Manfaat Memiliki Networking Dalam Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis, terutama di tengah era pandemi seperti saat ini memang tidak mudah bagi beberapa orang. Menjalankan bisnis apapun itu terasa sangat berat karena adanya keterbatasan.

Berbicara soal bisnis, koneksi dan relasi termasuk dalam salah satu aspek yang bisa membuat bisnis kita lebih dikenal banyak orang. Hal tersebut disebut dengan istilah networking. Punya networking alias relasi atau jaringan sangatlah penting dalam dunia bisnis.

Pasalnya, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan, seperti membangun usaha dan mengembangkan usaha tersebut. Kita bisa memulainya dengan bergabung dengan komunitas bisnis yang berisikan rekan-rekan sesama pebisnis. Berikut ini adalah beberapa manfaat memiliki networking dalam bisnis. Simak baik-baik, ya! 

Mendapatkan Informasi Seputar Bisnis

Pertama, keuntungan yang bisa didapatkan dari membangun networking tentunya adalah mendapatkan informasi seputar bisnis. Khususnya informasi mengenai industri yang kita geluti saat ini.

Hal ini dikarenakan networking akan memberikan kita peluang besar untuk bertemu dengan pengusaha lainnya. Kita juga bisa mendapatkan banyak insight dari perbincangan tersebut, misalnya seperti tren pasar saat ini. 

Bertemu Mentor Profesional

Tidak hanya bertemu dengan rekan sesama pebisnis, networking juga bisa mempertemukan kita dengan mentor atau kontak profesional yang mungkin saja bisa membantu dalam menjalankan bisnis.

Misalkan, bisnis kita membutuhkan jasa akuntan, pengacara atau memerlukan investasi dari investor, dengan adanya networking mungkin saja kita bisa menemukan kandidat yang ideal. 

Membangun Koneksi

Menghadiri acara komunitas bisnis juga berpotensi bertemu dengan para pengusaha dan profesional lainnya, sehingga bisa membangun koneksi untuk memperlancar bisnis.

Setiap orang yang kita temui adalah calon klien, pelanggan lain atau seseorang yang bisa memberikan referensi terkait bisnis. Selain itu, kita juga bisa memperluas profil publik sebagai pebisnis. 

Meningkatkan Peluang Bisnis

Zen Business mengutip sebuah studi dan melaporkan bahwa ada 78% startup yang mengatakan networking sangat penting untuk usaha kewirausahaan mereka.

Jadi, kita setidaknya harus meluangkan waktu untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang lain di bidang atau industry bisnis yang serupa. Karena jika tidak, kemungkinan besar kita akan kehilangan peluang berharga untuk menemukan kemitraan baru, menghasilkan rujukan bahkan mendapatkan klien dan posisi.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat memiliki networking dalam berbisnis. Jika ingin bergabung dalam komunitas bisnis, The Enterpreneurs Society bisa menjadi pilihan. Kita saling bertukar pikiran, konsultasi bisnis dan membangun networking seluas-luasnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo bergabung bersama The Enterpreneurs Society yang akan menjadi #TempatKamuBerkembang! Informasi selengkapnya bisa dilihat di te-society.com. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Manfaat Memiliki Networking Dalam Bisnis"