Asah Kemampuan Bermain Peran dan Imajinatif Anak Lewat Permainan Lego

lego indonesia

Inspiratips - Aktivitas utama yang harus dimiliki anak-anak adalah bermain. Namun sayangnya, waktu yang dihabiskan anak-anak untuk bermain kian hari kian hilang. Dalam kurun beberapa tahun terakhir, aktivitas anak beralih ke aktivitas pasif, seperti bermain dengan gadget hingga menonton TV. 

Akibat yang ditimbulkan saat anak-anak beraktivitas pasif yaitu kehilangan kesempatan emas untuk tumbuh dan berkembang. Baik kemampuan kognitif hingga psikomotorik yang sangat penting guna proses belajar dan tumbuh kembang anak.

Sahabat Inspiratips, daripada tontonan TV, ayo dukung stimulasi serta imajinasi anak-anak melalui permainan Lego Indonesia. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika anak bermain lego. Simak berikut ini. 

Anak bisa berlatih membangun cerita

Permainan lego bisa digunakan sebagai perlengkapan membangun cerita. Anda bisa mengasah kemampuan psikomotorik anak dengan menyusun beragam bentuk lego, seperti bangunan rumah, sekolah, orang, hingga mobil untuk mendukung jalan cerita.

Anda bisa membiarkan anak mengarang dan membangun ceritanya sendiri sehingga daya imajinasi anak berkembang. Menyusun lego juga membantu anak dalam mengasah kemampuan memori dan atensi. 

Anak bisa membuat bentuk favoritnya

Anak bisa mengasah daya imajinasi dengan bermain lego. Biarkan anak membangun beragam bentuk yang diinginkan. Mulai dari bangunan tinggi, kendaraan, dan lain sebagainya.

Anda bisa melakukan stimulasi dengan mengasah bahasa anak. Ajukan pertanyaan mengenai apa yang dibuat anak, warna yang digunakan. 

Anak bisa menggunakan tema tertentu

Saat anak bermain lego, mereka bisa menggunakan tema-tema tertentu. Seperti contohnya tema peternakan dengan kandang dan hewan ternak, benteng tinggi besar dengan istana kuda di dalamnya, hingga kebun binatang dengan hewan-hewan di dalamnya.

Anda bisa mendukung stimulasi anak dengan menjelaskan kegiatan di peternakan. Anda juga bisa menjelaskan hewan yang ada di kebun binatang. Silakan jawab pertanyaan anak dengan bijak disesuaikan dengan tahapan usia anak. Supaya kata-kata Anda dengan mudah dipahami anak. 

Anak bisa mewujudkan cita-cita

Bermain lego bisa mewujudkan cita-cita anak. Contohnya anak ingin menjadi pilot. Dengan bermain lego bisa membangun alat transportasi udara menggunakan komponen lego yang dirancang sesuai kreativitas dan imajinasi anak. Atau misalnya anak ingin menjadi koki.

Lego bisa dimanfaatkan untuk membangun restoren yang dilengkapi beragam fasilitas canggih menggunakan komponen lego. Anda bisa mengasah imajinasi anak dengan memfasilitasi dan memberi kesempatan anak bermain lego. 

Rekomendasi Lego untuk Anak

Lego Block Classic Classics

Lego Block Classic Classics Kw bisa Anda jadikan pilihan untuk anak. Lego ini berisi 67 pcs kotak hijau, 80 pcs kota biru, 57 pcs kotak merah, dan 65 pcs kotak kuning. Mainan seru Lego Indonesia ini bisa dimainkan bersama-sama. Beragam bentuk bisa dibuat menggunakan lego ini.

Lego Von Nebula Hero Star Soldier

Lego Decool 9366 Von Nebula Hero Star Soldier 4 5 6 merupakan permainan menyenangkan untuk anak tersayang. Lego yang satu ini terbuat dari material bahan ABS plastik. Produk lego ini berisi 1 buah robot yang dapat dirangkai. Hasil rancangan yang sudah selesai bisa dijadikan pajangan indah di kamar anak maupun ruang tamu. Namun untuk membangun lego ini diperlukan ketelitian. 

Lego Kw Cities Bela

Lego Cities Bela10654 mempunyai 1600 pcs lego dengan aneka warna yang menarik. Anda bersama anak bisa melakukan kreasi dengan membuat aneka bentuk yang menarik. Imajinasi anak akan berkembang ketika bermain lego. Anda bisa mengasah kreativitas dengan permainan lego ini. Lego jenis ini cocok digunakan untuk anak usia di atas 4 tahun.

Post a Comment for "Asah Kemampuan Bermain Peran dan Imajinatif Anak Lewat Permainan Lego"