Berikut Sederet Sumber Pinjaman Dana Bagi UMKM dari Pemerintah Dengan Bunga Minim

pinjaman dana bagi umkm

Modal usaha menjadi hal krusial bagi mereka yang baru merintis bisnis kecil-kecilan, inilah yang sering menjadi faktor penghambat. Ya, tidak sedikit orang akhirnya memutuskan untuk tidak jadi memulai bisnis karena keterbatasan modal. 

Namun bagi mereka yang kekeh dengan usaha dan tekatnya bisa mencari jalan keluar, salah satunya dengan memanfaatkan pinjaman dana bagi umkm dari berbagai sumber. 

Di Indonesia sendiri banyak jenis pinjaman modal dari berbagai lembaga baik pemerintah maupun lembaga swasta. Ini artinya banyak kesempatan yang bisa Anda manfaatkan untuk terus maju memulai usaha.

Mungkin jaman dahulu pinjaman dana modal usaha hanya bisa didapatkan dari para lembaga perbankan saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, pemerintah berupaya berkontribusi dalam memajukan dan mengembangkan usaha para pelaku mikro, kecil dan menengah.

Ini artinya bagi Anda yang merasa kebingungan dalam modal usaha, bisa memanfaatkannya. Berbeda dari jenis non konvensional, umumnya pinjaman yang berasal dari pemerintah akan menawarkan beberapa kelebihan seperti: 

  • Proses yang lebih mudah.
  • Bunga yang lebih ringan.
  • Modal yang lebih banyak.
  • Baik bentuk pinjaman modal ataupun lainnya.

Nah, kontribusi pemerintah dalam memajukan usaha dan perekonomian Indonesia memang sudah dirasakan. Dimana hal itu tercipta dengan banyaknya jenis pinjaman dana bagi umkm dari pemerintah yang bisa dimanfaatkan. Bagi Anda yang berniatan untuk melakukan pengajuan pinjaman berikut ini beberapa pilihan diantaranya: 

KUR

Umumnya target dari jenis pinjaman ini adalah mereka para pengusaha kecil dan menengah. Bunga yang ditawarkan jenis pinjaman ini rendah dan bisa mengajukan melalui berbagai lembaga perbankan. 

PKBL

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau PJBL merupakan salah satu program pemerintah yang bisa Anda manfaatkan.

Selain dari 2 diatas, Anda bisa pula melakukan pinjaman dana bagi umkm dari LPDB mitra koperasi. Dimana itu merupakan salah satu program pemerintah yang bekerjasama dengan koperasi untuk memajukan dunia usaha di Indonesia. Lebih luas jangkauannya, dimana LPDB bisa digunakan oleh pelaku usaha mikro, kecil sampai dengan menengah. Bukan hanya dana yang lebih banyak namun bunga yang ditawarkan juga lebih ringan sehingga tidak memberatkan para pelaku usaha.

Post a Comment for "Berikut Sederet Sumber Pinjaman Dana Bagi UMKM dari Pemerintah Dengan Bunga Minim"