Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyumbangkan Uang dalam Program Open Donasi

Open donasi pada dasarnya adakah kegiatan penggalangan dana, hal ini kerap kali dijumpai mulai dari di pinggir lampu merah maupun juga yang dilakukan secara online. Belakangan ini memang kegiatan menghimpun dana berbasis digital lebih banyak dilakukan dibandingkan dengan yang konvensional, karena jangkauannya jauh lebih luas, serta mempermudah untuk menemukan calon donatur juga.

Hanya saja tak jarang juga hal ini yang disalahgunakan oleh sebagian oknum, bukannya uang hasil donasi tersebut disumbangkan untuk yang membutuhkan, melainkan justru digunakan sendiri. Untuk itulah maka berikut ini diantaranya ada hal-hal yang patut diperhatikan sebelum Anda mendonasikan uang kesini, yaitu: 

  • Lembaga yang membuka kegiatan donasi tersebut, hal pertama yang harus Anda perhatikan disini adalah lembaga mana yang membuka penggalangan dana. Karena nyatanya tidak semua lembaga terpercaya, banyak diantaranya yang justru menggelapkan uang sumbangan tersebut, jadi perhatikan lembaganya dan bagaimana reputasi serta track record mereka.
  • Tujuan donasi, di setiap kegiatan penggalangan dana maka selalu ditujukan untuk hal-hal tertentu, sebut saja diantaranya adalah open donasi santunan anak yatim, donasi untuk korban bencana alam, donasi untuk pembangunan sarana pendidikan dan sebagainya, agar bisa tepat sasaran.
  • Sistem pemberian donasi, pada dasarnya donasi ini tak selalu berbentuk uang, melainkan juga bisa bentuk barang sembako dan sebagainya. Apakah mereka hanya menerima donasi uang ataupun yang lainnya.
  • Cek apakah ini donasi yang mengikat ataukah tidak, karena tak jarang ada donasi yang mengikat, mengharuskan Anda untuk transfer uang dalam jumlah tertentu secara rutin kepada pihak tersebut, sehingga harus berhati-hati. 

Berdonasilah sesuai dengan kemampuan Anda, meskipun kecil jumlahnya tidak jadi masalah asalkan memang ikhlas di dalam memberikan. Percayakan donasi Anda ke tempat yang sudah terpercaya seperti diantaranya adalah Wahana Visi Indonesia. Program donasi uang bisa, ada juga program sponsorship sampai dengan volunteer atau dengan menjadi relawan. Wahana Visi Indonesia ini adalah lembaga kemanusiaan yang sudah bergerak lama di bidang tersebut dan sudah cukup banyak juga anggota yang tergabung disini.

Post a Comment for "Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyumbangkan Uang dalam Program Open Donasi"