Wajib Tahu! Begini Tips Mengajari Anak Mengaji dengan Benar

tips mengajari anak mengaji

Inspiratips - Pasti Ayah Bunda akan merasa sangat bangga jika buah hatinya bisa khatam Al-Qur`an sejak dini, bukan? Nah, agar anak bisa segera khatam, Ayah Bunda harus mengenalkan dan mengajarkan mengaji Iqro` sedari kecil.

Lalu, bagaimana jika anak susah diajari? Tenang saja, kita akan mengulas tips mengajari anak mengaji. Simak penjelasan berikut ini ya, Ayah Bunda!

Mengenalkan Huruf Hijaiyah

Ayah Bunda tidak perlu bingung cara mengenalkan huruf hijaiyah pada buah hati. Karena sejatinya, belajar huruf ini sama seperti belajar mengenal huruf alfabet. Menurut Alero Design, para orang tua sebenarnya dapat melatihnya sejak anak berusia 3-4 tahun.

Banyak cara yang bisa Ayah Bunda terapkan untuk mengenalkan anak pada huruf hijaiyah ini. Orang tua bisa mencari referensinya dengan melihat Youtube. Salah satu teknik pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan bernyanyi. Dengan rutin melatih buah hati, maka mereka akan lebih cepat menghafal.

Mengulang Huruf Hijaiyah Setiap Hari

Lagu mengeni huruf hijaiyah yang diputar setiap hari akan membuat anak semakin mudah mengahafalnya. Ayah Bunda harus tetap merasa happy, jika buah hatinya meminta lagu tersebut terus diputar. Ini tandanya, si Kecil menyukai cara ini.

Apabila, Ayah Bunda merasa bahwa anak mulai hafal, orang tua bisa melakukan minitest. Tes ini untuk menguji ingatan buah hati tentang huruf hijaiyah. Dengan bermain games seperti ini, anak akan merasa belajar itu seru dan menyenangkan.

Memberi Visual Terhadap Huruf Hijaiyah

Cara ini sudah banyak dilakukan oleh para ustadz dan ustadzah untuk mengajari muridnya mengaji. Sebenarnya, Ayah Bunda bisa menerapkan teknik ini juga untuk meningkatkan daya ingat si Kecil, lho. Misalnya, huruf alif mirip dengan bentuk tongkat, huruf ba seperti bentuk perahu, dan huruf tsa menyerupai perahu dengan tiga orang penumpang.

Pastinya, dengan metode ini, anak akan lebih jauh mudah menghafalnya. Si Kecil akan berimajinasi dan mengaitkan huruf-huruf hijaiyah dengan objek yang menyerupainya.

Belajar dengan Bernyanyi

Lagu-lagu mengenai huruf hijaiyah sangat mudah ditemui di kanal Youtube. Ayah Bunda tinggal pilih mau yang nuansa seperti apa. Saat ini, anak-anak sedang suka dengan film animasi religi bernama Nusa Rara. Para Bunda bisa mengunduh lagu Nusa Rara yang berjudul Huruf Hijaiyah.

Iramanya sangat enak dan pastinya buah hati Anda akan senang mendengarkannya. Atau bisa juga mengenalkan lagu tentang huruf hijaiyah ketika masih dalam kandungan, sebab manfaat musik bagi ibu hamil dan janin sangatlah berdampak pada tumbuh kembang anak nantinya.

Mengikuti Les Mengaji

Ayah Bunda juga bisa mendaftarkan buah hatinya ke Taman Pengajian Anak atau TPA. Di tempat tersebut, si Kecil bisa belajar bersama teman-temannya. Hal ini bisa menjadi solusi alternatif jika orang tua belum bisa mengajari buah hatinya secara langsung.

Nah, itu beberapa tips mengajari anak mengaji yang bisa Ayah Bunda lakukan untuk membantu buah hatinya belajar Iqro` dengan benar. Mari mengajari anak huruf hijaiyah sedini mungkin. Agar kelak anak bisa menjadi Hafidz Qur`an masa depan. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Wajib Tahu! Begini Tips Mengajari Anak Mengaji dengan Benar"