Mengenal Konsep Kantor Activity Based Working (ABW)

konsep kantor activity based working

Sebelum memutuskan untuk relokasi kantor dan memesan jasa pindahan, pastikan sudah mempersiapkan semua hal dengan baik. Termasuk memilih konsep untuk kantor baru tersebut. Bicara mengenai konsep kantor, bisa mencoba mempertimbangkan konsep kantor Activity Based Working (ABW) atau Kantor Berbasis Aktivitas.

Apa Itu Konsep ABW?

Activity Based Working (ABW) merupakan konsep desain kantor yang membagi ruangan di dalamnya ke dalam fungsi spesifik. Misalnya dalam satu kantor terdapat 5 ruangan yang terdiri dari ruang meeting, ruang privasi, ruang bermain, ruang gym, dan ruang perpustakaan perusahaan.

Lewat konsep ABW ini semua karyawan bisa bebas menentukan dimana dirinya bekerja sesuai kebutuhan. Setiap ruangan disediakan fasilitas yang memenuhi kegiatan sesuai fungsi ruangan tersebut. Selain itu, desain interiornya bisa dibuat berbeda-beda sesuai dengan fungsi per ruangan tadi.

Sehingga tidak harus setia dengan satu tone warna, satu jenis furniture untuk semua, menyediakan meja kerja yang sama untuk semua karyawan, dan lain sebagainya. Sebab kebutuhan peralatan, furniture, dan lain sebagainya di setiap ruangan memang berbeda. Meski terdengar mahal aktualnya justru sebaliknya dan kaya akan kelebihan.

Kelebihan Konsep ABW

Menerapkan konsep ABW di kantor baru ternyata memberi banyak keuntungan, sebab konsep berbasis aktivitas ini punya kelebihan sebagai berikut:

Membantu Optimasi Ruang

Mengusung konsep ABW membuat ruangan di sebuah kantor bisa difungsikan secara optimal. Sebab nyaris tidak ada ruang yang tidak terpakai, semua dipakai dan punya fungsi spesifik. Bahkan sudut kantor bisa diubah menjadi perpustakaan.

Memberi Fleksibilitas

Fleksibilitas menjadi nilai tambah dari konsep ABW, sebab karyawan leluasa bekerja dimana saja setiap harinya dan setiap jamnya. Suasana baru bisa didapatkan setiap kali dibutuhkan, sehingga bebas stres dan lebih produktif dalam bekerja.

Mendorong Kreativitas dan Produktivitas Karyawan

Ruangan yang dibagi per fungsi dan kemudian ditata secara estetik membuatnya menjadi kantor yang super nyaman. Berada di ruangan yang nyaman tentunya efektif meningkatkan kreativitas karyawan sekaligus produktivitasnya.

Lebih Hemat

Banyak yang mengira konsep ABW di sebuah kantor menelan biaya yang tinggi. Ternyata aktualnya tidak. Sebab perusahaan bisa memanfaatkan semua furniture dari harga termurah sekalipun. Selain itu, tidak harus memperhatikan pemilihan warna dan jenis furniture yang satu konsep.

Sebab per ruangan dibuat beda fungsi sehingga desain interiornya dibuat berbeda satu sama lain. Misalnya antara ruang meeting dengan ruang sosial tentu desainnya akan dibuat berbeda. Aneh jika harus dibuat sama.

Kekurangan Konsep ABW

Meskipun kantor dengan konsep ABW kaya akan kelebihan seperti penjelasan di atas, namun tetap memiliki beberapa kekurangan. Konsep ABW perlu diakui mengurangi dan bahkan menghilangkan privasi karyawan. Sehingga tidak ada lagi meja khusus yang dipasang foto pasangan maupun keluarga.

Selain itu, karyawan bisa bersebelahan dengan pimpinan. Artinya, jika pimpinan seru dan satu frekuensi tidak masalah. Namun menjadi masalah jika sebaliknya. Meskipun begitu, konsep ini terbukti mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas karyawan. Sehingga hanya segelintir karyawan yang merasa kehilangan privasinya dan menjadi kurang produktif.

Post a Comment for "Mengenal Konsep Kantor Activity Based Working (ABW)"

List Blog Keren Rajabacklink