Ini Dia Perbedaan Sedekah, Zakat, Infak, dan Donasi Adalah Sebagai Berikut!

Perbedaan Sedekah, Zakat, Infak, dan Donasi

Ketika Anda memberikan bantuan kepada pihak lainnya biasanya tidak pikir panjang mengenai jenisnya. Padahal pemberian bantuan tersebut juga mempunyai nama berbeda tergantung dari jenis, macam, dan juga tujuan memberikan bantuan tersebut. Contohnya saja seperti yang paling umum dilakukan adalah memberikan donasi.

Donasi tersebut juga dikenal dengan memberikan sumbangan atau derma. Donasi adalah pemberian secara fisik yang dilakukan oleh perorangan ataupun organisasi badan hukum dan dilakukan dengan sukarela dengan tidak mengharapkan keuntungan atau imbalan.

Selain donasi juga ada banyak istilah lainnya yang menyebutkan ketika memberikan bantuan kepada orang lain. Di mana perbedaan mengenai sedekah, zakat, hibah atau donasi adalah sebagai berikut ini.

  • Zakat merupakan salah satu pemberian sumbangan kepada orang lain. Di mana zakat ini dilakukan oleh umat muslim yang memenuhi syarat. Syarat untuk melakukan zakat adalah bagi budak yang merdeka, islam, sudah baligh, mempunyai harta yang berkembang, mempunyai harga satu nisab, mempunyai harga untuk disumbangkan, telah mencapai hual, tidak mempunyai utang, dan juga kebutuhan pokoknya sudah tercapai. Sehingga zakat ini dilakukan oleh seorang muslim yang sudah memenuhi syarat seperti di atas.
  • Infaq merupakan jenis memberikan sumbangan selanjutnya. Infaq ini mempunyai hukum yang sunnah dan biasanya dilakukan ketika nak haji, mengisi kotak amal, dan juga tujuan lainnya. Infaq ini memberikan sumbangan juga pada orang yang sedang membutuhkan sehingga bisa menyisihkan rezeki yang dipunyai untuk membantu orang lain. Infaq bisa dilakukan siapapun dengan tujuan apapun dan kapanpun.
  • Sedekah merupakan jenis pemberian selanjutnya yang merupakan jenis amalan baik untuk mengeluarkan harta, jasa, maupun tenaga yang dimiliki untuk membantu orang lain. 
  • Wakaf merupakan jenis pemberian sedekah secara permanen yang sesuai dengan syariat.
Selain mengenal jenis dan perbedaannya, penting juga untuk mempunyai tempat yang aman untuk melakukan kegiatan tersebut. Utamanya ketika ingin berdonasi secara online, maka pilih tempat yang tepat seperti di Wahana Visi Indonesia. Bagi yang ingin membantu anak-anak Indonesia yang kurang beruntung bisa memberikan donasi sekali atau rutin dengan mudah dan aman lewat Wahana Visi Indonesia.


Post a Comment for "Ini Dia Perbedaan Sedekah, Zakat, Infak, dan Donasi Adalah Sebagai Berikut!"