Cegah Flu Pada Bayi dengan Cara ini

Kondisi bayi yang baru saja lahir tentu rentan terkena beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit flu dan hidung yang tersumbat. Untuk itu, Bunda harus selalu menjaga kesehatan bayi dengan secara berkala membantu mereka meningkatkan daya tahan tabuh, serta mencari cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang jika dibiarkan tentu akan menimbulkan masalah besar. 

Hal ini disebabkan karena, pada hidung bayi terdapat kerangka kartilago dan jaringan ikat penyangga yang lebih lentur dibandingkan dengan orang dewasa. Sehingga tentu risiko hidung tersumbat menjadi lebih besar.

Agar bayi tidak sampai kesulitan bernapas akibat hidung yang tertutup lendir, ada baiknya Bunda benar-benar memantau kondisi kesehatan bayi kesayangan, dan melakukan beberapa langkah pencegahan. Khususnya untuk mencegah si kecil terkena penyakit flu yang pastinya akan menyiksa. Berikut beberapa cara mencegah flu pada bayi usia 0 - 12 bulan, yuk disimak.

Menjaga kebersihan

Kebersihan dalam kategori ini mencangkup kebersihan pada diri bayi termasuk pakaian yang ia kenakan, semua peralatan yang digunakan seperti botol susu serta kebersihan pada diri Anda sendiri sebagai orang tua, pengasuh maupun orang sekitar.

Selalu terapkan kebersihan dalam segala lah setidaknya dapat meminimalisir penyebaran virus yang cepat dan tentu akan merugikan kondisi kesehatan bayi. Selalu cuci tangan dengan menggunakan sabun, menutup mulut saat bersin dan batuk serta rutin membersihkan sekeliling ruang tempat bayi beristirahat.

Melakukan imunisasi

Bukan rahasia lagi jika imunisasi menjadi bagian dari cara kita dalam mencegah penyebaran virus yang bisa mengkontaminasi bayi Anda. Untuk itu, bunda harus secara teratur dan berkala memberikan imunisasi dan vaksinasi kepada anak usia bayi sesuai dengan rekomendasi dari dokter.

Mejaga kualitas tidur bayi

Selain langkah di atas, bunda juga dapat mencegah sakit flu pada anak dengan menjaga pola dan kualitas tidurnya. Hal ini karena dengan kualitas tidur yang baik, sistem imun juga akan kian meningkat dan membantu anak meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa cara dapat bunda lakukan guna meningkatkan kualitas tidur sang bayi, diantaranya dengan memastikan bayi beristirahat di ruang yang sejuk, tubuh bayi dalam keadaan bersih dan kenyang, serta membuat lampu kamar sedikit lebih redup.

Meski begitu, bunda tetap perlu memberikan si kecil susu paling tidak dua sampai tiga jam sekali, yaa. Hal ini tentu agar si kecil tetap ternutrisi dengan baik dan membantu dirinya memaksimalkan tumbuh kembang.

Itu dia beberapa cara dalam mencegah bayi terkena sakit flu yang mengintai. Cepatnya arus penyebaran virus membuat bunda harus ekstra berhati-hati dan lebih waspada dalam menjaga kesehatan bayi. Namun jika bayi telah terinfeksi virus setelah melihat gejala-gejala yang ada, segera konsultasikan kondisi tersebut kepada dokter anak terpercaya agar sakit yang diderita oleh bayi kesayangan dapat segera ditangani dengan baik.

Post a Comment for "Cegah Flu Pada Bayi dengan Cara ini"