Manfaat Investasi Unit Link

Sekarang ini, asuransi memiliki peran penting dan sangat dibutuhkan oleh setiap individu di masyarakat. Pasalnya, tak hanya memberikan manfaat proteksi, sekarang ini sudah ada pula produk asuransi yang memberikan manfaat investasi. Asuransi ini disebut dengan asuransi unit link atau biasa disebut investasi unit link

Manfaat Investasi Unit Link

Investasi Unit Link merupakan salah satu produk asuransi yang memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki dua fungsi sekaligus berdasarkan artikel di situs OJK, yaitu fungsi perlindungan jiwa dan fungsi investasi, sehingga dalam asuransi unit link, uang premi yang Anda bayarkan akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu untuk membayar proteksi dan untuk dimasukan ke reksa dana, yang nantinya akan dikelola oleh ahli investasi. Namun tidak semua produk investasi unit link memiliki 2 manfaat ini. Kebanyakan hanya memiliki 1 manfaat yaitu investasi. 

Dalam asuransi unit link, Anda harus memahami bahwa dana investasi tersebut memiliki resiko turun dan naik nilainya. Oleh karena itu, biasanya perusahaan akan memberikan free lock period yang merupakan masa tertentu, dimana pemegang polis dapat membatalkan asuransi apabila terdapat syarat dan ketentuan yang tidak disepakati. 

Terdapat banyak manfaat yang akan didapatkan apabila Anda memilih asuransi ini. Berikut adalah berbagai manfaat tersebut. 

1. Nilai Tunai Tidak Hangus

Pada asuransi jiwa murni, manfaat dari asuransi bisa saja hangus apabila dalam masa yang telah disepakati tidak terjadi resiko kerugian yang dapat ditanggung. Hal tersebut tidak berlaku pada investasi unit link karena Anda dapat mencairkan asuransi tersebut pada waktu tertentu, sehingga uang premi yang Anda bayarkan tidak akan terbuang sia-sia.

2. Mudah dalam Berinvestasi

Dalam berinvestasi, tentunya seseorang akan merasa takut apabila mengalami resiko kerugian. Namun, hal tersebut berbeda dengan sistem pada investasi unit link. Anda tidak perlu khawatir akan resiko kegagalan tersebut, karena dana akan dikelola oleh perusahaan. Hal seperti ini hampir mirip dengan sistem investasi reksa dana. Meskipun begitu, investasi tetaplah investasi, sehingga Anda hanya dapat mengurangi tingkat kemungkinan Anda mengalami risiko kerugian. 

3. Memberikan Dua Keuntungan Sekaligus

Ketika Anda membayar premi dalam asuransi unit link, maka Anda sudah mendapatkan manfaat investasi dan manfaat perlindungan. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot dalam mengurus investasi, karena perusahaanlah yang akan bertindak sebagai manajer investasi. 

Anda dapat memilih investasi apa yang akan Anda gunakan. Beberapa jenis investasi yang dapat dipilih yaitu investasi saham, investasi campuran, investasi pendapatan tetap dan investasi pasar uang. Tentunya, jenis investasi yang dipilih harus disesuaikan dengan kebutuhan. 

4. Jangka Perlindungan Lebih Panjang

Dibandingkan dengan asuransi jiwa murni, asuransi unit link memiliki masa pertanggungan yang lebih panjang, yakni 80 hingga 100 tahun. Hal tersebut umumnya tercantum dalam ilustrasi manfaat dan asuransi polis. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot untuk memperpanjang jangka asuransi. 

5. Terdapat Manfaat Asuransi Tambahan

Apabila Anda menggunakan asuransi unit link, Anda akan dapat merasakan manfaat tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, sehingga Anda tidak hanya mendapatkan asuransi jiwa saja. Manfaat tambahan tersebut diantaranya yaitu mendapatkan perlindungan kecelakaan, mendapatkan perlindungan disabilitas, hingga perlindungan penyakit kritis. 

Demikian beberapa manfaat dari investasi unit link. Oleh karena itu, pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi keuangan Anda saat ini.

Post a Comment for " Manfaat Investasi Unit Link"