5 Penyebab Tangan Kesemutan yang Jarang Disadari

tangan kesemutan

Jangan sepelekan penyebab tangan kesemutan. Sebab, tangan yang kerapkali kesemutan bisa jadi merupakan suatu tanda gangguan kesehatan yang serius. Memang terlihat sepele, namun tahukah bahwa hal tersebut bisa saja menandakan adanya gangguan kerusakan saraf.

Selain tanda kesehatan yang terganggu, penyebab lain dari tangan kesemutan ialah efek samping pada pengobatan tertentu atau mungkin karena cedera. Biasanya, kondisi tangan yang sering kesemutan ini dirasakan oleh beberapa orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu.

Dalam dunia medis, istilah tangan kesemutan yang terjadi secara berkala dan berkelanjutan disebut sebagai paresthesia jari dalam, biasanya hal tersebut terjadi akibat gangguan pembuluh darah ataupun saraf pada bagian tubuh. Oleh karena itu, kita perlu mengenal dan memahami beberapa faktor penyebab terjadinya kesemutan pada tangan agar mengetahui bagaimana proses penyembuhannya. 

Yukk Ketahui 5 Penyebab Tangan Kesemutan

Berikut ini merupakan 5 penyebab tangan kesemutan yang telah artikel ini rangkum dari berbagai sumber. Yuk langsung simak pembahasannya! 

Kerusakan Saraf

Tangan yang sering terasa kesemutan mungkin saja merupakan pertanda adanya kerusakan saraf, yang disebabkan beberapa faktor seperti cedera infeksi atau penggunaan tangan secara berlebihan. Kesemutan pada tangan yang terjadi dalam waktu jangka panjang dapat terjadi karena kerusakan saraf yang bukan hanya terletak di tangan.

Sistem saraf yang rusak mengakibatkan area saraf tersebut mengalami kesemutan. Sejumlah penyakit yang mempunyai potensi membuat tangan kesemutan adalah multiple sclerosis, stroke hingga tumor otak. Kondisi tersebut memang bisa terjadi dengan serius, namun masih jarang kasus-kasus seperti itu terjadi. 

Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin dalam tubuh juga menjadi penyebab tangan sering mengalami kesemutan. Vitamin yang penting dalam bertugas menjaga sistem saraf yang ada di dalam tubuh adalah vitamin B. Maka, apabila seseorang kekurangan vitamin ini bisa mengalami beberapa gangguan, salah satunya adalah kesemutan.

Jika gangguan kesemutan terjadi pada kedua tangan, hal ini akibat dari tubuh yang kekurangan vitamin B12. Kita yang kekurangan vitamin B12 juga bisa menjadi tidak bersemangat, letih, lesu, lelah, dan anemia. 

Diabetes

Selanjutnya, penyebab tangan kesemutan adalah diabetes. Kondisi ini terjadi karena kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes sangat tinggi, sehingga menjadi toksin yang menyebabkan pengidap mengalami kesemutan di bagian tangan hingga kaki.

Selain itu, penderita diabetes juga memiliki risiko terserang gejala lain seperti kebas dan kram. 

Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid Arthritis juga menjadi salah satu penyebab tangan sering kesemutan. Sensasi tangan yang kesemutan biasanya lebih terasa di malam hari.

Selain tangan kesemutan, Rheumatoid Arthritis mempunyai gejala lain yang muncul di tangan, yaitu sendi tangan serta jari-jari yang menjadi hangat. Bentuk sendi yang terlihat cacat yang disertai nyeri atau kekakuan ketika bangun tidur yang bahkan bisa terjadi selama satu jam lebih. 

Aktivitas Tertentu

Bukan hanya karena masalah atau adanya gangguan kesehatan dalam tubuh, beberapa kegiatan dan kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari ternyata dapat menjadi salah satu faktor penyebab tangan yang kesemutan. Tangan yang kesemutan dapat terjadi kapan saja.

Contohnya, jika kita terlalu sering melakukan gerakan berulang-ulang seperti menulis, mengetik, mengangkat barang, penggunaan gadget berlebihan, atau hal lain yang dapat memicu kondisi kesemutan pada tangan.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai tangan kesemutan dan juga faktor-faktor penyebabnya. Semoga artikel ini dapat menjadi wawasan baru serta memberikan manfaat, ya!

Post a Comment for "5 Penyebab Tangan Kesemutan yang Jarang Disadari "

List Blog Keren Rajabacklink