Trik Jadikan Kamar Mandi Mungil Terlihat Lapang

Trik Jadikan Kamar Mandi Mungil Terlihat Lapang

Inspiratips - Di kota besar, kurangnya ruang adalah hal yang umum. Imbasnya, ukuran ruangan di rumah atau apartemen, menjadi semakin sempit. Termasuk juga kamar mandi, yang punya fungsi paling penting dalam sebuah rumah. Di era hunian bergaya minimalis seperti sekarang ini, desain kamar mandi minimalis pun banyak diminati.

Sekarang ini, kamar mandi tidak hanya sekadar ruang membersihkan tubuh, tapi ada unsur tatanan dan kenyamanan yang memengaruhi rancangan kamar mandi minimalis sederhana. Diana Schrage, desainer dari Kohler Design Center, perusahaan manufaktur furniture dan piranti rumah tangga, menyebut desain kamar mandi yang kini jadi favorit adalah mungil dan simpel. 

Kamar mandi semacam ini memiliki daya tarik pada ukuran ruang yang mungil namun tetap bisa dimanfaatkan secara optimal. Tapi ruang kamar mandi yang terbatas, tidak melulu berarti terbatas juga dalam hal desain. 

Apalagi mengingat di kota besar, semakin sulit mendapatkan lahan luas untuk rumah. Desain kamar mandi minimalis bisa membuat lahan sempit jadi lebih optimal.

Trik pertama dari Schrage adalah mengubah persepsi ruang. Memfokuskan penempatan furniture dan peralatan kamar mandi di satu sudut, akan membuat keseluruhan ruangan terasa lebih lapang. 

Letakkan cermin berhadapan dengan pintu kamar mandi, itu akan membuat ilusi ruangan yang luas. 

Kedua, ukuran toilet dan bak mandi atau bathtub juga jadi elemen penting. Menggunakan toilet berukuran ringkas membantu mengatasi masalah ruang terbatas. Dia menambahkan, sekarang semakin banyak toilet yang didesain memanjang, alih-alih melebar.

Desain tersebut memudahkan pemilik hunian mungil mendapatkan tata interior yang lebih optimal, tanpa membuat ruangan kamar mandi terasa sempit. Di sisi lain, desain oval memberikan kesan bersih sekaligus memperluas ruang di kamar mandi kecil, dibanding desain bulat atau kotak. 

Selain itu, penempatan rak atau bangunan unit penyimpanan di kamar mandi juga berpengaruh pada persepsi ruang. Anda bisa meletakkan rak di bagian sudut atau menempel di dinding, bisa menghasilkan ruang lebih. Itu juga bisa jadi solusi desain yang unik. Ketiga konsistensi warna, pada kamar mandi kecil, pola yang sibuk akan memberikan kesan penuh, membuat kamar mandi seakan lebih kecil.

Sebaliknya, cahaya dan warna-warna alami akan memberikan kesan terbuka dan membuat kamar mandi lebih lapang. Selanjutnya, alih-alih menggunakan bak mandi atau bathtub, lebih baik anda menggunakan shower. Ruang shower dengan pintu geser dari kaca bening akan membuat persepsi ruang lebih luas. 

Jika pun ingin menggunakan bak mandi, sebaiknya pilih bak mandi berdinding rendah dengan dasar datar. Bak jenis ini sempurna untuk shower, namun masih cukup dalam untuk berendam. Piranti lainnya yang ukurannya juga bisa dipangkas adalah meja rias atau wastafel. 

Penggunaan meja konsol dengan wastafel dan tempat penyimpanan di bawahnya, akan memaksimalkan ruang. Alternatif lainnya, adalah menggunakan niche shelving dan lemari obat dengan cermin untuk menggantikan furnitur besar, sehingga ruang kamar mandi yang terbatas bisa berfungsi maksimal.

Karena kebersihan kamar mandi adalah suatu keharusan, anda bisa menggunakan produk pembersih ramah lingkungan atau produk pembersih buatan sendiri yang menciptakan lingkungan keluarga yang lebih aman. Hal ini memberikan ketenangan pada pikiran kita dan membantu kita menyelamatkan bumi ini.

Dengan memasang teknologi toilet, Kohler membuat proses membersihkan menjadi lebih efisien. ContinuousClean secara otomatis mengeluarkan cairan pembersih ke dalam mangkuk toilet pada setiap pembilasan. Hal ini secara aktif mengurangi frekuensi pembersihan dan perawatan toilet. Jadi jangan ragu lagi, produk Kohler sudah teruji dan memberikan manfaat untuk kita.

Post a Comment for "Trik Jadikan Kamar Mandi Mungil Terlihat Lapang"