Penggunaan Pressure Gauge Dalam Kehidupan Sehari-Hari

penggunaan pressure gauge dalam kehidupan sehari-hari

Pressure gauge merupakan alat yang banyak digunakan di berbagai industri untuk mengukur tekanan gas dan cairan (fluida). Alat ini menjadi komponen penting yang umum kita temukan pada berbagai perangkat industri, seperti pada kompresor angin di bengkel.

Pengertian dari pressure gauge sendiri adalah instrumen untuk mengukur intensitas cairan, gas, air atau uap dalam mesin bertenaga tekanan. Fungsinya, untuk memastikan tidak ada kebocoran atau perubahan tekanan yang akan mempengaruhi kinerja sistem.

Desain, gaya, jenis dan konfigurasi pengukur tekanan ditentukan oleh aplikasi yang dilayaninya atau industri yang menggunakan pengukur tekanan tersebut. Kita bisa mendapatkan alat ini di tempat jual pressure gauge terpercaya. Berikut ini merupakan beberapa kegunaan pressure gauge dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita simak!

Otomotif

Ada beberapa pengukur tekanan yang berguna untuk memantau berbagai sistem mobil, seperti pengukur tekanan udara pada ban, AC, oli dan cairan pendingin mesin. Pada mobil modern, sudah dilengkapi pengukur yang hampir ada di setiap komponen penting.

Aeronautika

Ada beragam instrumen yang memberikan informasi kepada pilot tentang kondisi dan perbedaan tekanan pesawat. Perangkat penginderaan tekanan ini bisa kita temukan di grup penerbangan dan grup mesin.

Perangkat ini menjadi aspek paling kritis dan penting dari operasi pesawat terbang. Setiap jenis pengukur tekanan telah dirancang sesuai dengan aplikasi tertentu. Adapun jenis pengukur tekanan aeronautika di antaranya tabung Bourdon, Bellow, dan Diafragma.

Produksi Minyak

Saluran aliran, separator dan tangki stok dalam industri minya berada di bawah beberapa bentuk tekanan. Setiap aspeknya, mulai dari kepala sumur hingga tangki bisa dipantau dan diawasi oleh pengukur tekanan.

Semua pengukur telah memiliki langkah-langkah keamanan yang terpasang di dalamya. Fungsinya, agar pekerja bisa terlindungi karena bisa saja meledak ketika ada tekanan yang terlalu tinggi.

Industri Kimia

Dalam industri kimia, pengukur tekanan dirancang khusus guna memenuhi kebutuhan berbagai media dan lingkungan yang agresif. Perlu adanya perbaikan dan penggantian rutin pada pengukur tekanan di industri kimia.

Untuk melindungi instrumen, alat pengukur tekanannya dilapisi oleh Tantalum, Halar atau PTFE (Polytetrafluoroethylene) yang tahan akan korosi.

Hidrolik

Pengukur tekanan hidrolik merupakan bagian penting dari pengoperasian perangkat hidrolik. Pasalnya, jika alatnya tidak memadai akan mempengaruhi kinerja sistem dan bisa merusak aliran proses manufaktur.

Setiap perubahan tekanan yang terdeteksi bisa mengindikasikan adanya kebocoran pada sistem, atau kerusakan pada komponen hidrolik. Pengukur tekanan hidrolik ini haruslah akurat serta mampu berfungsi dalam kondisi yang berbahaya.

Nah, itulah beberapa penggunaan alat pressure gauge dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa mendapatkannya di distributor pressure gauge PT Lamindo Prima Mandiri. Selain gauge, mereka juga menyediakan industrial valve, mechanical hingga electrical and accsesories.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, kunjungi laman resminya di lamindo.co.id atau langsung menghubungi di nomor +62 254 781 5008. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Penggunaan Pressure Gauge Dalam Kehidupan Sehari-Hari"