Tak Usah Panik, Ini Cara Alami Menyembuhkan Diare Anak

cara alami mengatasi diare pada anak

Inspiratips - Orang yang mengalami diare akan sering bolak-balik ke kamar mandi. Sensasi perut yang mulas dan anus yang terasa terbakar karena buang air terus menerus, membuat banyak orang tidak nyaman. Diare pada anak akan menyebabkannya menjadi rewel sepanjang hari.

Diare ini bisa disembuhkan dengan melakukan perawatan rumahan. Dilansir dari Ekspresia, berikut cara alami yang bisa Bunda praktikan untuk menyembuhkan diare pada buah hatinya. Simak dengan baik-baik ya, Bun!

Air Putih Hangat

Air memiliki peran yang penting dalam membantu pencernaan makanan dengan efisien. Diare pada anak dapat menyebabkan anak dehidrasi sehingga pencernaaan terganggu.

Bunda bisa mengganti cairan tubuh yang hilang karena diare dengan memberikan air putih pada anak. Air putih lebih baik dalam kondisi yang hangat untuk membuat perut lebih nyaman.

Jahe

Rempah alami ini dapat membantu masalah sakit perut dan gangguang pencernaan. Jahe memiliki kandungan berupa gingerol dan shogaol yang berfungsi untuk membantu mempercepat kontraksi perut. Oleh sebab itu, makanan yang menyebabkan sakit perut akan segera turun lebih cepat, serta menjadi cara alami mengatasi diare pada anak.

Nutrisi pada jahe juga membantu mengurangi rasa mual, muntah, dan diare anak. Bunda bisa mencampurkan jahe ke makanan atau minuman anak ketika diare.

Mint

Mint dapat membantu menyegarkan bau nafas. Selain itu, menthol pada mint juga bisa berfungsi untuk mencegah muntah ketika diare, mengurangi kejang otot usus, dan menghilangkan rasa sakit.

Di malam hari, kemungkinan anak akan menangis karena rasa mulas yang dirasakannya. Bunda bisa memberikan permen mint pada anak untuk mengurangi rasa tidak nyaman karena mulas.

Kayu Manis

Antioksidan yang terkandung dalam kayu manis memiliki fungsi untuk memperlancar pencernaan dan mengurangi risiko kerusakan pada saluran pencernaan. Kayu manis mempunyai beberapa senyawa antioksidan, seperti eugenol, sinamal dehida, linalool, dan kamper.

Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu mengurangi gas, kembung, kram dan sendawa. Serta, dapat menetralkan asam lambung sehingga mengurangi mulas dan gangguan pencernaan. Bunda bisa menambahkan 1 sendok teh bubuk kayu manis ke dalam makanan anak atau teh. Lakukan hal ini 2-3 kali sehari.

Cengkeh

Kandungan dalam cengkeh dapat mengurangi gas dalam perut dan meningkatkan sekresi lambung. Rempah yang satu ini juga mampu mempercepat pencernaan dan mengurangi kram perut. 

Bunda bisa mencampur 1-2 sendok teh bubuk cengkeh dengan 1 sendok teh madu ke dalam air hangat, lalu berikan pada anak sebelum tidur.

Demikianlah informasi mengenai cara alami mengatasi diare pada anak yang bisa Bunda coba. Bahan alami tersebut sangat aman untuk anak-anak. Apabila kondisi buah hati Bunda belum membaik. Alangkah baiknya, segera menghubungi dokter anak untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Tak Usah Panik, Ini Cara Alami Menyembuhkan Diare Anak"