Kelas Menulis Gratis! Dapatkan Penghasilan 5 Juta Per Bulan dari Menulis

Source: Pelajar IT

Penghasilan tambahan dari menulis bisa sampai 5 juta per bulan, serius? Ya, saya serius! Dua rius deh kalau perlu. Saya sedang tidak mengumbar dusta, karena saya sendiri yang mengalaminya. Nah, pada artikel kali ini, saya akan bagikan pengalaman saya mendapatkan 5 juta per bulan dari menulis.

Sebelum menguraikan penjelasan mengenai cara mendapatkan penghasilan tambahan dari menulis, saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu. Tak kenal, maka ta’aruf kan? Biar sayang.

Baiklah, Anda bisa memanggil saya Alfarina. Saya tinggal di Kota Blitar, Jawa Timur. Aktivitas keseharian saya sebagai seorang ibu dari dua anak dan juga guru honorer. 

Sebagai guru honorer, maka Anda tak perlu menanyakan berapa gaji saya. Sudah bisa ditebak, bukan? Berkisar 200 ribuan saja per bulannya. Miris? Ya, begitulah. Dan sebab itulah saya akhirnya memutar otak, bagaimana caranya saya bisa dapat penghasilan tambahan tuk menghidupi keluarga. Akhirnya, saya menemukannya dari kegiatan menulis.

Saya tak ingin terlalu panjang memberikan prolog seputar menulis, itu hanya bikin pusing. Singkatnya, dari menulis ini, saya bisa mendapatkan penghasilan tambahan 5 juta per bulan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, saya membuka kelas menulis yang bisa yang bisa anda ikuti secara gratis, spesial dan eksklusif di blog Inspiratips.my.id ini. 

Bagaimana Caranya Dapat Uang Dari Menulis?
Caranya gampang, yaitu menulislah! Setelah itu, kirimkan ke media massa, baik cetak (koran, majalah, dll) maupun online. Pembaca yang budiman, jika media cetak dirasa cukup sulit, maka media online bisa Anda coba karena peluangnya terbilang besar.

Media online yang membayar penulis atau kontributor antara lain Mojok.co, Geotimes, dan Mongabay. Bagi tulisan Anda yang lolos dapur redaksi, maka Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan berkisar 250 ribu per tulisannya. Hanya saja, tulisan Anda memang harus benar-benar matang, update, dan menarik tuk dibaca.

Tentu, bagi penulis pemula, tembus media massa nasional tidaklah mudah, meskipun tidak mustahil. Akan tetapi, kelas menulis yang ingin saya bagikan bukan tuk menembus media nasional, tetapi menjadi penulis otonom. Dengan demikian, tulisan Anda tetap bisa menghasilkan profit meskipun tidak tembus media massa nasional.

Baca juga: Dapatkan 1 Miliar Pertama Anda Dengan Pola X10

Nama kegiatan menulis ini, sebut saja ‘Penulis Artikel Lepas’. Kegiatan utamanya, yakni menulis artikel sesuai pesanan orang-orang. Memang siapa yang mau pesan tulisan? Eh jangan salah! Hanya dari Blogger saja, Anda bisa mendapatkan banyak orderan tulisan loh. Belum lagi dari Agen SEO, pun para guru.

Saya sendiri kerap mendapatkan order tulisan artikel dari para Blogger. Artikel yang diorder beragam, ada yang tentang kesehatan, teknologi, traveling, dan lain-lain. Cukup menulis 500 kata (dengan pengerjaan 15 – 30 menit) saya mendapatkan honor 15 ribu per tulisan. Eh, meski kelihatan kecil, coba deh hitung kelipatannya. Rata-rata, dalam sehari, saya bisa mengerjakan 15 – 25 artikel. Jika 1 artikel dihargai 15 ribu, maka rutin mengerjakan 15 artikel per hari, sebulan Anda bisa mendapatkan penghasilan hingga 5 juta lebih.

Tapi, kalau ada yang pesan artikel sedangkan saya tidak paham topik yang dipesan, bagaimana? Ada Google, kan? Ngapain bingung. Anda bisa searching topik artikel di Google, lalu mengetiknya ulang dengan redaksi yang berbeda. Ingat! Jangan copy paste. Karena syarat menjadi penulis artikel, Anda harus lolog uji plagiasi, setidaknya 90%.

Nah, bagi Anda yang memang tertarik mencoba, Anda bisa mengikuti kelas menulis secara cuma-cuma di blog ini. Caranya, Anda bisa memberikan pertanyaan atau konsultasi melalui kolom komentar. Akan saya temani belajar hingga paham dan berhasil mendapatkan penghasilan pertama Anda melalui menulis. 

Persiapan Sebelum Menulis
Sebelum Anda praktik menulis dan mendapatkan penghasilan dari menulis, ada beberapa persiapan yang perlu disiapkan. Dari persiapan inilah, proses menulis Anda akan lancar. 

Laptop
Perlengkapan wajib menulis yang perlu Anda siapkan pertama kali ialah Laptop. Tentu, Anda hanya akan menulis di perangkat jenis desktop ini, karena menulis via Handphone akan sangat sulit, dan berpotensi typo atau salah ketik. Maka, bagi Anda yang sudah memiliki laptop, satu langkah sudah terpenuhi. Toh, bagi Anda yang tak memiliki, baiklah, Anda bisa menulis di Handphone, tetapi Anda perlu sabar dan telaten. 

Akses Internet
Setiap orang pasti memiliki penguasaan di bidang tertentu, tidak semuanya dikuasai. Nah, dengan akses internet, bagi Anda yang mendapatkan order artikel tetapi tidak memiliki pengetahuan tentang topik yang diminta, maka Anda bisa browsing di internet. Polanya sebagaimana saya jelaskan di atas, yakni menulis ulang dengan redaksi yang berbeda. 

Waktu Luang
Selain dua poin di atas, tentu saja Anda perlu waktu luang untuk menulis. Setidaknya, jika aktivitas Anda cukup padat, Anda tetap bisa mengatur waktu beberapa jam untuk menulis. Karena jangan sampai Anda menggabungkan proses menulis dengan pekerjaan utama. Misalnya, mengajar di kelas sambil menulis artikel. Tentu itu tidak elok untuk dilakukan.

Baca juga: Tips Meningkatkan Penjualan PPOB Tanpa Loket Fisik

KBBI dan EYD
Poin keempat ini sekaligus menjadi poin paling penting. Agar tulisan Anda enak dibaca dan laku dijual, Anda perlu menguasai KBBI (kosa kata) dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Dengan penguasaan KBBI, Anda bisa melakukan proses menulis ulang sangat mudah karena bekal kosa kata yang beragam. Dan tulisan Anda akan enak dibaca ketika Anda menerapkan EYD dengan baik.

Nah sahabat, demikianlah pembahasan seputar kelas menulis yang bisa saja sajikan. Selanjutnya, bagi Anda yang benar-benar tertarik mengikuti kelas ini, kita bisa sharing melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat. ^_^

Post a Comment for "Kelas Menulis Gratis! Dapatkan Penghasilan 5 Juta Per Bulan dari Menulis"

List Blog Keren Rajabacklink