Bunda, Inilah 5 Tips Atasi Anak yang Susah Mandi!

Anak yang Susah Mandi

Bunda pasti sudah sering dipusingkan dengan si kecil yang susah diajak mandi. Ada saja alasan yang dibuat untuk menolaknya. Padahal, mandi adalah cara untuk menjaga kebersihan tubuh. Apalagi bagi anak-anak yang suka beraktivitas di luar, seperti lari-larian, main sepeda, dan sebagainya.

Mereka perlu mandi agar tubuhnya tetap bersih dan sehat. Terkadang, anak akan rewel jika dipaksa untuk mandi. Hm, lalu bagaimana ya solusinya?

Bunda tidak perlu khawatir, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Bunda terapkan untuk mengatasi anak tidak mau mandi, sekaligus cara mendidik anak agar mandiri. Mari kita simak! 

5 Tips Mengatasi Anak Susah Mandi 

Menggunakan air hangat

Bunda harus memperhatikan dan tahu penyebab anak tidak mau mandi. Mungkin saja, alasannya menolak mandi karena airnya yang terlalu dingin. Jika benar, Bunda bisa memasak air terlebih dulu agar si kecil bisa mandi dengan nyaman dan tanpa paksaan.

Eits! Tetapi, jangan sampai lupa mengecek suhu airnya ya, Bunda! Nanti kalau terlalu panas, bisa-bisa kulitnya melepuh. Campurkan air yang sudah dimasak tadi dengan air yang dingin di bak mandi anak, celupkan tangan ke bak tersebut untuk memastikan suhunya sudah pas atau belum. 

Taruh mainan favorit

Anak yang masih dalam usia balita sangat suka bermain. Nah, Bunda bisa menggunakan tips satu ini untuk menarik mereka agar mau mandi. Taruh mainan favoritnya di dalam bak mandi, seperti bebek-bebekan, kapal-kapalan, dan sebagainya. Jadi, anak bisa mandi sambil bermain. 

Berenang di kamar mandi

Tips untuk mengatasi anak tidak mau mandi ini dapat dilakukan jika Bunda memiliki bathtub di kamar mandi. Bunda bisa mengajaknya untuk ‘berenang’ di sana, bila perlu juga bisa diiming-imingi dengan kata-kata ‘berenang bersama mainan favoritnya’.

Atau, Bunda bisa juga menyediakan kolam dari karet berukuran kecil agar anak bisa berenang. Tambahkan bubble bath khusus anak agar acara ‘berenang’ si kecil bertambah seru lagi. 

Ikut mandi bersama si kecil

Jangan takut berbasah-basah ria ketika memandikan anak ya, Bun! Bunda bahkan bisa ikut mandi bersama si kecil, untuk memberitahukan atau menunjukkan jika mandi itu adalah kegiatan yang menyenangkan.

Namun, jika tidak ingin ditanya-tanya seputar anatomi tubuh, disarankan Bunda untuk tetap memakai pakaian ketika ikut mandi bersama anak. 

Memberi hadiah

Tips terakhir untuk mengatasi anak tidak mau mandi adalah berikan mereka hadiah, atau mengiming-iminginya dengan sesuatu. Seperti, memberi si kecil camilan favoritnya atau berjanji mengajaknya jalan-jalan untuk beli mainan baru.

Siapkan hadiah spesial untuk anak jika mereka mau mandi tanpa harus disuruh selama berhari-hari. Jika sudah terbiasa, Bunda bisa kurangi pemberian hadiah tersebut agar anak tidak jadi anak manja dan menuntut hadiah ketika akan mandi.

Nah, demikianlah beberapa tips yang bisa Bunda lakukan ketika anak tidak mau mandi. Yukk tambah wawasan seputar informasi parenting, Bunda. Semoga bermanfaat ya, Bunda!

Post a Comment for "Bunda, Inilah 5 Tips Atasi Anak yang Susah Mandi!"