Ketahui Pentingnya Ilmu Parenting Untuk Moms Millenial

Sebagai orang tua di era milenial, memenuhi kebutuhan anak apalagi dalam bidang psikologis adalah hal yang penting. Memenuhi kebutuhan psikologis anak, berarti mom juga mempersiapkan anak untuk kehidupan bermasyarakat di kemudian hari dan membentuk karakter mereka.

Untuk memenuhi kebutuhan psikologis anak, mom bisa mempelajari parenting. Dengan mempelajari parenting mom bisa berinteraksi dengan anak untuk memenuhi kebutuhan fisik, kebutuhan psikologis dan membuat anak mempelajari norma-norma yang ada di masyarakat. Pentingnya parenting membuat mom harus belajar tentang parenting mulai dari tujuan parenting, jenis-jenis parenting dan kunci dari parenting.

Untuk mengetahui hal itu, mari simak artikel dibawah ini ya mom. 

Tujuan Parenting

Sebagai salah satu hal yang harus dipelajari untuk mengasuh anak, parenting mempunyai tujuan membekali orang tua. Dengan membekali orangtua tentang cara mengasuh dan mendidik, diharapkan akan menjadikan anak berkembang dan bisa mudah beradaptasi.

Hubungan yang baik antara anak dan orang tua akan memudahkan dalam proses pembentukan karakter anak. Selain itu, orang tua juga bisa mudah mengarahkan anak sesuai dengan minat dan bakat anak. 

Jenis-jenis Parenting

Mom, ada beberapa jenis dari gaya parenting. Dari beberapa gaya parenting berikut, mom bisa memilih menggunakan gaya parenting yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. 

Gaya Parenting Autoritarian

Pada jenis parenting ini, orang tua sangat mendominasi dan menganggap bahwa mereka selalu benar. Jenis parenting ini biasanya menjadikan orangtua otoriter. Pada jenis parenting ini biasanya orang tua akan memberikan hukuman kepada anak. Karena orang tua berangggapan dengan memberikan hukuman akan lebih efektif mendisiplinkan anak.

Pola asuh yang seperti ini biasanya akan membuat anak mengalami permasalahan harga diri, mom. Perasaan tidak dihargai dari anak bisa membuat mereka lebih agresif. Anak juga bisa mejadi suka berbohong demi menghindari kemarahan dari orang tua. 

Gaya Parenting Authoritative

Jenis parenting authoritative merupakan jenis parenting yang membangun lingkungan positif untuk anak, mom. Pada jenis parenting ini orang tua lebih menekankan memberikan hadiah dan pujian saat anak benar. Serta, memberikan hukuman saat anak melakukan kesalahan. Orang tua juga memberikan aturan yan sesuai dengan pendapat anak. 

Gaya Parenting Permisssive

Pada jenis parenting ini orang tua akan memberikan kebebasan kepada anak sebanyak mungkin. Orang tua tidak banyak memberikan aturan kepada anak. Pola parenting jenis ini memandang anak sebagai ribadi dan memberikan kesempatan mereka untuk mengatur tingkah laku dan sikap yang diambil.

Hasil dari pola parenting ini adlaah terkadang anak tidak mengetahui yang benar dan salah. Karena kecenderungan pada jenis parenting ini tidak menegur atau memberikan penjelasan kepada anak. 

Kunci Dari Parenting

Kunci dari parenting adalah komunikasi. Dengan begitu mom selaku orang tua dan anak akan mudah saling memahami. Mom bisa mengetahui apa yang diinginkan dan menjadi kebutuhan anak. Mom juga harus lebih belajar tentang apa itu parenting. Belajar parenting bisa mom lakukan dimana saja dan kapan saja. Mom bisa mengikuti berbagai seminar online maupun offline tentang parenting.

Selain itu mom juga bisa membaca banyak hal tentang parenting melalui website, salah satunya adalah kisah inspiratif anak yang berbakti kepada orang tua.

Post a Comment for "Ketahui Pentingnya Ilmu Parenting Untuk Moms Millenial "