Mengulas Tuntas Rukun Haji Supaya Ibadah Semakin Hikmat

rukun haji
source: kompas.com

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat muslim yang mampu secara fisik maupun finansial. Ibadah ini dilakukan di Kota Suci Mekah. Umumnya, travel Haji Plus terbaik di Jakarta akan menjelaskan terkait tata cara haji kepada setiap calon jamaah agar ibadah haji terlaksana sesuai dengan ketentuan yang tepat.

Supaya ibadah haji semakin hikmat dan diterima oleh Allah, penting bagi setiap muslim untuk memahami rukun haji dengan baik.

Berikut ini 6 rukun haji yang menjadi pondasi dalam menjalankan ibadah haji. Simak ulasannya sampai akhir, ya!

Ihram

Ihram adalah niat dan tekad yang jamaah ucapkan untuk memulai ibadah haji. Jamaah mengenakan pakaian haji dan memasuki keadaan suci, serta menghindari segala bentuk larangan yang berlaku selama masa ihram.

Wukuf di Arafah

Wukuf berarti jamaah berdiri di Padang Arafah dan berdoa kepada Allah. Jamaah akan memohon ampunan dan memperbanyak ibadah maupun dzikir.

Wukuf di Arafah menjadi momen penting dalam ibadah haji yang melambangkan pengampunan dan kerendahan hati manusia di hadapan Allah.

Tawaf di Ka'bah

Tawaf atau mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh putaran. Tawaf merupakan simbol kesatuan umat Islam dan mengingatkan jamaah akan kebesaran Allah. Tawaf harus jamaah lakukan dengan penuh kekhusyukan dan penghormatan.

Sa'i antara Safa dan Marwah

Sa'i merupakan berlari-lari kecil sebanyak tujuh kali antara bukit Safa dan Marwah. Sa'i menggambarkan ketabahan dan kesabaran Hajar yang mencari air di padang pasir untuk anaknya bernama Ismail.

Tahallul

Tahallul yaitu mencukur atau memotong sebagian rambut sebagai tanda bahwa jamaah telah menyelesaikan ibadah haji utama. Tahallul melambangkan pembebasan diri dari dosa dan kembali menjadi manusia yang suci di hadapan Allah.

Tertib

Biasanya travel haji plus selalu mengingatkan kepada calon jamaah jika semua tata cara ibadah haji harus terlaksana sesuai dengan urutan dan aturan yang ditetapkan.

Melaksanakan ibadah haji dengan tertib menunjukkan ketaatan dan kesungguhan jamaah dalam menjalankan perintah Allah.

Memahami keenam rukun haji tersebut memang sangat penting bagi setiap muslim yang ingin menjalankan haji dengan hikmat dan mendapatkan keberkahan dari Allah. Dengan mematuhi rukun tersebut, jamaah haji dapat menjalankan ibadahnya dengan penuh kesadaran dan kekhusyukan.

Jika Anda ingin menunaikan ibadah haji dan sedang mencari travel haji onh plus terbaik, Anda bisa langsung menghubungi Alhijaz Indowisata. Biro perjalanan haji yang satu ini memungkinkan Anda tidak perlu mengurus segala persiapan dan perlengakapan perjalanan haji secara mandiri.

Semua kebutuhan, mulai dari tiket sampai akomodasi maupun visa sudah ditangani oleh tim profesional dari Alhijaz Indowisata.

Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus beribadah. Tenang saja, biro perjalanan haji terbaik ini sudah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang penyelenggaraan perjalanan haji.

Selain itu, paket plus yang Alhijaz Indowisata tawarkan akan memberikan pengalaman wisata religi yang super lengkap. Tidak hanya fokus melaksanakan ibadah haji, Anda juga mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke tempat bersejarah dan keagamaan lainnya.

Tunggu apa lagi? Yuk segera pesan paket haji plus dari Alhijaz Indowisata dan dapatkan pengalaman ibadah yang luar biasa!

Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi alhijaz-indowisata.com. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Mengulas Tuntas Rukun Haji Supaya Ibadah Semakin Hikmat"