Cara Menyimpan Minyak Goreng Supaya Tidak Cepat Tengik

cara menyimpan goreng supaya tidak cepat tengik

Saat ini minyak goreng memiliki harga yang melonjak drastis. Sedangkan, kebutuhan dapur tidak bisa lepas dari fungsi minyak goreng. Karena minyak goreng sekarang mahal, maka kita harus menjaga kualitasnya. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyimpan minyak agar lebih awet, salah satunya menggunakan botol minyak goreng.

Perlu kita ketahui, penyimpanan yang salah dapat menyebabkan bau tengik pada minyak goreng. Lalu, bagaimana cara menyimpan minyak goreng yang tepat? Berikut ini penjelasannya.

Menyimpan dalam botol kaca

Banyak ibu yang menyimpan minyaknya dalam kemasan botol plastik. Hal ini karena mereka menilai kemasan ini lebih praktis dan banyak di pasaran daripada botol kaca. Padahal, minyak goreng yang kita simpan di botol plastik akan mudah turun kualitasnya.

Bahan plastik lebih mudah memuai dan larut ke dalam minyak sehingga jumlah peroksida minyak cepat naik. Semakin tinggi kandungan peroksidanya, semakin cepat minyak tersebut berbau tengik.

Kamu bisa menyimpan minyak goreng ke botol kaca dengan ukuran kecil. Hal ini akan memperpanjang daya simpan minyak. Dengan cara ini, mikroba maupun oksigen akan sulit masuk karena tidak terlalu sering buka-tutup botol.

Tidak meletakkan di sekitar kompor

Meletakkan minyak goreng di dekat kompor sudah menjadi kebiasaan para ibu. Hal ini mereka lakukan agar lebih mudah saat ingin menuangkan minyak ke dalam penggorengan. Panas kompor dapat membuat minyak mudah menguap dan kualitasnya menurun.

Mulai sekarang, ayo kita ubah kebiasaan yang satu ini. Mari simpan minyak goreng di rak atau lemari dapur yang tertutup. Suhu ruangan harus tetap stabil agar kualitas minyak tidak menurun dan terjaga dengan baik.

Menjauhkan sinar matahari langsung

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika minyak goreng tidak boleh terpapar sinar matahari secara langsung. Suhu panas akibat matahari dapat membuat antioksidan pada minyak menjadi meluruh sehingga minyak akan cepat busuk.

Keadaan ini bisa semakin parah apabila kamu menyimpan minyak dalam kemasan plastik. Semakin cepat minyak memuai, maka semakin cepat pula kandungannya rusak dan menimbulkan bau tengik.

Maka dari itu, mari beralih ke botol kaca untuk menyimpan minyak goreng di rumah. Kamu bisa membeli berbagai botol minyak di Grinn Living.

Tidak hanya botol, kamu juga bisa membeli toples kaca, rak dapur, dan keperluan dapur lainnya dengan mengunjungi grinnliving.com. Yuk, intip produknya dan belanja untuk kebutuhan dapurmu di Grinn Living. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Menyimpan Minyak Goreng Supaya Tidak Cepat Tengik"