Yuk Praktikkan! Berikut Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

cara jitu meningkatkan konsentrasi dan fokus

Inspiratips - Seringkali, kita merasa kesulitan fokus pada pekerjaan yang harus yang sedang kita kerjakan. Pikiran kemana-kemana, rasa khawatir yang terlalu berlebihan, atau hal lain dapat membuat kamu tidak bisa tenang dan berkonsentrasi terhadap tugas atau pekerjaan kita.

Melansir dari Faktalogi, berikut ini ada beberapa cara meningkatkan konsentrasi atau fokus pada saat bekerja. Simak dengan baik-baik ya!

Membuat Rencana

Mulai saat ini, kamu harus belajar menyusun rencana mengenai apa yang ingin kamu lakukan. Cara tersebut dapat mendorongmu menyelesaikan tugas dengan baik, karena kamu sudah memiliki tujuan khusus dalam pikiranmu.

Buatlah daftar tugasmu dan jabarkan rentang waktu untuk berbagai kegiatanmu. Konsentrasimu akan meningkat dengan sendirinya saat otak mengerti seberapa banyak yang harus kamu selesaikan.

Tidur yang cukup

Tubuhmu sangat membutuhkan waktu untuk beristirahat, minimal 7 jam per hari. Ketika kamu tidur, tubuh akan re-charge sehingga sel-sel yang rusah akan pulih dan rasa capekmu bisa segera menghilang. Sehingga, kamu bisa semangat bekerja keesokan harinya.

Agar tidurmu berkualitas, kamu bisa melakukan olahraga ringan dan melanjutkannya dengan membuat pikiran nyaman sebelum tidur. Kamu bisa membayangkan hal-hal seru yang akan kamu lakukan besok dan tutup hari ini dengan membaca doa.

Melakukan meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara untuk membuat otak lebih stabil. Konsep melakukan meditasi adalah dengan memfokuskan pikiran pada suatu hal tertentu, bukan mengosongkan pikiran.

Dengan melakukan meditasi seperti berdoa, sholat, atau olahraga yoga, aliran darahmu akan menjadi lebih lancar.

Melakukan pola hidup sehat

Pola hidup sehat bisa menunjang fokus maupun konsentrasi. Hal ini karena aliran darah menuju ke otak semakin lancar sehingga daya konsentrasi seseorang akan semakin baik. Kamu bisa memulai pola hidup sehat dengan tidur yang cukup, berolahraga, dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Beristirahat sejenak dari sosial media

Sosial media mampu mengacaukan otakmu. Saat kamu melihat postingan teman di media sosial, seperti instagram, facebook, atau platform lain, maka akan terlintas hal-hal yang tidak penting di otakmu. Tentu hal ini tidak baik untuk kesehatan psikismu.

Istirahatkan otakmu sejenak dari sosial media. Simpan gawaimu agar kamu bisa kembali fokus dan konsentrasi dengan apa yang ingin kamu selesaikan.

Mengerjakan satu per satu pekerjaan Anda

Alangkah baiknya, kamu menyelesaikan satu pekerjaan dulu. Lalu, ketika sudah selesai pekerjaan tersebut, kamu bisa beralih mengerjakan pekerjaan yang lainnya. Hal ini akan membuat hasil pekerjaanmu menjadi lebih maksimal.

Jangan biasakan dirimu menjadi seorang yang multitasking. Karena, hal tersebut dapat membuat fokus dan konsentrasimu akan terpecah-pecah sehingga banyak pekerjaanmu yang tidak terselesaikan.

Selalu berpikir positif

Pikiran kita memiliki dampak yang besar pada kehidupan sehari-hari. Saat kamu berpikir dengan positif, semua kegiatanmu akan lebih terarah dan fokus hanya pada tujuanmu saja.

Sebaliknya, jika kamu lebih sering memikirkan hal-hal dengan negatif atau insecure, maka pola pikir itu akan merusak dan memperburuk pekerjaanmu. Akhirnya, hasil kinerjamu tidak optimal. Kamu harus percaya dengan kemampuan yang telah kamu punya dan selalu jaga emosimu supaya tetap stabil.

Mendengarkan musik

Dengarkanlah musik yang bernuansa lembut dengan volume rendah secara berulang-ulang. Kamu bisa memilih musik tanpa lirik. Musik dapat membuat pikiranmu menjadi lebih tenang.

Ketika sibuk bekerja, luangkan waktu sebentar untuk mendengarkan musik yang menyenangkan dan mampu memberi energi positif untukmu.

Hindari semua hal yang bisa mengganggu fokus maupun konsetrasimu. Cobalah mempraktikan beberapa cara meningkatkan konsentrasi di atas. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Yuk Praktikkan! Berikut Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus"