Inilah Tips Aman Bermain Arung Jeram Bagi Pemula

paket wisata arung jeram sukabumi

Arung jeram atau rafting merupakan kegiatan olahraga yang seru. Pada dasarnya, rafting ini adalah kegiatan mengarungi sungai yang arusnya cukup deras menggunakan perahu karet. Banyaknya peminat olahraga ini mendorong banyak tempat menawarkan sensasi seru bermain arung jeram, seperti Niagara Adventure.

Rafting menjadi salah satu jenis olahraga yang menantang dan berisiko tinggi. Oleh sebab itu, jika ingin memainkannya perlu memperhatikan beberapa cara aman berikut. Simak hingga selesai, ya. 

Memastikan Lokasi Sesuai dengan Kesiapan Diri

Hal utama yang perlu kamu siapakan sebelum arung jeram adalah lokasinya. Tentukan dulu sungai mana yang ingin kamu lintasi. Setiap sungai memiliki tingkat kesulitan atau karakternya sendiri.

Apabila kamu adalah seorang pemula, maka lebih baik memilih sungai dengan arus yang tidak terlalu kencang ketika melakukan rafting, pastikan juga sungai tersebut tidak begitu panjang dan dalam. 

Menyiapkan Perlengkapan Rafting

Satu hal yang juga tidak kalah penting, yakni pakaian dengan berbagai perlengkapan arung jeram yang harus kamu perhatikan secara cermat. Jangan memakai pakaian berbahan jeans yang berat ketika terkena air.

Sebaiknya, kenakan pakaian tipis dan celana pendek agar aman dan nyaman ketika rafting. Jangan lupa menggunakan perlengkapan keselamatan seperti pelampung dan helm. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan beberapa alat keselamatan lain, misalnya pelindung siku, pelindung lutut, atau sepatu. 

Belajar dan Menguasai Teknik Dasar Berenang

Keamanan yang lebih tinggi memang harus kamu pertimbangkan ketika ingin melakukan kegiatan arung jeram. Walaupun telah menggunakan pelampung, namun kemampuan dasar berenang tetap kamu butuhkan.

Hal ini berguna untuk mengantisipasi ketika perahu terbalik atau terseret arus. Oleh sebab itu, bagi kamu yang tidak dapat berenang sama sekali, lebih baik tidak mencoba olahraga yang satu ini, ya. 

Pemanasan Lebih Dulu Sebelum Rafting

Rafting atau arung jeram memang menuntut kemampuan dan kekuatan fisik yang prima, serta bagian tangan menjadi hal penting karena menjadi tumpuan. Supaya kamu terhindar dari cedera atau kram, sebaiknya lakukan pemanasan lebih dulu.

Lakukan workout ringan sehari atau dua hari sebelum melakukan arung jeram. Hal ini berguna untuk melemaskan otot sehingga tidak kaget saat memulai kegiatan rafting.

Jika kamu dan teman-teman atau keluarga sudah siap untuk rafting bersama, kamu dapat berlibur ke Niagara Adventure. Tenang saja, Niagara Adventure menjamin fasilitas yang kamu dapatkan sesuai dengan harga yang kamu bayarkan. Di sana, tersedia sejumlah paket arung jeram yang memberikan sensasi rafting di grade tertinggi di Jawa barat.

Kamu bisa memilih paket mana saja, mulai dari rafting family trip, rafting adventure trip, hingga rafting long adventure trip sesuai dengan kemampuan dan keinginan. Yuk, cek paket wisata arung jeram Sukabumi lebih lanjut hanya di www.niagararafting.com. Selamat berlibur!

Post a Comment for "Inilah Tips Aman Bermain Arung Jeram Bagi Pemula"