Mengenal Lebih Dekat Dengan Ewallet

Inspiratips - Mungkin Anda sudah tidak asing dengan ewallet atau dompet digital. Sudah banyak masyarakat yang menggunakannya. Lalu sebenarnya apa ini ewallet atau dompet digital ini?

Pengertian E-Wallet

E-wallet atau dompet elektronik adalah salah satu bentuk financial technology (fintech) yang menjadi alternatif metode pembayaran dengan memanfaatkan media internet. 

Seperti namanya, e-wallet atau dompet elektronik berguna untuk menyimpan uang yang digunakan untuk transaksi secara online maupun offline dengan menggunakan QR code.

E-wallet ini berbasis aplikasi di smartphone. Hal ini memungkinkanmu menyimpan uang di e-wallet ini dan menggunakannya untuk pembayaran berbagai kebutuhan. 

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa penyedia layanan e-wallet, seperti Go-Pay, OVO, Dana. 

Cara Kerja Ewallet

Setelah mengetahui pengertiannya, perlu diketahui pula bagaimana sistem transaksi e-wallet bekerja. Pada dasarnya, sistem transaksi di aplikasi ini cukup sederhana. 

Dengan memiliki akun dan melakukan top-up atau pengisian saldo, kamu dapat melakukan pembayaran di berbagai tempat. E-wallet juga memungkinkan pengguna yang telah terdaftar untuk melakukan pembayaran secara online dengan aman dan nyaman. 

Hal ini karena pengguna dapat menerima atau mengirim uang hanya dengan mencantumkan nomor telepon yang akan dituju. Jika melakukan pembayaran secara offline, kamu bisa melakukannya dengan memindai barcode. 

Manfaat memiliki ewallet

1. Mewujudkan cashless society

Pada 2014, Bank Indonesia menggagas Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang bertujuan untuk membuat masyarakat semakin mengenali transaksi nontunai. 

Selain praktis dan nyaman, transaksi nontunai dapat mempermudah dalam mengatur keuangan. Gerakan ini sendiri digagas karena melalui transaksi nontunai, Bank Indonesia dapat mengurangi anggaran sebesar Rp3,5 triliun. 

Anggaran tersebut digunakan untuk mencetak uang baru, juga untuk menggantikan uang yang sudah kumal. 

2. Adanya promosi

Terdapat berbagai promosi seperti potongan harga atau cashback yang bisa kamu manfaatkan. Beberapa aplikasi juga menyediakan sistem poin setiap melakukan transaksi yang dapat kamu tukar dengan hadiah menarik. 

3. Mempermudah pencatatan transaksi

Karena berbasis elektronik, kamu juga akan lebih mudah dalam mengetahui pengeluaranmu. Dan seperti yang diketahui, bahwa sistem elektronik menjadikan data lebih akurat daripada manual.

4. Lebih aman

Asalkan kamu menjaga akun, password, dan tidak memberikan OTP kepada pihak lain, e-wallet adalah sistem yang cukup aman dari pencurian dana. Bahkan, kamu juga tidak perlu lagi untuk panik kala dompet tertinggal, karena tetap bisa bertransaksi melalui dompet digital. 

5. Dapat melakukan berbagai transaksi

Fitur dan layanan e-wallet yang semakin lengkap membuat kita semakin mudah untuk bertransaksi, baik untuk berbelanja, investasi, hingga bersedekah. Meskipun begitu, kamu tetap harus bijak dalam bertransaksi menggunakan e-wallet. 

Ewallet dapat diisi melalui ATM maupun online banking. Seperti Internet ebanking bri terbaru yang dapat melakukan top up ewallet seperti gopay. Hanya dengan mengekuarkan Rp.1000 untuk biaya top up gopay bri Anda dapat melakukan pengisian saldo ewallet dengan mudah.

Post a Comment for "Mengenal Lebih Dekat Dengan Ewallet"

List Blog Keren Rajabacklink