Merasa Tidak Nyaman Karena Keputihan? Berikut Cara Mengatasinya

cara mengatasi keputihan

Keputihan terjadi akibat kelenjar pada dinding vagina dan leher rahim memproduksi cairan atau pelumas. Cairan ini merupakan bentuk pertahanan tubuh wanita untuk menjaga kesehatan organ intim. Umumnya, keputihan yang normal berwarna putih susu atau jernih, tidak berbau dan tidak terasa gatal atau pun perih.

Tidak perlu penanganan khusus jika kamu mengalami keputihan normal. Namun, apabila keputihan muncul disertai keluhan seperti nyeri atau gatal di vagina, berbau tidak sedap atau nyeri saat berhubungan intim. Maka, kondisi ini perlu kamu waspadai karena bisa saja disebabkan penyakit tertentu dan harus segera ditangani.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi keputihan tersebut. Yuk langsung kita simak bersama!

Bersihkan Vagina Dengan Tepat

Cara mengatasi keputihan paling sederhana adalah membersihkan vagina dengan tepat, yakni dengan membasuhnya dari depan ke belakang atau dari arah vagina menuju anus. Bersihkan vagina setiap kali selesai buang air kecil maupun buang air besar.

Sebisa mungkin, gunakan air hangat untuk membersihkan vagina. Atau jika kamu ingin menggunakan sabun, gunakan sabun berbahan ringan dan tanpa pewangi.

Hindari Pemakaian Produk Kewanitaan

Sebenarnya, vagina adalah organ yang mampu membersihkan dirinya sendiri. Oleh karena itu, kamu tidak perlu lagi menggunakan produk pembersih kewanitaan seperti cairan pembersih vagina atau bedak vagina.

Produk-produk kewanitaan tersebut justru bisa merusak keseimbangan mikrobiota alami yang ada pada vagina. Bukannya membantu mengatasi keputihan, penggunaan produk kewanitaan malah semakin memperparah keputihan yang kamu alami.

Gunakan Kompres Dingin

Saat vagina mengalami keputihan, mungkin kamu merasa gatal atau bengkak. Untuk meredakan rasa tidak nyaman tersebut, coba gunakan kompres dingin.

Kompreslah vagina menggunakan kompres es atau waslap lembut yang telah direndam dalam air dingin terlebih dahulu.

Konsultasikan Pada Dokter

Jika kamu mengalami keputihan tidak normal selama lebih dari satu minggu, segeralah konsultasikan pada dokter. Dokter nantinya akan mengobati keputihan sesuai dengan penyebabnya.

Bila keputihan yang kamu alami disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter akan memberikan obat antibiotik sesuai jenis kuman penyebab keputihan. Sementara bila keputihan disebabkan oleh infeksi jamur, kemungkinan dokter akan meresepkan obat anti jamur dalam bentuk krim atau tablet yang dimasukkan ke dalam vagina.

Itulah beberapa cara mengatasi keputihan gatal yang mungkin saja sedang kamu alami saat ini. Bagi yang ingin mengetahui informasi lain seputar kesehatan reproduksi, fashion dan aksesoris serta berita viral di dunia maya hari ini, kunjungi situs viramaya.com. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Merasa Tidak Nyaman Karena Keputihan? Berikut Cara Mengatasinya"