Makanan Khas Indonesia Yang Wajib Dicoba Food Lovers Sejati

Tidak sekedar kaya akan ragam budaya dan kesenian tradisional, Indonesia sebagai negara yang mempunyai 34 provinsi juga memiliki makanan khas yang sangat terkenal. Dari sekian banyak ragam Makanan Khas Indonesia, pastilah kamu sudah pernah menyantap beberapa di antaranya.

Selain dijamin nikmat, ragam Makanan Khas Indonesia pun terbilang unik, baik dari segi rasa, penampilan, hingga kreasi dan harga. Meningat makanan khas ini merupakan warisan leluhur yang bernilai, maka kita sebagai generasi penerus patut bangga dan menjaganya, jangan sampai punah.

Sebenarnya, keberadaan makanan khas ini sudah berekspansi ke daerah-daerah selain tempatnya berasal. Misalnya, ketika kamu ingin menyantap gudeg, maka kamu perlu ke Jogjakarta. Atau jika kamu ingin menyantap pecel, maka Blitar menjadi kota rujukannya.

Akan tetapi, jika kamu mengaku Food Lovers sejati, maka kamu perlu menapaki dan menyantap makanan khas ini langsung di tanah kelahirannya. Yaahh hitung-hitung sembari keliling nusantara kita yang sangat menakjubkan ini. Nah, bagi Food Lovers, kamu wajib mencoba makanan khas Indonesia yang ikonik ini! Cekidot! 

Rendang

Source: Solopos

Makanan khas pertama yang perlu kamu coba ialah Rendang. Mungkin kamu sudah pernah menyantap bukan? Jelaslah, karena makanan khas Minangkabau satu ini sudah sangat populer. Bumbunya yang begitu kentara, menjadikan makanan ini kaya akan cita rasa luar biasa.

Rendang diolah dengan api kecil atau suhu rendah, guna melembutkan teksturnya. Kemudian, daging-daging sapi itu dibalut dengan aneka rempah dan santan pilihan, dimasak selama beberapa jam hingga mengental. Umumnya, rendang dimasak dengan ketupat, tapi kalau kamu ingin pakai nasi atau leman juga boleh. 

Gudeg

Source: Phinemo

Makanan khas selanjutnya berasal dari Jogjakarta, gudeg namanya. Cita rasanya yang khas, membuat gudeg bukan hanya memikat warga pribumi, akan tetapi wisatawan mancanegara. Jika kamu pernah jalan-jalan ke Jogjakarta, kamu tidak akan asing melhat para turis menyantap makanan olahan nangka muda ini.

Sebagaimana rendang, gudeg pun membutuhkan waktu masak yang tidak sebentar agar memiliki tekstur yang empuk dan warna yang memikat. Gudeg umumnya dipadukan dengan nasi, ayam, tahu, pindang, dan lain-lain. Meski gudeng sudah tersebar di banyak daerah, kamu perlu mencicipi gudeg asli yang melegenda di Jogjakarta. Mantap!

Pempek

Source: Nusadaily

Kalau ada yang menyebut Pempek, pastilah Palembang akan menjadi daerah yang terlintas di pikiran kita. Benar saja, karena makanan satu ini merupakan ikonik Kota Palembang. Jika kamu pernah melihat penjual keliling menjajakan pempek di kota lain, mungkin dari rasanya tidak semantap asalnya, pun harganya. Hehe

Pempek merupakan olahan makanan yang berbahan dasar ikan Tenggiri atau Tongkol. Ikan-ikan ini digiling halus, lalu dipadukan dengan tepung kanji dan bumbu-bumbu pilihan. Saat penyajian, pempek akan disirami dengan saus pedas manis yang menggugah selera. 

Soto Betawi

Source: Detik

Selain soto Lamongan, salah satu soto yang ciamik nan mantap ialah soto Betawi, Jakarta. Sebagaimana soto Madura, soto Betawi juga menggunakan jeroan dan daging sapi sebagai bahan paling utama.

Umumnya, soto Betawi akan disajikan bersama dengan emping, potongan tomat, rebusan kentang, dan tak ketinggalan nasi putih. Meski kuahnya cenderung agak bening, eh jangan salah, rasanya sungguh mantap sangat. Menyantap soto Betawi, berasa jadi pendekar tanpa tanding. Hehe

Nah, itulah daftar makanan khas Indonesia yang wajib dicoba oleh Food Lover sejati. Emm, kalau aku sih suka Pempek Palembang. Apalagi dimakan saat hujan mengguyur. Syahduh rasanya. Kalau kamu, mana yang disukai? Berikat komentarmu di bawah ini ya!

Post a Comment for " Makanan Khas Indonesia Yang Wajib Dicoba Food Lovers Sejati"

List Blog Keren Rajabacklink