Si Kecil Sedang Sakit, Kapan Harus Ke Dokter Spesialis Anak?

dokter anak blitar

Inspiratips - Anak rentan sekali terkenal penyakit karena daya imunitasnya belum terbentuk dengan baik. Ada beberapa penyakit anak yang tidak membutuhkan penangangan lebih lanjut ke dokter anak. Namun, bukan berarti Bunda bisa menganggap sepele gangguan kesehatan yang si kecil alami.

Ada beberapa penyakit yang mampu memberikan gejala berat pada anak. Kondisi inilah yang memerlukan penanganan lebih lanjut oleh dokter agar bisa teratasi dengan tepat dan cepat. Berikut ini beberapa tanda atau waktu di mana kapan harus ke dokter spesialis anak di Blitar untuk memeriksakan penyakit yang dialami oleh si kecil. Simak baik-baik, ya! 

Demam Tinggi Lebih dari 3 Hari

Jika si kecil demam, segera bawa dia ke dokter anak terlebih kalau kondisi tersebut terjadi pada anak yang baru saja lahir atau masih berusia di bawah 2 bulan.

Terlepas dari usianya, anak yang mengalami demam kurang dari 39 derajat celcius atau lebih dan berlangsung selama lebih dari tiga hari, harus segera Bunda bawa berobat ke dokter spesialis anak. 

Mata Merah

Mata merah yang dialami bayi baru lahir bisa jadi karena ada pembuluh darah yang pecah. Sebenarnya, kondisi semacam ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 1 hingga 2 minggu.

Kapan harus ke dokter spesialis anak? Bunda wajib membawa si kecil untuk berobat ke tenaga medis, apalagi kondisi tersebut tidak kunjung membaik setelah melewati durasi waktu 2 minggu. 

Muntah Terus-Menerus

Ketika anak sering muntah secara tiba-tiba, maka Bunda perlu membawanya ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Terlebih, jika anak muntah terus-menerus dan banyak, serta disertai darah, keluar cairan berwarna kuning atau kehijauan.

Kondisi lainnya yang perlu Bunda perhatikan adalah anak jadi tidak mau makan dan minum serta tubuhnya semakin lemas. 

Pilek yang Berlangsung Lama

Melansir dari salah satu riset kesehatan, Bunda harus segera membawa anak untuk pemeriksaan lebih lanjut ke dokter anak, jika si kecil mengalami pilek yang telah berlangsung selama 10 hingga 14 hari.

Terlebih jika pilek anak disertai dengan keluarnya lendir secara terus-menerus dan mengganggu sistem pernapasannya. Bunda sama sekali tidak boleh menyepelekan kondisi semacam ini. 

Perubahan Nafsu Makan

Nafsu makan anak memang tidak bisa diprediksi, namun jika terjadi secara tiba-tiba kemungkinan itu merupakan suatu tanda dari penyakit tertentu.

Bunda harus segera membawa anak ke dokter tanpa harus bertanya-tanya kapan harus ke dokter anak Blitar, terlebih jika bayi menolak untuk menyusu. 

Sulit Bernapas

Apabila Bunda mempynyai anak berusia 2 bulan hingga 1 tahun yang bernapas dengan sangat cepat, serta disertai perubahan warna kulit menjadi pucat atau kebiruan, maka jangan tunda untuk membawa si kecil ke dokter anak agar mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Post a Comment for "Si Kecil Sedang Sakit, Kapan Harus Ke Dokter Spesialis Anak?"