Cara Mudah dan Efektif Menghafal Al-Qur’an Bagi Anak

cara mudah menghafal Al-Qur'an

Setiap orang tua yang beragama Islam pasti ingin sang buah hati pintar membaca kitab suci Al-Qur’an, bahkan akan lebih bagus jika dapat menghafalkannya. Jika seperti itu, tentu Anda harus mengetahui metode atau cara menghafal Al-Quran yang efektif untuk anak, agar mereka bisa dan tidak mudah lupa. 

Mengajarkan cara menghafal Al-Qur’an pada anak dapat dilakukan sejak usia balita minimal berusia di bawah dua tahun. Pada usia ini, anak akan mudah dibentuk kepribadiannya dan menyerap dengan baik ajaran dari kedua orang tua. Mengenalkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an sejak dini membuat anak akan lebih mencintai kitab suci dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Cara Efektif Menghafalkan Al-Qur’an untuk Anak 

Perdengarkan Ayat Suci Al-Qur’an di Setiap Waktu 

Hal tersebut menjadi salah satu cara menghafalkan Al-Qur’an, agar anak terbiasa dengan ayat suci yang dilantunkan. Alangkah baiknya, anak langsung mendengar lantunan ayat Al-Qur’an dari mulut orang tuanya. Mereka akan lebih mudah menyerap berbagai hal di sekitar yang dilakukan secara berulang-ulang. 

Perdengarkan Sejak Dalam Kandungan 

Anda pernah mengetahui teori tentang bayi dalam kandungan yang memiliki kemampuan mendengarkan lingkungan sekitarnya? Hal itu sudah dibenarkan oleh beberapa ahli. Maka, Anda dapat memperdengarkan lantunan ayat suci sejak bayi masih berada di dalam kandungan. 

Menggunakan Cara yang Unik

Terapkan cara unik untuk hapalan ayat suci Al-Qur’an. Misalnya, anak Anda termasuk anak yang aktif bergerak ke sana kemari. Anda bisa menempelkan potongan ayat Al-Qur’an di dinding rumah. Meskipun anak tengah bermain dengan berlarian ke sana kemari, mereka tetap bisa menghafal Al-Qur’an tanpa merasa terpaksa. 

Bisa juga Anda mencari video bacaan Al-Qur’an di youtube yang disukai anak, seperti baca Al-Qur’an yang dilantunkan kartun favoritnya. Dengan begitu, mereka bisa mengikuti bacaan dari kartun tersebut sambil belajar menghafalkan Al-Qur’an. 

Menguji Bacaan Al-Qur’an 

Uji hafalan anak jika sudah menguasai surat-surat pendek yang ada di Juz 30. Menghafalkan surat pendek dapat membantu anak terbiasa dengan bacaan Al-Qur’an sehingga lebih mudah menghafal surat lain yang lebih panjang. 

Terus berikan semangat kepada anak Anda apabila hafalannya tidak lancar. Anda bisa memberitahu mereka potongan ayat yang mereka lupa agar bisa ingat lanjutan ayat yang sedang dibacanya. 

Gunakan Flash Card untuk Balita 

Jika mempunyai anak yang masih balita, metode flash card dapat dijadikan pilihan. Flash card adalah kartu warna-warni berisi huruf hijaiyah, yang dapat membantu anak memahami bacaan Al-Qur’an. Anda bisa mulai mengenalkannya sejak berusia enam bulan, sehingga matanya akan terbiasa dengan huruf-huruf tersebut. 

Memberikan Penghargaan kepada Anak 

Setiap kerja keras anak dalam menghafalkan Al-Qur’an, Anda dapat memberikan reward yang dapat menyenangkan hati si kecil. Anak juga akan lebih bersemangat untuk terus menambah hafalannya. Namun, jangan marahi mereka jika sedang dalam mode malas. Tetap berikan kasih sayang dan dorongan yang tulus supaya tidak merasa tertekan.

Konsisten Mengajari Anak 

Terakhir, konsisten atau istiqamah. Hal itu menjadi salah satu cara utama agar anak lebih cepat menghafal Al-Qur’an. Terkadang anak akan merasa malas, namun itu adalah sesuatu yang wajar. Jangan terlalu dipaksakan apabila mereka sedang malas atau lelah. Setidaknya, dalam sehari mereka sudah membaca dan menghafal beberapa ayat suci Al-Qur’an. 

Itulah beberapa cara menghafalkan Al-Qur’an yang efektif dan mudah diterapkan untuk anak. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Mudah dan Efektif Menghafal Al-Qur’an Bagi Anak "

List Blog Keren Rajabacklink