Yukk Ketahui Apa itu Laporan Laba Rugi dan Cara Membuatnya

laporan-laba-rugi

Inspiratips - Bagi Anda yang sering berhubungan dengan bisnis dan perusahaan, pastilah Anda pernah mendengar sebuah istilah laba dan rugi. Pun, jika Anda merupakan seorang atasan atau pimpinan perusahaan, istilah itu bisa lebih spesifik menjadi laporan yang Anda butuhkan. Tentu laporan ini termasuk satu dari sekian banyak laporan yang perlu dipelajari di dunia Akuntansi. 

Pada kesempatan kali ini, Inspiratips akan menjabarkan tentang apa sih laporan laba rugi dalam sebuah perusahaan atau dunia bisnis. Penjabaran ini seputar pengertian, elemen yang harus ada dalam laporan laba rugi, serta bagaimana mekanisme membuatnya. 

Apa itu Laporan Laba Rugi?

Sederhananya, laporan laba rugi merupakan salah satu jenis laporan keuangan yang menyuguhkan data berupa informasi pendapatan, pengeluaran, keuntungan, dan kerugian yang dialami oleh perusahaan dengan periodesasi tertentu. Meski lebih spesifik kepada prosentase materialis, akan tetapi laporan ini bisa dijadikan sebagai acuan bagaimana kinerja sebuah perusahaan atau industri.

Berdasarkan klasifikasi, laporan laba rugi bisa dimasukkan ke dalam salah satu laporan keuangan yang cukup penting, pun sebagai laporan yang terikat dengan laporan keuangan lainnya. Secara umum, laporan ini dibuat atas dasar profitabilitas perusahaan, serta mengetahui nilai investasi suatu perusahaan. Misalnya, kinerja mengenai bentuk investasi P2P Lending dari perusahaan. 

Jika Anda bekerja di bagian finance pada suatu perusahaan, kemungkinan Anda akan diminta membuat laporan keuangan laba rugi pada periodesasi tahunan, atau bulanan, sesuai kebijakan perusahaan. Terkadang, laporan ini dapat menjadi acuan bagi para investor dalam melirik kinerja perusahaan. Maka jangan heran, laporan satu ini sangat perlu ketelitian super tinggi dalam pengerjaannya. 

Rumusnya sangat sederhana, apabila nilai pendapatan lebih besar ketimbang beban, maka selisih yang ada bisa diambil sebagai laba. Sebaliknya, tatkala nilai beban lebih besar ketimbang pendapatan, maka selisih yang ada bisa disebut sebagai kerugian perusahaan.

Elemen-Elemen yang Harus Ada Pada Laporan Laba Rugi

Sebelum beranjak lebih jauh menguraikan tentang bagaimana cara membuat laporan laba rugi, Anda perlu tahu elemen apa saja yang harus ada di dalam laporan keuangan satu ini. Jangan sampai, terlalu fokus pada beban dan pendapatan (nilai), elemen lain Anda lupakan. Nah, berikut inilah elemen yang wajib ada pada laporan laba rugi. 

Pendapatan (revenue)

Revenue atau pendapatan merupakan pendapatan perusahaan yang didapatkan dari adanya kegiatan, aktivitas, dan operasional. Satu catatan penting, nilai pendapatan suatu perusahaan ialah laba kotor yang sudah dikurangi biaya operasional, biaya marketing, dan biaya-biaya lainnya. 

Beban (expenses)

Expenses atau beban merupakan arus kas keluar perusahaan dalam rangka menunjang segala kegiatan dan operasional perusahaan. Sebut saja, misal dengan adanya pengiriman barang atau berkaitan dengan biaya produksi, dan lain-lain. 

Keuntungan (profit)

Profit atau keuntungan, bisa diartikan sebagai meningkatnya ekuitas karena adanya transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Baik itu berupa penjualan, adanya investor baru, atau kegiatan lainnya. 

Kerugian (loss)

Loss atau kerugian, bisa diartikan sebagai menurunnya ekuitas perusahaan karena adanya transaksi yang tidak labih tinggi dari beban yang dikeluarkan oleh perusahaan. Hal ini menyebabkan perusahaan menjadi merugi.

Mekanisme Membuat Laporan Laba Rugi

Berdasarkan urutannya, laporan laba rugi ini bisa dibuat sesudah menyelesaikan laporan neraca. Mengapa? Karena saldo neraca merupakan kerangka pembuatan laporan ini. Namun secara umum, Anda bisa membuat laporan ini dengan menerapkan mekanisme: 

  • Tentukan jenis laporan yang akan Anda buat 
  • Membuat identitas perusahaan pada header laporan 
  • Jangan lupa mencantumkan periodesasi laporan

Langkah berikutnya, Anda perlu menyertakan elemen-elemen laba rugi di dalamnya. 

  • Nilai beban, hal mana Anda bisa mengambilnya dari laporan neraca 
  • Total pendapatan perusahaan

Demikianlah rangkuman kami seputar laporan laba rugi yang perlu disiapkan oleh perusahaan. Laporan yang baik, bisa meningkatkan kinerja perusahaan, ingat baik-baik ya!

Post a Comment for "Yukk Ketahui Apa itu Laporan Laba Rugi dan Cara Membuatnya"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi