Siswa Wajib Tahu! Inilah Tips Agar Bisa Lolos UTBK-SBMPTN 2022

tips lolos UTBK SBMPTN 2022

Inspiratips - Tanggal 29 Maret lalu menjadi hari pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Sebanyak 491.406 siswa kelas 12 dinyatakan tidak lolos, namun bukan berarti itu akhir dari segalanya. Masih ada jalur lain yang bisa kita manfaatkan.

Melansir dari Analisa Kata, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membuka pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022 mulai tanggal 23 Maret – 15 April 2022 mendatang.

Tentunya, kita perlu melakukan segala persiapan yang matang agar bisa menghadapi ujian dengan lancar. Nah, apa saja tips lolos UTBK SBMPTN tahun ini? Yuk langsung kita simak ulasannya!

Pahami Konsep dan Perbanyak Latihan Soal

Soal-soal UTBK dari tahun ke tahun mempunyai pola yang tidak terlalu jauh berbeda. Semakin kita sering bertemu soal latihan, maka semakin kenal kita pada pola yang sering muncul pada ujian.

Selain memperbanyak latihan soal, kita juga harus mencermati materi ujian. Pelajari materi dan soal-soal yang mudah terlebih dahulu, kemudian beranjak pada materi yang lebih sulit. Terlebih jika kita ingin lintas jurusan di UTBK 2022 dengan mengambil kelompok ujian IPC.

Satu hal yang perlu diingat, kita harus disiplin dalam mengatur waktu serta fokus menjelang UTBK. Butuh komitmen yang tinggi untuk mematuhi jadwal yang telah kita buat untuk mempersiapkan UTBK, seperti memahami konsep materi dan juga berlatih soal-soal UTBK.

Rajin Ikut Try Out

Selain mengikuti try out yang diadakan sekolah, sebaiknya kita juga mengikuti try out secara online sebagai salah satu tips lolos UTBK SBMPTN. Usahakan untuk mengikuti setiap try out yang ada, tetapi sesuaikan dengan jadwal kita juga.

Sudah banyak penyelenggara atau aplikasi online try out yang bisa membantu kita. Dengan rutin ikut try out, membuat kita akrab dengan soal-soal ujian dan juga terbiasa dengan suasana ujian.

Cari Informasi Sebanyak dan Sedetail Mungkin Tentang UTBK 2022

Kita juga perlu mencari tahu informasi tentang UTBK. Sebab, ujian masuk PTN bisa berbeda setiap tahunnya. Dalam banyak aspek, UTBK 2020 berbeda dari UTBK 2019. Selain kelompok ujian dan mata uji, jadwal serta sesi ujian pada penyelenggaraan UTBK di tahun 2020 dan 2019 juga berbeda.

Namun, umumnya memang registrasi hingga pengumuman ujian masuk PTN setiap tahunnya selalu berbeda. Jangan lupa memperhatikan dokumen apa saja yang kita perlukan, baik untuk pendaftaran maupun selama pelaksanaan ujian. Pastikan jangan teledor dalam menyiapkan hal-hal teknis yang cukup detail semacam ini, ya.

Pantau Peluang pada Jurusan dan PTN Incaran

Terakhir, tips lolos UTBK SBMPTN 2022 ialah memantau segala sesuatu tentang jurusan dan PTN yang kita incar. Tak hanya mencari tahu skor rerata yang lolos SBMPTN di tahun sebelumnya. Kita juga perlu mengorek informasi terkait berapa banyak kuota mahahasiswa baru yang tersedia, berapa jumlah peminatnya dan juga berapa yang akan diterima.

Jika perlu, kita bisa memetakan persaingan masuk perguruan tinggi negeri dengan lebih matang lagi. Misalnya, dengan melihat tren tiap tahun pada jurusan tertentu di suatu PTN. Jurusan atau prodi pilihan pertama kita di SBMPTN layak mendapatkan prioritas riset ini. Bisa juga dengan membandingkan jurusan-jurusan di PTN lain untuk mempertimbangkan mana yang terbaik untuk diri kita sendiri.

Jangan langsung insecure ketika jurusan pilihan kita memiliki banyak peminat. Setidaknya kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk lolos ujian masuk PTN ini.

Itulah beberapa tips yang bisa kita praktekkan agar bisa lolos UTBK SBMPTN tahun 2022 ini. Tetap semangat dan jangan pantang menyerah, ya! Semoga ulasan ini bermanfaat untuk kita semua!

Post a Comment for "Siswa Wajib Tahu! Inilah Tips Agar Bisa Lolos UTBK-SBMPTN 2022"