Tips Mendaki Gunung Batur di Bali, Pemula Wajib Tahu

tips mendaki gunung batur
source: www.water-sport-bali.com

Bali merupakan destinasi wisata yang tak pernah membosankan untuk dikunjungi. Banyak tempat wisata yang bisa kamu eksplor sendirian, bersama teman, sahabat dan juga keluarga. Seperti kebanyakan wilayah Indonesia lainnya, Pulau Dewata juga memiliki beberapa gunung. Salah satunya Gunung Batur.

Jika kamu tertarik berwisata dengan cara tidak biasa, seperti mendaki gunung, tentunya butuh persiapan yang matang untuk meminimalisir terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah beberapa tips mendaki Gunung Batur, Bali untuk menambah wawasan dan mungkin bisa dipraktekkan. Yuk langsung disimak!

Mempersiapkan Fisik dan Mental

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah mempersiapkan fisik dan mental. Sebab, fisik dan stamina yang kuat tidak cukup jika mental kamu lemah. Kamu bisa melakukan pengecekan kesehatan tubuh sebelum berangkat. Jika merasa kurang enak badan, disarankan untuk menunda pendakian.

Jangan pernah memaksakan dirimu untuk tetap mendaki, karena pendakian pastinya akan menguras banyak tenaga. Apalagi juga harus menghadapi cuaca di gunung yang bisa saja berubah ekstrem secara mendadak tanpa terduga.

Menentukan Waktu yang Tepat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, cuaca di gunung sangat tidak mudah ditebak. Oleh sebab itu, kamu perlu menentukan waktu yang tepat untuk memulai pendakian. Butuh waktu sekitar 1 – 2 jam untuk sampai di puncak Gunung Batur.

Biasanya, para pendaki berangkat mendaki pada pukul 04.00 WITA subuh dan sampai di puncaknya pada pukul 06.00 WITA.

Mempersiapkan Perlengkapan Mendaki

Tips mendaki Gunung Batur satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Kamu harus mempersiapkan perlengkapan mendaki sesuai kebutuhan. Seperti menggunakan sepatu gunung untuk memudahkanmu berjalan di areal berbatu, berpasir atau berlumpur.

Siapkan pula baju hangat yang cukup dan jika bisa bahan bajunya anti air, mengantisipasi jika terjadi hujan agar pakaianmu tidak basah kuyup. Selalu bawa plastik sampah sendiri agar tidak mengotori sekaligus menjaga kelestarian dan keindahan alam di kawasan Gunung Batur.

Membawa Bekal Selama Perjalanan

Untuk menjaga stamina, kamu bisa membawa bekal selama perjalanan. Di perjalanan mendaki, kamu akan berhenti di beberapa pos untuk beristirahat. Maka, siapkan perbekalan makanan seperti roti atau lainnya dan minuman yang cukup.

Itulah beberapa tips mendaki Gunung Batur yang bisa kamu praktekkan. Bagi pemula, ada baiknya menggunakan jasa tour guide pendakian yang sudah hafal jalur pendakian. Ubud Bali Trekking bisa menjadi pilihan yang tepat. Dijamin guide for trekking sudah profesional dan pastinya aman.

Informasi selengkapnya bisa kamu lihat di laman ubudbalitrekking.com. Yuk melihat pesona sunrise di Gunung Batur Bali bersama Ubud Bali Trekking!

Post a Comment for "Tips Mendaki Gunung Batur di Bali, Pemula Wajib Tahu"