Apa Daya Tarik Dari Tugu Muda Semarang? Cari Tahu Jawabannya Dibawah Ini

Daya Tarik dari Tugu Muda SemarangSource:https://www.kompas.com/stori/read/2022/02/10/130000779/sejarah-tugu-muda-semarang

Setiap kota biasanya memiliki ikon yang menjadi magnet untuk menarik banyak orang dari mana saja datang dan melihat secara langsung. Selain itu juga sebuah ikon dari setiap kota memiliki sejarah hingga dibangun sebuah ikon sebagai tanda untuk mengingat sejarah di masa lalu. 

Salah satu ikon dan menjadi saksi sejarah Semarang di masa dahulu adalah Tugu Muda Semarang yang dibangun untuk mengenai perjuangan dan jasa para pemuda pada masa kemerdekaan. Proses pembangunan tugu ini dimulai tahun 1951 untuk mengenang para pemuda yang telah gugur dalam sebuah peristiwa Pertempuran 5 Hari yang terjadi di Semarang kala itu.

Pertempuran 5 hari terjadi mulai tanggal 15 hingga 19 Oktober 1945 dan menyebabkan gugurnya Dr. Kariadi dan juga tentara Jepang yang kabur. Dengan adanya tugu ini bisa menggambarkan sebuah semangat dari para muda yang saat itu bertempur tanpa berharap pamrih. 

Setelah selesai dibangun, tugu ini diresmikan langsung oleh Presiden Soekarno tepatnya 20 Mei 1953 yang sama dengan Hari Kebangkitan Nasional. Lalu apa yang menjadi daya tarik Tugu Muda Semarang sehingga selalu ramai? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Tugu Muda Semarang memiliki makna

Bentuk dari tugu ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu landasan, badan, dan juga kepala. Pada bagian landasan terdapat beberapa relief yang juga memiliki makna, relief pertama bernama Hongerodeem yang bermakna penderitaan rakyat Indonesia ketika masa penjajahan. Selanjutnya ada relief Pertempuran yang memiliki arti semangat dan juga keberanian dari semua Rakyat Indonesia. 

Lalu ada relief Penyerangan yang menggambarkan sebuah perlawanan yang dilakukan pejuang bersama dengan rakyat. Ada juga relief Korban yang menggambarkan korban-korban yang telah gugur pada pertempuran tersebut. Berikutnya ada relief Kemenangan yang bermakna sebuah kemenangan yang diperoleh Rakyat Indonesia atas perjuangan yang sudah dilakukan.

Dikeliling beberapa taman yang cantik

Setelah mengetaui makna dari Tugu Muda Semarang maka selanjutnya bisa berkeliling di sekitar tugu. Apalagi terdapat beberapa taman yang cantik dan indah sehingga para pengunjung bisa singgah sebentar untuk beristirahat atau bisa juga untuk mengambil gambar. 

Jadi ketika pagi atau sore banyak orang berdatangan ke tugu ini untuk melakukan banyak hal. Bahkan ada juga pengunjung yang berada di sekitar tugu hingga malam hari untuk melihat pemandangan tugu yang dihiasi lampu sehingga lebih menarik. Kemudian ada juga api kecil yang menyala ada di bagian atas tugu tentunya melambangkan semangat dari para pemuda yang tidak pernah padam.

Daya tarik diatas tentunya bisa membuat banyak orang ingin datang dan melihat langsung Tugu Muda Semarang, apalagi jarak dari Jogja ke Semarang juga tidak terlalu jauh. Banyak masyarakat Jogja memanfaatkan travel bus Jogja Semarang murah yang bisa dipesan melalui aplikasi Pegipegi. Bagi yang belum tahu cara pemesanan di aplikasi Pegipegi maka bisa cari informasinya di sini.

Post a Comment for "Apa Daya Tarik Dari Tugu Muda Semarang? Cari Tahu Jawabannya Dibawah Ini"