Tips Memilih Model Keramik Lantai dan Dinding Dapur Rumah Anda

Model Keramik Dapur

Ketika membangun rumah impian, jangan sampai melewatkan memilih model keramik dapur, baik di dinding atau lantai. Dengan model keramik dapur yang sesuai desain interior rumah, akan menambah suasana kebersamaan keluarga Anda.

Selain menambah nilai estetika, interior dapur juga bisa memaksimalkan fungsional dapur. Dapur pun tidak hanya sebagai tempat memasak, melainkan juga sebagai ruangan kegiatan bersama keluarga, terutama anak-anak yang ingin bereksperimen dengan masakan.

Namun, saat memilih model keramik dapur yang cocok, Anda harus memperhatikan mulai dari jenis bahan, motif, tema interior rumah, ukuran dapur dan biayanya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap lima tips tersebut untuk menjadi acuan ketika membeli model keramik yang Anda butuhkan. Simak baik-baik, ya!

Tips Memilih Model Keramik Dapur 

Bahan Keramik

Penempatan keramik tentu harus memperhatikan fungsi penggunaannya. Misalkan, untuk menyimpan kompor, maka gunakan keramik yang tahan panas sehingga tidak mudah retak. Area dapur yang sering Anda gunakan untuk meracik bahan masakan, sebaiknya menggunakan keramik yang berkilau agar mudah dibersihkan.

Bahan keramik terbagi menjadi dua, yakni dari alam dan buatan. Dari batuan alam, Anda bisa memilih di antaranya marmer, batu kapur, batu tulis, dan travertine. Yang paling sering digunakan untuk keramik dapur adalah marmer, meskipun harganya yang cukup mahal. Untuk keawetan dan daya tahan yang kuat, Anda bisa memilih batu kapur yang menghasilkan keramik warna gelap, seperti krem, coklat, atau abu-abu.

Sementara bahan buatan yang cocok untuk dinding, memiliki dua jenis yaitu: 

  • Kaca, bahan satu ini cocok untuk dinding dapur yang warnanya bisa warna-warni atau polosan. Bahan kaca memiliki sifat tahan lama dan kuat terhadap suhu yang dihasilkan di dalam dapur. 
  • Porselen, merupakan bahan pelapis dinding dapur yang dihasilkan dari proses pembakaran. 

Ukuran Dapur

Ukuran dapur di apartemen dan rumah tentunya sangat berbeda. Umumnya, ukuran dapur apartemen lebih minimalis dan tidak mudah untuk diperluas. Sementara dapur rumah bisa menyesuaikan ukuran dengan apa yang diinginkan.

Ukuran model keramik dapur yang sedang cocok untuk ruangan dapur yang luas, agar seimbang dengan nuansa di rumah. Anda bisa menggunakan motif sederhana, seperti satu motif besar atau polosan.

Untuk dapur apartemen yang minimalis, Anda bisa menggunakan motif keramik yang cerah, garis-garis, mozaik atau puzzle agar memberikan kesan yang cozy dan hangat.

Permukaan Keramik

Untuk keramik bagian penempatan kompor, tempat menyimpan bumbu-bumbu dan meracik masakan, perlu menggunakan keramik yang memiliki permukaan halus. Fungsinya agar mudah dibersihkan setelah selesai kegiatan masak-masak.

Keramik dengan permukaan sedikit kasar cocok untuk bagian lantai. Alasannya, karena lantai sering terkena tumpahan minyak atau tepung yang bisa saja membuat orang jatuh karena terpeleset. Permukaan yang kasar akan mengurangi terjadinya risiko tersebut, namun pilih keramik motif kasar yang mudah dibersihkan pula. 

Motif Keramik Disesuaikan Dengan Nuansa Rumah

Banyak pilihan motif keramik yang bisa Anda sesuaikan dengan interior rumah secara keseluruhan agar terlihat selaras. Beberapa motif tersebut di antaranya, keramik lantai dapur warna putih untuk memberi kesan lapang dan elegan. Bisa juga menambahkan motif garis halus agar lebih tajam.

Warna keramik warna-warni seperti merah, kuning, putih dan abu-abu akan memberika nuansa keceriaan para penghuninya. Model keramik dapur selanjutnya adalah motif diagonal yang memberi kesan dapur terlihat lebih luas. Untuk dapur minimalis ataupun luas, Anda bisa menggunakan motif kayu yang tak pernah lekang oleh waktu.

Selain itu, ada motif batu alam, warna hitam putih, maupun warna gradasi. Disarankan, apabila lantai sudah berwarna atau memiliki motif beragam, sebaiknya di bagian dinding hanya diberi satu warna atau motif tipis agar tidak terlihat sempit. 

Biaya yang Dikeluarkan

Biaya untuk membeli keramik dapur ini bervariasi, tergantung dari bahan dan juga motifnya. Bahan keramik yang biayanya lumayan menguras kantong adalah keramik dengan bahan batu alam seperti marmer. Penggunaan keramik untuk interior dapur juga harus menyesuaikan dengan biaya yang Anda keluarkan nantinya.

Apabila Anda membutuhkan hunian yang tidak perlu memikirkan interior dapur, Anda bisa menyewa atau membeli properti di Intiland.

Di Intiland, Anda akan mendapatkan properti yang dibutuhkan baik di rumah atau untuk interior kantor. Tips-tips memilih model keramik dapur di atas bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menentukan interior dapur yang sesuai dengan impian.

Post a Comment for "Tips Memilih Model Keramik Lantai dan Dinding Dapur Rumah Anda"

List Blog Keren Rajabacklink