Fungsi dan Tujuan Pembuatan Website Dalam Bisnis

tujuan pembuatan website dalam bisnis

Dari tahun ke tahun, perkembangan internet terus maju pesat dan tanpa sadar menjadi salah satu ‘kebutuhan’ yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan. Setiap orang jelas setiap harinya mengakses internet dengan menggunakan berbagai perangkat, seperti dekstop atau PC, smartphone dan tablet.

Umumnya, orang-orang membuka media sosial atau website untuk mencari informasi terbaru. Selain mencari berbagai informasi, website juga biasanya menjadi sarana komunikasi. Di era serba digital ini, website menjadi suatu hal yang sangat penting dalam bisnis.

Ini karena, masih banyak pelaku bisnis yang menganggap remeh keberadaan website atau hanya membuat web seadanya. Padahal, tujuan pembuatan website dalam bisnis adalah agar bisnis bisa berkembang serta meningkatkan branding. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan website Anda agar bisnis yang digeluti dapat berkembang.

Pengertian Website

Website ialah kumpulan halaman dalam suatu domain, yang memuat beragam informasi agar pengguna dapat melihat dan membacanya melalui sebuah mesin pencari. Umumnya, informasi yang ada dalam sebuah website mengenai konten gambar, video, ilustrasi dan teks untuk berbagai macam kepentingan.

Untuk tampilan awal sebuah website, Anda dapat mengaksesnya melalui halaman utama menggunakan browser dengan menuliskan alamat web atau URL yang tepat. Biasanya, dalam sebuah halaman utama juga memuat beberapa halaman web turunan yang saling terhubung satu sama lain.

Fungsi Website Dalam Bisnis

Berikut ini merupakan fungsi website bagi kelangsungan bisnis Anda. Di antaranya:

Membantu audiens memiliki kesadaran mengenai brand bisnis

Perlu Anda tahu, website yang baik ialah yang dapat membantu meningkatkan kesadaran merek. Hal ini dapat dilakukan dengan dua cara, yakni mendidik pengguna secara efektif tentang produk dan menarik lebih banyak traffic untuk masuk ke dalam website.

Situs website perusahaan Anda haruslah mempunyai informasi yang menjelaskan kepada audiens terkait apa yang dilakukan atau dijual oleh perusahaan dan bagaimana para pengguna dapat memperoleh keuntungan.

Anda tidak hanya memikirkan target audiens ketika mendesain sebuah situs website, melainkan juga perlu berpikir bagaimana cara mesin pencari, seperti Google akan mengindex website Anda. Untuk itulah, sebisa mungkin Anda harus mampu melakukan teknik SEO sederhana untuk situs kepunyaan Anda atau perusahaan.

Dapat meningkatkan citra dan reputasi bisnis

Manfaat dari mempunyai website yang baik ialah dapat membuat target audiens Anda juga memiliki reputasi yang baik pula mengenai website Anda.

Akan tetapi, hal ini akan opini tersebut bisa berbalik jika desain website tidak update, proses loading yang terlalu lama, layout yang tidak sesuai tempatnya hingga interface-nya yang buruk (sulit dimengerti). Sangat sulit bagi audiens untuk percaya sebuah bisnis yang tidak mempunyai online presence yang bai, terutama bagi Anda yang bergerak di industri B2C.

Mendapat pemahaman yang lebih baik tentang perilaku audiens

Setiap perusahaan wajib hukumnya untuk tahu siapa target audiensnya. Rancangan situs web yang baik akan membantu Anda memahami dengan tepat, apa yang dipikirkan oleh pelanggan dan bagaimana perilaku mereka lewat kegiatan menganalisis statistik pengunjung website.

Salah satu cara agar dapat memahami pelanggan ialaj melalui penggunaan platform analitik, misalnya seperti Google Analytics. Platform ini dapat Anda tambahkan ke situs web mana pun dan bisa dilakukan kapan saja.

niagahoster

 (sumber: niagahoster.co.id)

Itulah beberapa fungsi dan tujuan pembuatan website dalam bisnis. Bagi Anda yang ingin membuat website, belilah domain, hosting murah unlimited dan VPS di Niagahoster. Terlebih jika website Anda memang diproyeksikan untuk mendapatkan traffic yang besar.

Maka, Anda membutuhkan VPS dari Niagahoster yang mana kecepatan dan space-nya sangat diperlukan. Tunggu apa lagi? Yuk segera buat website dengan domain dari Niagahoster!

Post a Comment for "Fungsi dan Tujuan Pembuatan Website Dalam Bisnis"