Rekomendasi Merk Oli Motor Terbaik untuk Motor Kamu

Oli Motor Terbaik

Selain bahan bakar, motor juga memerlukan cairan pelumas mesin atau yang biasa disebut dengan oli. Oli ini berfungsi sebagai cairan pelumas pada mesin-mesin yang berkaitan dengan gesekan, cooling agent di ruang mesin, mengurangi karat dan juga melindungi wearing pada permukaan elemen.

Bisa dikatakan, oli memang sangat penting bagi kendaraan bermotor, karena membuat kinerja mesin pada sebuah motor akan menjadi lebih optimal. Kinerja mesin motor sangat tergantung dari jenis oli yang Anda pakai, sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui tentang jenis oli apa yang seharusnya dipakai dan cocok untuk kendaraannya.

Dalam memilih oli, Anda harus memperhatikan spesifikasi dari oli tersebut, seperti tingkat kekentalan oli atau SAE serta kualitas oli (API Servise). Setiap mesin motor mempunyai karakter dan konstruksi masing-masing yang harus sesuai dengan pemakaian olinya. Dengan oli yang sesuai dengan jenis kendaraan, pasti membuat motor Anda menjadi lebih baik dan suara yang dihasilkan terasa lebih halus.

Terdapat banyak sekali jenis atau rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia yang bisa Anda jadikan pertimbangan, mana merk oli yang cocok dengan jenis kendaraan bermotor kesayangan. Simak baik-baik, ya! 

AHM Oil

Merk oli pertama adalah AHM Oil, yang diproduksi oleh PT. Astra Honda Motor dan memang dikhususkan untuk semua motor keluaran pabrik Honda. Namun, jika melihat dari spesifikasi oli tersebut, tidak menutup kemungkinan oli satu ini juga cocok untuk merk motor lainnya.

Untuk masalah harga, AHM terbilang cukup terjangkau dari merk oli lain. Di kemasannya, AHM 1 liter harganya berkisar di harga Rp 40 ribuan. Berdasarkan spesifikasinya, merk oli terbaik ini terbagi menjadi 4 jenis, di antaranya Oli AHM SPX-1, Oli AHM SPX-2, Oli AHM MPX-1 dan Oli AHM MPX-2. 

Castrol Oil

Castrol Oil merupakan salah satu oli motor terbaik yang pernah ada di Indonesia. Spesifikasinya yang bagus dan kualitas yang baik, minyak pelumas ini memiliki daya tahan serta mampu memberikan perlindungan pada mesin secara lebih optimal.

Merk oli satu ini khusus diperuntukkan untuk sepeda motor, namun ada pula oli khusus untuk mobil. Untuk harganya, terbilang cukup mahal salah satunya oli Castrol Power 1 Racing 4T yang dibanderol seharga Rp 70 ribuan untuk kemasan oli 1 liternya. Terlepas dari harganya yang cukup mahal, oli tersebut memiliki teknologi modern yang mampu meningkatkan performa mesin motor. 

Evalube

Pelumas mesin buatan Yamaha ini memiliki tingkat kekentalan yang bagus dan harga jual yang cukup terjangkau. Di Indonesia, ada beberapa jenis oli merk Evalube salah satunya yang terbaru adalah Evalube 4T Pro Syntetic.

Oli tersebut mempunyai kekentalan ganda atau multigrade yang bisa Anda gunakan untuk kendaraan bermotor dengan mesin 4 langkah generasi terbaru, yang telah memenuhi standar API SL/JOSO MA2. Oli ini terbuat dari base oli syntetic berkualitas tinggi, lalu dicampur dengan aditif detergent, anti karat, antioksidan, anti gesek, anti busa serta memiliki viscositas index yang tinggi. Sehingga, Evalube ini sangat baik pada temperatur rendah.

Oli TOP 1 Action Matic Series

Terakhir, adalah oli TOP 1 Action Matic Series dengan bahan dasar synthetic terbaik. Oli satu ini telah teruji kualitasnya dan menjadi oli motor matic yang bagus untuk jarak jauh. Telah dibuktikan oleh ratusan komunitas motor matic di Indonesia.

Keunggulan dari TOP 1 Action Matic ini adalah mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih halus, karena diformulasikan dengan smooth riding additive. Sangat cocok untuk motor matic yang sering terjebak kemacetan dan melalui kondisi jalanan kota yang tak menentu.

Selain itu, oli ini juga mampu memberikan perlindungan lebih tahan lama dan bisa membuat motor jenis matic jadi lebih irit bahan bakar. Sebab, kadar sintetiknya yang lebih tinggi dan telah melampaui kualitas oli pabrikan dengan sertifikasi JASO MB terbaru di tahun 2016.

Demikianlah beberapa rekomendasi merk oli terbaik untuk motor agar performa kendaraan Anda bisa menjadi lebih baik dan menghasilkan suara yang lebih halus. Semoga bermanfaat, ya!

Post a Comment for "Rekomendasi Merk Oli Motor Terbaik untuk Motor Kamu"