulan usaha kalian ini kepada publik, sebut saja seperti layanan antar dan buka lebih awal (saat jasa printing lain masih tutup).

  • Untuk promosi kalian bisa menggunakan Whatsapp Bisnis, Story media sosial, ataupun pamlfet cetak yang kalian tempel di tempat strategis.

  • Untuk harga, jangan terlalu mahal, atau kalian bisa menyamakan dengan harga wajar di daerah kampus kalian. Untuk ongkos kirim, kalian bebas untuk menggratiskan atau mematok tarif.

Jual Camilan

Bagi kalian yang mencari bisnis tanpa modal menguras dompet, mungkin ide bisnis jualan camilan bisa jadi pilihan terbaik. Saya masih ingat, sewaktu semester empat kuliah dulu, bisnis jualan camilan ini cukup prospek saya aplikasikan. Mengapa bisnis satu ini cukup menjanjikan? Lihatlah realita, bahwa banyak sekali mahasiswa yang tiba ti kampus tetapi belum sempat makan. Apalagi bagi mahasiswa yang memiliki jadwal kuliah jam 07.00 pagi, behh mungkin 95% belum ada yang sarapan.

Apa itu bisnis Jual Camilan?
Bisnis ini sederhana sekali, hal mana kalian hanya perlu menjual aneka camilan saat kuliah. Ya sebut saja seperti shanghai, donat, tahu bakso, aneka gorengan, dan sejenisnya. Eh, jangan bilang ribet, karena kalian tak harus membuat atau memasaknya sendiri, bukan? Kalian bisa kulak ke penjual camilan ini, lalu menjual ulang di kampus. Inilah yang saya lakukan dulu, dan profitnya luar biasa. Dari pengalaman pribadi, saya bisa mendapatkan keuntungan 100% loh, keren kan!

Analisa Bisnis

  • Modal: Percaya diri + Kotak camilan + Uang untuk kulak pertama kali (Minimal RP. 100.000 lah)
  • Profit: Kalian bebas menetapkan! Kalau saya dulu ambil profit 100% untuk jenis camilan gorengan. Ya, kalian bisa kulak gorengan dengan harga seribu, lalu jual di kampus dengan harga 2 ribu. Laku? Heh, meski lebih mahal, itu tak jadi masalah kalau perut mulai lapar. Saya katakan, LAKU! Sedangkan untuk camilan ringan lainnya, mungkin kalian bisa ambil profit Rp. 500 per pcsnya.
  • Sasaran: Seluruh penghuni hampus (Makluk gaib tidak termasuk ya!)
  • Memulai usaha: Kalian bisa memulai usaha ini dengan menentukan penjual gorengan atau camilan yang paling murah namun rasanya menggugah!

Strategi Bisnis

  • Carilah penjual gorengan dan aneka camilan lainnya dengan harga miring tetapi rasa terbaik

  • Selain kalian bisa menjualnya ke teman sekelas, usahakan berkeliling menjejakan jajanan hingga habis

  • Menerima request pelanggan (Misalnya ada pembeli yang besok ingin dibawakan nasi bungkus)

  • Apabila di kampus kalian ada kantin-kantin kecil, kalian bisa coba untuk titip camilan di sana

  • Selain membeli camilan yang sudah berkemasan, kalian bisa membeli camilan yang grosiran (porsi besar) kemudian dilakukan pengemasan eceran sendiri

  • Oh ya, jangan lupa sediakan uang receh untuk kembalian ya! Hehe

Kurir Otonom

Bisnis tanpa modal yang menjanjikan berikutnya dalam pembahasan kali ini ialah menjadi kurir otonom. Ya, berbeda dengan kurir dari layanan JNE, Grab, dan sebagainya, menjadi kurir otonom artinya kalian tidak terikat aturan dan memiliki jadwal yang lebih fleksibel.

Apa itu Kurir Otonom?
Secara sedehana, menjadi kurir otonom ialah kalian menawarkan jasa antar barang kepada pembeli barang. Hal mana untuk menjadi kurir otonom ini, banyak sekali keunggulan dan strategi yang bisa kalian terapkan agar profit yang didapatkannya pun maksimal.

Analisa Bisnis

  • Modal: Motor + bensin ya! 
  • Profit: Dapatkan profit setiap barang yang sudah kalian antar ke konsumen 
  • Sasaran: Mahasiswa dan masyarakat umum 
  • Memulai usaha: Sebagai langkah awal memulai usaha, jalin kerjasama dengan outlet-outlet makanan atau minuman, sebut saja seperti terang bulan dan martabak, ayam geprek, dan sejenisnya.
Strategi Binsis
  • Lakukanlah promosi bahwa kalian membuka jasa layanan jasa kurir atau antar jempur barang, baik melalui Whatsapp Bisnis ataupun media sosial lainnya

  • Jalin relasi dengan banyak tempat dan outlet kuliner

  • Jangan mematok harga kirim terlalu besar, karena disitulah letak keunggulan kalian. Bukankah ketika orang memesan Delivery Order via aplikasi Grab atau Gojek, akan ada markup atau tambahan harga dari harga menu semula? Kalian pun tak perlu melakukan itu sebagai nilau plus layanan kurir otonom.

  • Setiap transaksi kalian dengan konsumen, jangan lupa untuk meminta testinomi sebagai bahan promosi yang keren.

Para sahabat yang baik hati, demikianlah informasi yang bisa saya sajikan berkaitan dengan peluang bisnis untuk mahasiswa. Dari daftar peluang di atas, kalian bisa memilih satu atau beberapa bisnis yang mungkin bisa kalian jalankan sesuai pashion.

Kunci utama dari bisnis ini adalah ketekunan, artinya kalian tidak boleh patah semangat padahal baru satu minggu menjalankannya. Bukankah semua itu butuh proses untuk menjadikan setiap bisnis menjadi besar? Mungkin sehari jalan, orang baru melirik usahamu, besoknya mulai tanya-tanya, lalu memakai, karena sejatinya berbisnis tidak instan sebagaimana mie instan yang tinggal seduh.

Kunci kedua yang bisa kalian tancapkan dalam diri kalian saat memulai bisnis, ialah mengerjakan semuanya dengan ikhlas. Jangan sampai, kalian menjalankan bisnis dengan terpaksa, atau terlalu materialistis mengincar uang semata. Jangan! Dengan ikhlas, kalian akan ringan dalam menjalankan, enjoy, penuh semangat, pun kalian akan mendapatkan keberkahan dari yang Maha Kuasa.

Kunci ketiga dalam menjalankan bisnis tanpa modal ini, jangan mengabaikan prinsip kejujuran dan pola kepuasan pelanggan. Jika ada hak pelanggan untuk mendapatkan kembalian uang 500 rupiah pun, kembalikan! Jika kalian ada kesalahan cetak (print) tugas konsumen, perbaiki, bukan malah disembunyikan. Dari sanalah kepuasan pelanggan akan terjaga, dan tidak menutup kemungkinan konsumen itu akan merekomendasikan jasa kalian kepada teman-temannya bukan?

Nah agar Bisnis tanpa modal yang sudah tersaji lengkap di atas bisa berjalan dengan baik, kalian bisa mengoptimalkan dengan membuat Bisnis Plan Sederhana sebagai strategi awal yang baik. Saya berdoa, semoga bisnis yang kalian jalankan cukup untuk menambah uang jajan, bayar kuliah, syukur-syukur bisa untuk belikan baju yang baik untuk orang tua di rumah.

Post a Comment for "100% Profit, Inilah 5 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa | Bisnis Tanpa Modal"

List Blog Keren Rajabacklink