Menarik! Ini Tips Memilih Bahan untuk MPASI yang Menyehatkan

Inspiratips - Bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan boleh Bunda berikan makanan padat sebagai makanan pendamping ASI atau MPASI. Makanan ini berperan untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil agar lebih optimal. Selain itu, perkembangan otak, penguatan gigi, dan sistem kekebalan tubuh akan terpengaruh oleh asupan tambahan ini.

Bayi akan memberikan beberapa pertanda yang menunjukkan bahwa dia membutuhkan MPASI. Tanda psikologis tersebut, seperti mudah merasa lapar, sering membuka mulut atau menjulurkan lidah, serta mulai aktif dan mandiri.

cara memilih bahan MPASI

Menurut Daily Zafran, mengolah makanan pendamping untuk bayi tidak boleh sembarangan. Jangan sampai Bunda mencampurkan makanan tersebut dengan olahan untuk orang dewasa. Terdapat tiga cara memasak makanan untuk si Kecil, yakni merebus, mengukus, dan menghaluskan dengan blender. Bunda tidak boleh merebus atau mengukus bahan makanan terlalu lama. Hal ini akan berpengaruh pada nutrisi dan rasa pada hasil olahan.

Tidak hanya metode mengolahnya saja yang perlu Bunda perhatikan. Tetapi, juga pemilihan bahan dasar makanan pendamping. Berikut beberapa tips atau cara memilih bahan MPASI yang menyehatkan, antara lain:

Bernutrisi

Langkah yang pertama adalah Bunda harus memilih bahan yang kaya akan nutrisi sebagai bahan MPASI atau camilan sehat si kecil. Bayi membutuhkan beberapa asupan nutrisi yang berguna untuk tumbuh kembangnya, seperti protein, energi, vitamin, dan mineral.

Menghindari Bahan yang Terlalu Pekat

Ketika membuat MPASI, Bunda harus menghindari penggunaan bahan yang memiliki rasa yang kuat, sepeti lada atau penyedap rasa. Bahan tersebut dapat memengaruhi rasa dan aroma MPASI semakin kuat dan menyengat. Tentunya, makanan ini kurang baik untuk bayi.

Menghindari Makanan Cepat Saji

Pencernaan bayi masih sangat sederhana dan dalam masa perkembangan. Makanan cepat saji atau instan dapat mengganggu sistem pencernaan si Kecil. Sebab itu, Bunda bisa mulai menghindari makanan yang cepat saji.

Memilih Buah dan Sayur Segar

Buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang bayi butuhkan dalam masa tumbuh kembangnya. Bunda bisa menghaluskan buah dan sayur tersebut agar buah hati mudah mencernanya.

Memilih Bahan Makanan yang Bersih

Bahan makanan yang Bunda pilih dan beli harus dalam keadaan yang bersih. Selain higienis, bahan dasar makanan pendamping ASI harus aman dan tidak kadaluarsa.

Pastikan bahan seperti buah dan sayur sudah tercuci dengan bersih. Dalam pembelian bahan sayur organik, Bunda harus membeli bahan di tempat yang terjamin kebersihan produk dan lingkungannya.

Memilih yang Bayi Sukai

Ketika si Kecil memasuki usia 6 bulan, dia sudah bisa membedakan rasa makanan. Bayi sudah mampu memilih makanan mana yang dia sukai. Oleh sebab itu, Bunda dapat memberikan bahan makanan pendamping yang buah hati sukai.

Sesekali, bisa mengganti menu dengan mengkreasikan beberapa bahan sesuai dengan kreativitas Bunda. Hal ini tentunya bertujuan untuk menghindari rasa bosan pada bayi ketika mengonsumsi makanannya.

Melihat Harga Bahan

Langkah yang paling terakhir adalah menentukan dan membeli bahan dasar MPASI dengan harga yang ramah di kantong Bunda. Selain itu, bahan tersebut harus mudah Bunda peroleh dan bahan harus beragam.

Banyaknya variasi bahan akan memudahkan para Bunda mengganti-ganti menu. Cara ini berguna untuk membantu Bunda mengenalkan berbagai makanan dan menghindari alergi.

Itulah beberapa cara memilih bahan MPASI yang aman dan sehat. Pertumbuhan dan perkembangan buah hati juga bergantung dengan asupan yang Bunda berikan. Jadi, berikan makanan pendamping yang terbaik untuk si Kecil. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Menarik! Ini Tips Memilih Bahan untuk MPASI yang Menyehatkan"