5 Tips Mudik Ceria Ramadhan 2021 | Mempersiapkan Dana Mudik Secara Efektif

Tips Mudik 2021

Ramadhan sebentar lagi tiba, sebagaimana melepas rasa dahaga saat berbuka, momentum puasa akan lebih pas bila kita bisa melepas rindu dengan mudik. Tentu, mencari tips mudik 2021 menjadi hal yang sangat penting agar mudik kita berjalan lancar tanpa kendala yang menghambat pertemuan dengan yang tercinta di kampung halaman.

Biaya mudik saat ini memang tidak bisa dibilang murah. Dalam satu kali perjalanan biaya yang harus dikeluarkan bisa dibilang mahal. Belum lagi Anda juga harus mengeluarkan biaya untuk kembali ke tempat rantau. Seperti yang Anda ketahui, harga tiket transportasi ketika musim lebaran biasanya melambung tinggi.

Bukan hanya biaya perjalanan, ketika mudik Anda juga perlu mengeluarkan biaya untuk keperluan lain seperti oleh-oleh. Tentu tak lengkap rasanya jika mudik hari raya tanpa membawa buah tangan untuk keluarga di rumah. Akhirnya, biaya mudik pun menjadi semakin besar.

Tips Mengatur Biaya Mudik
Karena biaya mudik tidak murah maka Anda harus melakukan persiapan dana untuk mudik sedini mungkin sebagai tips mudik terbaik. Berikut beberapa tips mengatur biaya mudik yang bisa Anda terapkan. 

1. Buat Tabungan Khusus Mudik
Agar tidak terlalu berat saat tiba waktunya mudik, Anda bisa mulai menyisihkan dana mudik sedini mungkin. Buatlah tabungan yang dikhususkan untuk keperluan mudik. Usahakan Anda tidak menyentuh dana tabungan yang sudah disisihkan untuk mudik ini.

Agar dana untuk mudik tidak terganggu, Anda bisa membuat tabungan khusus untuk mudik. Misalnya dengan membuka rekening tabungan baru atau menabung secara manual menggunakan celengan. Dijamin, saat tiba waktunya mudik Anda akan merasa jauh lebih siap.

2. Buat Daftar Pengeluaran
Lakukan persiapan dana untuk mudik dengan cara menyusun daftar kebutuhan mudik. Tuliskan apa saja yang Anda perlukan untuk mudik. Mulai dari biaya perjalanan, buah tangan, hingga keperluan pribadi yang Anda butuhkan selama di perjalanan dan di kampung halaman.

Saat membuat daftar ini Anda bisa mengetahui apakah anggaran yang disusun terlalu berlebihan atau tidak. Jika iya, maka Anda bisa melakukan pemangkasan dana dengan mencoret kebutuhan yang bisa ditiadakan. 

3. Cari Tiket Sedini Mungkin
Mempersiapkan diri untuk mudik itu memang harus dilakukan sedini mungkin. Anda bisa mencari tiket perjalanan jauh-jauh hari sebelum hari H. Hal ini untuk mencegah agar tidak kehabisan tiket mudik karena akan ada banyak sekali orang yang membutuhkan tiket mudik.

Bukan hanya itu, mencari tiket sejak jauh-jauh hari juga memungkinkan Anda mendapat harga yang lebih murah. Jadi, selain melakukan persiapan dana untuk mudik, persiapkan juga strategi berburu tiket.

4. Manfaatkan Promo
Anda dapat menghemat biaya mudik jika bisa mendapat harga promo. Jadi, jika memang ada promo yang bisa Anda manfaatkan untuk mudik maka jangan ragu untuk mengambilnya.

Bagaimana caranya bisa mendapat informasi promo? Anda harus rajin mencari dari berbagai sumber. Berburu promo tiket juga termasuk bagian dari strategi persiapan dana untuk mudik yang bisa Anda lakukan.

5. Siapkan Bekal Perjalanan
Mudik pastinya menjenuhkan selama perjalanan, dan sebagai penepisnya banyak orang yang akhirnya merelakan uangnya untuk membeli makanan. Namun, banyak kasus makanan yang dijual di jalanan itu harganya mahal, berbeda dari harga idealnya. Nah sebagai upaya menghemat biaya mudik, tips mudik berikutnya ialah anda perlu membawa bekal selama perjalanan sehingga tidak memerlukan beli lagi di jalanan.

Nah saudara, demikianlah tips mudik yang bisa kami uraikan, semoga mudik lebaran tahun 2021 ini menjadi mudik istimewa anda bertemu dengan orang tercinta di rumah.

Post a Comment for "5 Tips Mudik Ceria Ramadhan 2021 | Mempersiapkan Dana Mudik Secara Efektif"