Ingin Anak Belajar di Rumah dengan Nyaman? Lakukan Tips Dampingi Anak Belajar Berikut

tips dampingi anak belajar di rumah dengan nyaman

Ketika di sekolah, anak belajar didampingi oleh para tenaga pengajar atau guru. Jika berada di rumah, tugas pendamping ini merupakan tugas dari orang tua. Peran orang tua dalam mendampingi anak sangatlah penting.

Namun, mungkin ada beberapa orang tua yang tidak sabaran saat mendampingi buah hati selama belajar di rumah. Nah, berikut ini adalah beberapa tips dampingi anak belajar di rumah yang bisa kita ikuti. Simak baik-baik, ya!

Tips Mendampingi Anak Belajar

Sediakan Tempat Belajar yang Nyaman

Buatlah suasana yang nyaman saat anak belajar di rumah. Caranya, dengan menyediakan tempat belajar khusus. Kita bisa menyiapkannya di salah satu sudut rumah yang kosong.

Sebisa mungkin, cari space yang jauh dari kebisingan agar anak bisa lebih fokus selama belajar. Bisa tambahkan meja belajar, kursi atau karpet dan sebagainya untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman.

Sesuaikan Gaya Belajar Anak

Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Gaya belajar sendiri umumnya terdiri dari gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan kinetik. Perhatikan cara belajar anak selama ini.

Misalnya, jika anak lebih suka belajar dengan mendengarkan materi dalam bentuk audio atau sambil mendengarkan musik, itu berarti anak memiliki gaya belajar auditori. Dengan menyesuaikan gaya belajar anak, maka materi yang dipelajari akan lebih terserap oleh otak.

Buatkan Jadwal Anak

Agar anak lebih disiplin dan teratur, buatkanlah jadwal belajarnya selama di rumah. Jadwal belajar juga membuat anak belajar membuat manajemen waktu.

Misalnya, pukul 15.00 – 16.00 istirahat setelah pulang sekolah, lalu pukul 19.00 – 20.00 untuk belajar. Baik materi yang akan diajarkan besok di sekolah atau mengerjakan tugas sekolah. Kita pun jadi membantu anak mengatur waktu agar semua kegiatan bisa dilakukan dengan seimbang.

Maksimalkan Waktu Bersama Anak

Sebagai orang tua, kita juga harus memaksimalkan waktu bersama anak. Salah satunya dengan mendampingi buah hati saat belajar.

Kehadiran kita membuat anak lebih percaya diri serta bisa membantu anak untuk memecahkan soal yang sulit dijawab sendiri. Bonding antara orang tua dan anak pun bisa lebih terjalin dengan kuat.

Damping Anak Belajar dengan Pijar Belajar

Agar kegiatan belajar anak di rumah lebih terstruktur, kita bisa memanfaatkan situs pembelajaran online yang kini sudah banyak pilihannya. Salah satunya adalah Pijar Belajar. Apa sih Pijar Belajar itu?

Apa Itu Pijar Belajar

Pijar Belajar merupakan layanan OTT edukasi digital yang dirilis oleh PT. Telkom Indonesia dan sudah dirancang untuk para pelajar agar mendapatkan suplemen pembelajaran yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Dalam aplikasi atau platform tersebut, tersedia banyak sekali materi dalam bentuk elektronik, soal latihan belajar, latihan ujian dan video pembahasan.

Keunggulan Pijar Belajar

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari platform Pijar Belajar, di antaranya:

  • Materi lengkap SD-SMP-SMA. Materi pembelajaran tersedia lengkap. Mulai SD, SMP dan SMA semuanya ada.
  • Harga terjangkau banget. Tidak perlu mengkhawatirkan soal harga, karena Pijar Belajar terjangkau banget dan ramah di kantong.
  • Start 10rb. Mulai dari Rp 10 ribu, anak sudah bisa mengakses berbagai fitur yang tersedia di dalamnya.
  • Bisa diakses laptop dan smartphone. Aplikasi atau platform satu ini bisa diakses melalui laptop dan smartphone.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips mendampingi anak belajar di rumah, serta platform terbaik untuk menunjang proses pembelajaran buah hati tercinta. Kita bisa mengunduh aplikasi Pijar Belajar melalui Google Playstore untuk Android dan App Store untuk pengguna iOS.

Yuk maksimalkan belajar anak di rumah bersama aplikasi Pijar Belajar! Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Ingin Anak Belajar di Rumah dengan Nyaman? Lakukan Tips Dampingi Anak Belajar Berikut"