Perlu Waspada, Ini Tanda-Tanda Kamu Sedang Insecure

ini tanda-tanda kamu sedang insecure

Inspiratips - Insecure merupakan perasaan yang menilai dirinya tidak cukup baik. Perasaan semacam ini dapat mendorong kamu kehilangan kesempatan meraih kebahagiaan dan menghambat diri untuk berkembang. Insecure membentuk pribadi yang tidak percaya diri bertemu banyak orang.

Orang dengan perasaan insecure akan merasa lebih rendah daripada orang lain, sehingga mereka menarik diri dari pergaulan. Banyak orang kurang menyadari bahwa dirinya sedang merasakan insecure.

Sehingga, mereka tidak bisa mengatasi masalah ketidaknyamanan ini dengan tepat. Oleh sebab itu, artikel ini akan mengulik mengenai gejala atau tanda-tanda orang insecure yang melansir dari Riki Yasan Blog. Berikut ini tanda-tandanya.

Terlalu Fokus Pada Kekurangan Diri

Manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna. Setiap orang pasti punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tetapi, tidak semua orang dapat berpikir bijak seperti itu. Mereka cenderung menyalahkan dan tidak bisa menerima kenyataan tersebut. Tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk fokus pada kekurangan pada diri mereka.

Kebiasaan ini dapat memicu sikap mengkritik dan mengoreksi diri sendiri secara berlebihan. Kritikan yang tidak terkontrol akan menimbulkan rasa insecure karena perasaaan yang terlalu khawatir dengan berbagai kekurangannya. Terkadang hal ini juga menyebabkan seseorang jadi kurang semangat bekerja.

Suka Membual

Orang yang sedang insecure akan merasa tidak percaya diri. Mereka sering kali memberi bualan secara berlebihan untuk memamerkan capain yang sudah pernah mereka raih. Hal ini mereka lakukan untuk menyakinkan diri sendiri bahwa mereka memang baik.

Selain itu, bualan ini juga memiliki tujuan untuk mendapat perhatian dari orang lain. Mereka berharap orang lain melihat kelebihan dan kesuksesannya.

Mempunyai Standar Tinggi

Orang dengan gejala insecure akan terdorong untuk mempunyai standar yang tinggi. Hal ini bertujuan untuk membuktikan bahwa mereka layak dan sedang berjuang mencapai kesempurnaan. 

Dengan standar yang tinggi, namun tidak realistis akan membuat mereka semakin kecewa karena tidak mampu mencapai tujuannya.

Tidak Pernah Puas

Seseorang yang mengalami insecure selalu merasa tidak pernah puas. Meskipun mereka sering membuat bualan mengenai kesuksesannya, mereka akan tetap selalu ingin mendapatkan yang lebih dan lebih. 

Hal ini menggambarkan bahwa mereka kurang bahagia dengan diri sendiri dan mereka mencari kebahagiaan di luar dunia mereka.

Menjatuhkan Orang Lain

Sebagai usaha untuk membuat dirinya semakin terlihat lebih baik. Mereka yang kurang percaya diri akan menjatuhkan orang lain. 

Orang yang mengalami insecure akan menunjukkan kekurangan diri sendiri. Tetapi, kekurangan yang mereka ceritakan pastinya akan terlihat lebih unggul dari kekurangan orang lain.

Mudah Tersinggung

Saat orang membiarkan rasa insecure menguasai dirinya. Maka, orang tersebut tidak akan mampu menangani berbagai komentar atau guyonan yang bersifat sarkas. Mereka akan selalu menilai semua hal secara pribadi dan selalu mudah terpengaruh dengan perkataan orang lain. Hal ini karena mereka mengganggap dirinya adalah orang yang tidak berharga.

Perasaan semacam ini akan mendorong orang melakukan hal-hal yang di luar kemampuannya. Bisa jadi hal yang negatif ataupun positif. Akan lebih berbahaya lagi jika hal ini terjadi pada pasangan yang telah menikah karena tidak adanya komunikasi yang baik.

Ingat ya sobat, setiap orang memiliki kekurangan masing-masing. Kamu hanya perlu memilih dan memilah mana yang baik untuk kamu lakukan dan mana yang tidak.

Nah, itulah beberapa tanda-tanda orang insecure. Apakah ada gejala di atas yang sedang kamu rasakan saat ini? Jika iya, segera temukan solusi untuk meredakan rasa insecure-mu. Jika kamu tidak mampu mengatasinya secara mandiri. Kamu bisa menghubungi ahli seperti psikolog atau psikiater untuk menangani masalahmu dengan tepat. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Perlu Waspada, Ini Tanda-Tanda Kamu Sedang Insecure"