Ketahui 5 Manfaat yang Akan Didapatkan Saat Anak Bermain Lego

Inspiratips - Salah satu kegiatan yang tidak bisa lepas dari kehidupan anak-anak adalah bermain. Dengan bermain, anak bisa mengembangkan potensi dan kecerdasan. Kecerdasan akan berkembang seperti sensorik, motorik, dan kreativitas. Permainan yang bisa mengembangkan ketiga kecerdasan tersebut adalah lego. 

Permainan lego muncul sejak tahun 1940. Permainan klasik ini telah mendunia dan menjadi bidang mainan edukasi anak-anak. Di awal kemunculannya, lego klasik berasal dari Denmark. Permainan lego ini merupakan sekumpulan balok plastik kecil yang dapat disusun dengan beragam bentuk. 

Lego klasik tergolong permainan konstruktif. Yaitu, pola bermain dengan memanipulasi benda-benda untuk menciptakan sesuatu yang baru. Para ibu yang ingin mengasah keterampilan dan kecerdasan anak, kini tak perlu bingung lagi. Anda bisa menggunakan permainan lego creator untuk merangsang kreativitas. 

Eits, ternyata lego tak hanya meningkatkan kreativitas anak. Yuk simak beberapa manfaat lego bagi anak. Berikut ulasan lengkapnya. 

Mengasah motorik anak

Bentuk lego yang berupa bongkahan kecil yang kemudian dimainkan dengan tangan secara tidak langsung dapat merangsang dan mengasah motorik anak. Bukan hanya kepekaan dalam motorik, sang anak juga mendapatkan latihan kekuatan otot jari-jari ketika memasang dan mencabut bongkahan lego. Rutin bermain lego, berpotensi menjadikan sang anak ketika dewasa terampil menggunakan tangannya. 

Ajang eksperimen sekaligus berlatih sabar

Dengan bentuk lego yang bisa disusun bebas, sang anak akan terbiasa untuk bereksperimen, mencoba, dan mengkombinasikan susunan-susunan baru yang bahkan tak ada dalam petunjuk. Dalam upaya eksperimen ini, tentu saja si anak tidak langsung mahir. Bahkan adakalanya bongkahan lego akan jatuh dan bubar.

Namun, di sanalah letak latihan berikutnya, yaitu menahan diri agar sabar. Proses ini sekaligus mengajarkan kepada anak bahwa untuk mendapatkan hasil maksimal tidak bisa diraih secara instan. 

Belajar konsentrasi tingkat tinggi

Percaya atau tidak, bahwa permainan lego ini bisa menjadi sarana terbaik bagi anak untuk melatih konsentrasinya. Selain lego creator bisa disusun sesuka hati, ada buku panduan yang memberikan tutorial menyusun bentuk yang disasankan. 

Untuk memahami buku panduan yang ada, maka sang anak harus teliti dan konsentrasi agar bangunan lego bisa tersusun sempurna. Salah beberapa bongkahan saja, bentuk lego bisa menjadi tidak karuan. 

Mengasah kemampuan problem solving

Salah satu edukasi terbaik yang perlu diajarkan kepada anak ialah kemampuan memecahkan masalah yang dihadapi. Kemampuan ini dalam dunia pendidikan disebut dengan problem solving. Dan menariknya, dengan bermain lego, kemampuan memecahkan masalah ini bisa diinternalisasikan. 

Salah susun, coba lagi; ambruk susun lagi; coba lagi terus. Di setiap percobaan yang belum berhasil, sang anak akan selalu belajar untuk memecahkan masalah sehingga ditemukan hasil terbaik. 

Membangkitkan kemampuan spasial

Paling menarik dari bermain lego crreator ialah bangkitnya kemampuan spasial anak. Kemampuan ini merupakan kemampuan visual terkait bangun ruang. Terasahnya kemampuan ini bisa mengacuh kecerdasan matematis yang menakjubkan. 

Selain itu, ketika permainan lego ini dimainkan bersama teman-teman sang anak, pun bisa mengasah kecerdasan interpersonal. Mereka akan belajar saling berbagi, saling membantu, yang berujung pada keakraban antar sesama. 

Ayah dan bunda, meskipun lego creator banyak sekali manfaatnya, tetap dianjurkan untuk Ayah dan Bunda mendampingi anak-anak bermain ya. Apalagi ketika usia anak masih di bawah tiga tahun. Selain untuk memastikan si kecil tetap aman, orang tua bisa meluangkan waktu untuk quality time bersama mereka agar nyaman di rumah. Semoga bermanfaat ya, Sahabat.

Post a Comment for "Ketahui 5 Manfaat yang Akan Didapatkan Saat Anak Bermain Lego"